Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » Kelahiran para tokoh muslim di bidang pendidikan

Kelahiran para tokoh muslim di bidang pendidikan


M A K A L A H



KELAHIRAN PARA TOKOH MUSLIM
 DI BIDANG PENDIDIKAN



Diajukan Untuk Memenuhi Dan Melengkapi Salah Satu Syarat
Tugas Mandiri Pada Mata Kuliah Pendidikan Sosial dan Budaya Islam

Dosen :

Dra. Hj. Susiati


Di Susun Oleh :

Novilia Dian Pratiwi
NPM. 09260042



 












JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI S.I PENDIDIKAN GURU SD/MI



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) MA’ARIF
METRO – LAMPUNG
2009

KATA PENGANTAR




 



Segala puji syukur yang kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan hidayah untuk berpikir sehingga dapat melaksanakan tugas untuk pembuatan makalah dalam upaya untuk memenuhi Syarat dalam Mata Kuliah Pendidikan Sosial dan Budaya Islam yang berjudul “Kelahiran Para Tokoh Muslim di Bidang Pendidikan”.
Dalam penulisan makalah ini penulis bermaksud untuk memenuhi tugas yang diberikan Dosen. Dan dalam penulisan ini kami tulis dalam bentuk sederhana, sekali mengingat keterbatasan yang ada pada diri penulis sehingga semua yang ditulis masih sangat jauh dari sempurna.
Atas jasanya semoga Allah SWT memberikan imbalan dan tertulisnya makalah ini dapat bermanfaat dan kami minta ma’af sebelumnya kepada Dosen, apabila ini masih belum mencapai sempurna kami sangat berharap atas  kritik dan saran-saran nya yang sifatnya membangun tentunya.


 




Metro,    Oktober 2009
Ttd.




PENULIS

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..............................................................................       
KATA PENGANTAR ...........................................................................
DAFTAR ISI..........................................................................................

BAB I    PENDAHULUAN.....................................................................

BAB II    PEMBAHASAN....................................................................
KELAHIRAN PARA TOKOH MUSLIM DI BIDANG                   PENDIDIKAN
  1. Konsep Pendidikan Maskawaih....................................................
  2. Konsep Pendidikan Al-Qabisi.......................................................
  3. Konsep Pendidikan Imam Al-Ghozali............................................
  4. Konsep Pendidikan Ibnu Taimiyyah...............................................
  5. Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun.................................................

BAB III  KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan...................................................................................
B.     Saran............................................................................................

BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia, juga diakui sebagai kekuatan yang dapat membantu masyarakat mencapai kemegahan dan kemajuan peradaan. Tidak ada satu prestasi pun tanpa peranan pendidikan. Kejayaan Islam di masa Klasik, telah meninggalkan jejak kebesaran Islam di bidang ekonomi, politik, intelektulisme, tradisi-tradisi, keagamaan, seni dan sebagainya, tidak terlepas dari dunia pendidikan, dan begitu pula dengan kemunduran pendidikan Islam, telah membawa Islam berkubang dalam kemunduran.
Pemahaman tersebut dapat dijadikan pijakan dalam mengembangkan kesalahan-kesalahan pada masa lalu. Sebagaimana pepatah mengatakan “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah” atau “Bejarlah dari Sejarah”. Oleh karena itu, untuk mencapai kemajuan pendidikan Islam sekarang, dan memecahkan persoalan-persoalan pendidikan Islam, harus mendalami Historical Islam, khususnya yang menyangkut dengan dunia pendidikan Islam. Komentar Asrahah Harun, dalam karyanya Sejarah Pendidikan Islam”.[1]

BAB II
PEMBAHASAN
KELAHIRAN PARA TOKOH MUSLIM DI BIDANG PENDIDIKAN


F.      Konsep Pendidikan Maskawaih
  1. Biografi dan Latar Belakang
Ibn Maskawaih nama lengkapnya adalah Ahmad bin Muhammad Ibn Ya’kub Ibn Maskawaih, ia lahir pada tahun 320 H/932 M di Rayy.
Latar belakang pendidikannya tidak diketahui secara rinci. Cuma sebagian antara lain yaitu ia belajar sejarah dari Abu Bakar Ahmad Ibn Kamil Al-Qoadi, filsafat dari Ibn Al-Akhmar, dan kimia dari Abu Thayyib, dalam bidang pekerjaan, ia tercatat sebagai bendaharawan, sekretaris, pustakawan, dan pendidik anak para pemuka dinasti Buwaihi.
  1. Pemikiran dalam Bidang Pendidikan
Dasar pemikiran Ibn Maskawaih tersebut memang benar-benar didasarkan pada konsep dia tentang pendidikan akhlak, maka dari itu pendidikan yang dibangunpun adalah pendidikan akhlak, yang meliputi, tujuan pendidikan akhlak, materi pendidikan akhlak, pendidikan dan anak didik, lingkungan pendidikan, dan metodologi pendidikan.




