Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » Objek, subjek, bentuk dan cara

Objek, subjek, bentuk dan cara


BAB I
PEMBAHASAN

A.    SUBJEK EVALUASI
Yang dimaksud dengan subjek evaluasi adalah orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. Siapa yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi untuk setiap tes, ditentukan oleh suatu aturan pembagian tugas atau ketentuan yang berlaku.
Contoh:
a.       Untuk melaksanakan evaluasi tentang prestasi belajar atau pencapaian maka Sebagai subjek evaluasi adalah guru.
b.      Untuk melaksanakan evaluasi sikap yang mengunakan sebuah sekala maka sebagai subjeknya dapat meminta petugas yang ditunjuk, dengan didahukui oleh suatu latihan melaksanakan evaluasi tersebut.
B.     OBYEK EVALUASI PENDIDIKAN
Yang dimaksud dengan obyek atau sasaran evaluasi pendidikan adalah segala sesuatu yang bertalian dengan kegiatan atau proses pendidikan, yang dijadikan titik pusat perhatian atau pengamatan, karena pihak penilai (evaluator) ingin memperoleh informasi tentang kegiatan atau proses pendidikan tersebut (Anas Sudijono : 2003). Sedangkan Suharmi Arikunto menjelaskan Obyek atau sasaran Penilaian adalah segala sesuatu yng menjadi titik pusat pengamatan karena penilai ingin informasi tentang sesuatu tersebut. Salah satu cara untuk mengenal atau mengetahui obyek dari evaluasi adalah dengan cara menyoroti dari tiga segi, yaitu dari segi Input, Transpormasi, dan Output.
C.    SASARAN EVALUSI
Dengan mengunakan diagram tentang tranformasi maka sasaran penilaian untuk unur-unsurnya meliputi: input, tranformasi dan output.
a.      Input
Calaon siswa seebagai pribadi yang utuh, dapat ditinjau dari beberapa segi yang menghasilkan bermacam-macam bentuk tes yang digunakan sebagai alat untuk mengukur. Aspek yang bersikap rohani setidak tidaknuya mencangkup 4 hal.
1)      Kemampuan
Untuk dapat mengikuti program dalam satu lembaga atau sekolah  atau intitusi maka calaon siswa harus memiliki kemampuan yang sepadan. Alat ukur yang digunakan  untuk mengukur kemampuan ini disebut tes kemampuan atau attitude test.
2)      Kepribadian
Kepribadian adalah sesuatu yang dapat pada diri manusia dan menampakan bentuknya dalam tingkah laku. Dalam hal-hal terntu, informasi tentang kepribadian sangat diperlukan. Alat untuk mengetahui kepribadian seseorang  disebut tes kepribadian atau personaliti test.
3)      Sikap-sikap
Sebenernya sikap ini merupakan bagian dari tingkah laku manusia sebagai gejala atau gambaran kepribadian yang memancar keluar. Namun karna sikap ini merupakan sesuatu yang paling menonjol dan sangat dibutuhkan dalam pergaulan maka banyak orang yang menginginkan informasi khusus tentangnya. Alat untuk mengetahui keadaan sikap seseorang dinamakan tes sikiap atau attitude tes. Oleh karena tes ini berupa skala, maka lalu disebut sikap atau attitude scale.
4)      Inteligensi
Untuk mengetahui tingakat inteligensi maka digunakan tes inteligensi yang sudah banyak diciptakan para ahli. Dalam hal ini yang digunakan adalah tes buatan Binet dan Simon yang dikenal dengan tes Binet-Simon.
b.      Tran formasi
Telah banyak bahwa banyak unsur yang terdapat dalam tranformasi yang semuanya dapat menjadi sasaran atau obyek penilaian  demi memperolehnya hasil pendidikan yang diharapkan. Unsur-unsur dalam tranformasi yang menjadi objek penilaian antara lain
1)      Kurikulum materi
2)      Metode dan cara penilaian
3)      Saran pendidikan media
4)      Sistem administrasi
5)      Guru dan personal lainya
c.       Output
Penilaian terhadap lulusan suatu sekolah dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian atau prestasi belajar mereka selama mengikuti program. Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian ini disebut tes pencapaian atau achievement test.
Kecenderungan yang ada pada saat ini disekolah adalah bahwa guru hanya menilai prestasi belajar aspek kognitif atau kecerdasan saja. Alatnya adalah tes tertulis. Aspek psikomotorik, apalagi efektif, sangat langka dijamaah oleh guru. Akibatnya dapat kita saksikan, yakni bahwa lulusan hanya meenguasai teori tetapi tidak terampil melakukan pekerjaan ketrampilan, juga tidak mampu mengaplikasikan pengetahuan yang sudah mereka kuasai. Lemahnya pembelajaran dan evaluasi terhadap aspek efektif ini. Jika kita mau intropeksi, telah berakibat merosotnya akhlak para lulusan, yang selanjutnya berdampak luas pada merosotnya akhlak bangsa.


