Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » Sekolah Informal

Sekolah Informal


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di dalam kehidupan selalu kita dengar istilah pendidikan jika seseorang ingin sukses di dlaam meraih cita-cita haruslah giat belajar.
Jenis pendidikan pun dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu pendidikan formal, non formal dan informal dan prinsipnya pun saling melengkapi.
Di Indonesia pun sudah diterapkan dan dianjurkan untuk menempuh pendidikan minimal 9 tahun. Yang bertujuan agar rakyat Indonesia menjadi orang-orang yang tau akan pentingnya pendidikan.
Akhir-akhir ini pun sering kita dengar istilah sekolah umah atau lebih kerennya dengan istilah Homeschooling. Sebagai bentuk pendidikan informal. Sebenarnya homeschooling sama dengan sekolah formal lainnya hanya anak-anak homeschooling menganut belajar kapan saja di mana saja dan dengan siapa saja.
Namun banyak yang belum memahami istilah homeschooling ini bahkan Dinas Pendidikan pun belum mengerti. Akibatnya anak-anak sekolah rumah ini terhambat untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dapat rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Bagimana tanggapan Dinas Pendidikan tentang Sekolah Informal ini?
2.      Bagaimana pendapat para ahli pendidikan mengenai sekolah informal ini?
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Landasan Teori
Dengan berkembangnya zaman dan psikologi di dalam pendidikan maka bermunculan juga teori-teori tentang belajar.
Begitu juga dengan pola pendidikan menggunakan homeschooling berlandaskan beberapa teori yaitu teori yaitu:
a.       Teori-teori belajar psikologi behavioristik
Teori ini dikemukakan oleh “Contemporary behaviorists” bahwa tingkah laku manusia itu di kendalikan oleh ganjaran (reward) atau penguatan (reinforcement) dari lingkungan.
Sedangkan di dalam Homeschooling anak-anak tidak berfikir tentang tingkah laku di dalam lingkungan karna dia hanya belajar tingkah laku dengan individu bahkan hanya berinteraksi dengan 1 guru di dalam suatu situasi yaitu hanya di rumah.
Menurut Skinner’s di operant conditioning berpendapat bahwa tujuan psikologi adalah meramal dan mengontrol tingkah laku. Seperti di Homeschooling guru tidak mengontrol tingkah laku siswa dan hanya mengarahkan kegiatan belajar agar tercapainya tujuan yang di inginkan.
b.      Teori-teori dari psikologi Humanities
Di dalam teori psikologi Humanitis ini terdapat istilah orientasi yang tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu di pengaruhi dan di bimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungan pada pengalaman mereka sendiri.
Di dalam homeschooling juga belajar dengan cara individu atau humanities di dalam situasi belajar. Karena dia hanya belajar sendiri hanya ada siswa dan guru tanpa ada siswa lain. Jadi di tuntut hanya belajar secara individu.

B.     Analisis
Berdasarkan analisis atau hasil pengamatan bahwa Homeschooling memang di akui dalam pemerintah walau belum sepenuhnya di pahami khususnya ole orang-orang Dinas Pendidikan dan Kemdikbud, tapi sekolah rumah juga dapat dilaksanakan karena walaupun informal dan di lakukan di rumah namun apa yang dipelajari anak-anak sesuai dengan syarat-syarat yang dibuat oleh pemerintah mulai dari kompetensi materi dan standar isi. Hanya mungkin bedanya dengan pendidikan formal hanya terletak di situasi dan tempat belajar.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan di dalam memperoleh ilmu pengetahuan antara pendidikan formal, non formal dan informal.
Semua jalur pendidikan itu punya tujuan yang sama yaitu untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.


DAFTAR PUSTAKA


Drs. M. Dalyono. 2007, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Koran Harian Kompas edisi sabtu, 7 April 2012

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template