G.    Konsep Pendidikan Al-Qabisi
  1. Biografi dan latar belakang
Al-Qabisi nama lengkapnya adalah Abu Al-Hasan ‘Ali bin Muhammad Khalafal al-Ma’arif Al-Qabisi, ia lahir di Kairawan Tunisia pada bulan Rajab tahun 224 H/tanggal 13 Mei 936 M. Ia pernah merantau ke Timur Tengah selama 5 tahun, kemudian kembali ke negeri asalnya dan meninggal dunia pada tanggal 3 Rabiul Awal 403 H/23 Oktober 1012 M. Dan salah satu karyanya dalam bidang pendidikan adalah ahwal al-Muta’alamin wa ahkam al-Mu’alimin, kitab ini telah dikenal sejak abad ke-4 Hijriyah dan sesudahnya.
  1. Pemikiran dalam Bidang Pendidikan
Pemikirannya dalam pendidikan itu tampak dipengaruhi oleh sikap dan pendiriannya sebagai ulama’ ahli al-Sunnah wal jama’ah yang mendasarkan setiap usaha dan pemikirannya pada ajaran yang terdapat pada Al-Qur’an dan Hadits.
Dalam konsep pendidikan Al-Qabisi, ada beberapa pemikiran atau pandangan yang dikemukakan antara lain : pendidikan anak, tujuan pendidikan, kurikulum (kurikulum Ijbari dan kurikulum Ikhtiyari), serta metode dan teknik belajar, percampuran belajar antara murid laki-laki dan perempuan juga demokrasi dalam pendidikan.

H.    Konsep Pendidikan Imam Al-Ghozali
  1. Biografi dan Latar Belakang
Imam Ghozali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghozali, ia lahir di Ghazale suatu kota kecil yang terletak di Tus wilayah khurusan pada tahun 450 H/1059M.
Semasa hidupnya dari sejak kanak-kanak hingga dewasa, ia pernah belajar kepada beberapa guru antara lain yaitu : Ahmad bin Muhammad Ar-Radzikani di Tus, Abi Nashr al-Ismaili di Jurjani, dan Al-Juwaini, Imam All-Haramain. Al-Ghazali memang orang yang cerdas dan sanggup mendebat segala sesuatu yang tidak sesuai dengan nalar yang jernih, hingga alJuwaini memberi predikat sebagai orang yang memiliki ilmu yang sangat luas bagaikan “laut dalam nan menenggelamkan”.
  1. Pemikiran dalam Bidang Pendidikan
Pemikiran Al-Ghazali dalam bidang pendidikan itu lebih cenderung bersifat empiris, hal ini disebabkan karena ia sangat menekankan pengaruh pendidikan terhadap anak didik. Menurutnya seorang anak itu tergantung kepada orang tua dan anak yang mendidiknya.
Tujuan pendidikan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sejalan dengan tujuan diatas seorang pendidik itu harus mempunyai ciri-ciri tertetntu, antara lain :
  1. Mencintai murid sebagaimana mencintai anaknya sendiri.
  2. Jangan mengharap materi sebagai tujuan utama karena mengajar adalah tugas yang di wariskan Rasulullah SAW.
  3. Harus mengingatkan murid bahwa tujuan menuntut ilmu adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Sejalan dengan diatas murid diharapkan bersikap sebagai berikut :
  1. Harus memuliakan guru dan bersikap rendah hati.
  2. Harus saling menyayangi dan tolong menolong sesama teman
  3. Mempelajari bermacam-macam ilmu dengan sungguh-sungguh sehingga mencapai tujuan ilmu dari tiap ilmu tersebut.
Dari keseluruhan uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa imam Ghozali adalah ulama’ besar yang menaruh perhatian cukup besar terhadap pendidikan, corak pendidikn yang dikembangkan tampak di pengaruhi oleh pandangannya tentang fiqih dan tasawuf, dan tidak mengherankan karena dalam kedua bidang tersebut Al-Ghozali memperlihatkan kecenderungan yang besar.
I.       Konsep Pendidikan Ibnu Taimiyyah
  1. Biografi dan Latar Belakang
Nama lengkapnya adalah Taqiyuddin Ahmad bin Abd Al-Halim bin Taimiyyah lahir di Harran wilayah Siria pada hari senin 10 Rabiul Awal 661 h/22 Januari 1263 M.
Awalnya bernama Syihab ad-Din Abd al-Halim Ibn as-Salam (627-672 H). Adalah seorang ulama’ besar yang mempunyai kedudukan tinggi di masjid Agus Damaskus.
  1. Pemikiran dalam Bidang Pendidikan
Dasar falsafah pendidikan menurut Ibnu Taimiyah adalah ilmu yang bermanfaat merupakan asas bagi kehidupan yang cerdas dan unggul. Sementara mempergunakan ilmu itu akan dapat menjamin kelangsungan dan kelestarian masyarakat, tanpa itu masyarakat akan terjerumus ke dalam kehidupan yang sesat.
Bertolak dari pandangan tersebut, bahwa menuntut ilmu itu adalah ibadah dan memahaminya secara mendalam adalah sikap ketakwaan kepada Allah serta  mengkajinya.


J.      Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun
  1. Biografi dan Latar Belakang
Ibn Khaldun nama lengkapnya Abadur Rahman Abu Zayd Ibn Muhammad Ibn Kholdun, ia dilahirkan pada tanggal, 27 Mei 1332 di Tunisia. Latar belakang keluarga yang tampaknya mempengaruhi dan menentukan perkembangan pikirannya, dan telah mewariskan tradisi intelektual ke dalam dirinya, sedangkan jatuh bangunnya dinasti-dinasti Islam terutama Dinasti Umayyah dan Abbasiyah memberikan kerangka berpikir dan teori-teori ilmu sosilnya serta filsafatnya.
Salah satu karya beliau antara lain : Muqaddimah dan sejarah Alam Semesta.
  1. Pemikiran dalam Bidang Pendidikan
Pemikiran Ibnu Khaldun dalam bidang pendidikan meliputi tentang manusia didik, ilmu, metode pengajaran, dan spesialisasi.
Ibn Khaldun berpandangan bahwa manusia adalah makhluk yang berpikir. Oleh karena itu ia mampu melahirkan ilmu dan teknologi, dan sifat-sifat ini tidak dimiliki oleh makhluk lainnya.
Dalam metode pengajaran Ibn Khaldun menggunakan metode berangsur-angsur, setapak demi setapak, dan sedikit demi sedikit. Dan ia menganjurkan agar seorang pendidik itu bersikap sopan dan halus pada muridnya, hal ini juga termasuk sikap orang tua terhadap anaknya, karena orang tua adalah guru utama bagi anaknya. Menurut Ibn Khaldun keahlian adalah sifat dan corak jiwa yang tidak dapat tumbuh serempak.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

C.     Kesimpulan
Dari Pembahasan Makalah diatas maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
Ibn Maskawaih Nama Lengkapnya adalah Ahmad bin Muhammad Ibn Ya’kub Ibn Maskawaih, ia lahir pada tahun 320 H/932 M di Rayy. Latar belakang pendidikannya tidak diketahui secara rinci. Cuma sebagian antara lain yaitu ia belajar sejarah dari Abu Bakar Ahmad Ibn Kamil Al-Qoadi, filsafat dari Ibn Al-Akhmar.
Al-Qabisi nama lengkapnya adalah Abu Al-Hasan ‘Ali bin Muhammad Khalafal al-Ma’arif Al-Qabisi, ia lahir di Kairawan Tunisia pada bulan Rajab tahun 224 H/tanggal 13 Mei 936 M.
Imam Ghozali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghozali, ia lahir di Ghazale suatu kota kecil yang terletak di Tus wilayah khurusan pada tahun 450 H/1059M. Pemikiran Al-Ghazali dalam bidang pendidikan itu lebih cenderung bersifat empiris.
Nama lengkapnya adalah Taqiyuddin Ahmad bin Abd Al-Halim bin Taimiyyah lahir di Harran wilayah Siria pada hari senin 10 Rabiul Awal 661 h/22 Januari 1263 M. Dasar falsafah pendidikan menurut Ibnu Taimiyah adalah ilmu yang bermanfaat merupakan asas bagi kehidupan yang cerdas dan unggul.
Ibn Khaldun nama lengkapnya Abadur Rahman Abu Zayd Ibn Muhammad Ibn Kholdun, ia dilahirkan pada tanggal, 27 Mei 1332 di Tunisia.  Pemikiran Ibnu Khaldun dalam bidang pendidikan meliputi tentang manusia didik, ilmu, metode pengajaran, dan spesialisasi.

D.    Saran
Penulis mengharapkan kritik dan saran- saran dari pembaca yang bersifat membangun dan penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini, semoga makaalah ini bermanfaat bagi kita semua dan pembaca pada umumnya, penulis juga menyadari akan keterbatasan bahan dan sumber didalam pembuatan makalah ini. 



                [1] Komentar Hanun Asrahah, dalam karyanya, Sejarah Pendidikan Islam, hlm. 1
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template