Tes adalah suatu teknik atau cara dalam rangka melaksanakan kegiatan evaluasi, yang didalamnya terdapat berbagai item atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau dijawab oleh anak didik, kemudian pekerjaan dan jawaban itu menghasilkan nilai tentang perilaku anak didik tersebut. Berdasarkan jumlah peserta, tes hasil belajar dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu tes kelompok dan tes perorangan. Dilihat dari sudut penyusunannya, tes hasil belajar dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu tes buatan guru (teacher-made test) dan tes yang distandardisasi (standardized test).
Tes tertulis (written test), yaitu tes yang menuntut jawaban dari siswa secara tertulis. Tes tertulis diberikan kepada seorang atau sekelompok murid pada waktu,tempat, dan untuk soal tertentu.
a.      Tes uraian (essay test)
Adalah tes yang menuntut anak untuk menguraikan jawabannya secara tertulis dengan kata-kata sendiri dalam bentuk, teknik, dan gayanya sendiri. Tes uraian sering disebut juga tes subjektif. Tes uraian ada dua bentuk, yaitu uraian terbatas dan uraian bebas.
Contoh uraian terbatas :
1)      Jelaskan bagaimana masuknya Islam di Indonesia dilihat dari segi ekonomi dan politik.
2)      Sebutkan lima rukun Islam !Contoh uraian bebas :
1)      Jelaskan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia !
2)      Bagaimana peranan pendidikan Islam dalam memecahkan masalah-masalah pokok
pendidikan di Indonesia ?
Untuk mengoreksi tes uraian, ada tiga cara yang dapat digunakan, yaitu:
a.       whole method, yaitu metode per nomor,
b.      separated method, yaitu metode per lembar, dan
c.       cross method, yaitu metode bersilang. Dalam pelaksanaan pengoreksian, guru
boleh memilih salah satu di antara ketiga metode tersebut, atau mungkin menggunakannya secara bervariasi. Hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan.
b.      Tes objektif
Tes objektif (objective test) menuntut peserta didik untuk memilih jawaban yang benar diantara kemungkinan jawaban yang telah disediakan, memberikan jawaban singkat, dan melengkapi pertanyaan atau pernyataan yang belum sempurna. Tes objektif sangat cocok untuk menilai kemampuan peserta didik yang menuntut proses mental yang tidak begitu tinggi seperti kemampuan mengingat kembali, kemampuan mengenal kembali, pengertian, dan kemampuan mengaplikasikan prinsip-prinsip. Tes objektif terdiri atas beberapa bentuk, yaitu benar-salah, pilihan ganda, menjodohkan, dan melengkapi atau jawaban singkat.
1)      Bentuk Benar–Salah (true false) :
Contoh : Petunjuk : Berilah tanda silang (X) pada huruf B jika jawabannya benar dan huruf S bila jawabannya salah.
a)  B–S :  Waqaf  berarti menghentikan bacaan karena ada tanda waqaf.
b)  B–S :  Yaumul hasyri artinya hari kebangkitan.
c)  B–S  :  Surat Al-Fatihah termasuk surat Makiyyah.
d)  B–S  :  Terbitnya matahari sebelah barat merupakan ciri besar hari kiamat.
Bentuk benar-salah yang lain adalah jawabannya telah disediakan, tetapi jawaban yang disediakan itu bukan B – S, melainkan Ya – Tidak.
Contoh :
a.       Ya – Tidak  : Dajjal adalah seorang laki-laki dari kaum Yahudi.
b.      Ya – Tidak  : Dabbatul ardhi berarti keluarnya binatang bumi.
c.       Ya – Tidak  : Kematian manusia termasuk kiamat kubra.
d.      Ya – Tidak  : Rahasia hari kiamat dijelaskan dalam al-Qur’an surat al-Ikhlas.
Bentuk soal benar-salah dapat juga digunakan untuk mengukur kemampuan tentang sebab-akibat. Contoh :
a)      B – S : Sholat rawatib dilaksanakan dua rakaat SEBAB sholat rawatib merupakan sholat sunat.
b)      B – S : Nabi sangat mencela orang yang lalai membayar hutang SEBAB hutang harus segera dilunasi.
c)      B – S  :  Pada malam Idul Fitri umat Islam mengumandangkan kalimat takbir, tahlil dan tahmid SEBAB malam Idul Fitri adalah malam menjelang 1 Syawal.
d)     B – S : Puasa wajib dimulai tanggal 1 Ramadhan SEBAB puasa diakhiri tanggal 1 Syawal.
e)      B – S :   Nikmat yang diberikan Allah wajib disyukuri SEBAB nikmat Allah tak sama untuk setiap orang.
2)      Bentuk Pilihan-Ganda (multiple choice)
Soal tes bentuk pilihan-ganda dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar yang lebih kompleks dan berkenaan dengan aspek ingatan, pengertian, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Bentuk pilihan-ganda terdiri atas pembawa pokok persoalan dan pilihan jawaban. Pembawa pokok persoalan dapat dikemukakan dalam bentuk pertanyaan atau  pernyataan (statement) yang belum sempurna yang sering disebut stem. Sedangkan pilihan jawaban itu mungkin berbentuk perkataan, bilangan atau kalimat dan sering disebut option.
Ada beberapa jenis bentuk pilihan-ganda ini, antara lain:
a)        Distracters, yaitu option yang bukan merupakan jawaban yang benar.
Contoh :
Salah satu tanda besar menjelang hari kiamat adalah :
a.       Semua urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya
b.      Munculnya Dajjal.
c.       Banyak terjadi pembunuhan dimana-mana
d.      Beratnya orang Islam untuk menjalankan syariat agamanya
e.       Minuman keras sudah dianggap biasa
Analisis hubungan antar hal, yaitu untuk melihat kemampuan peserta didik dalam menganalisis hubungan antara pernyataan dengan alasan (sebab-akibat). Contoh :
Pada soal di bawah ini terdapat kalimat yang terdiri atas pernyataan (statement) dan alasan (reason).
Pilihan:
1.      Jika pernyataan benar, alasan benar, dan alasan merupakan sebab dari pernyataan.
2.      Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi alasan bukan merupakan sebab dari pernyataan.
3.      Jika pernyataan benar, tetapi alasan salah
4.      Jika pernyataan salah, tetapi alasan benar.
5.      Jika pernyataan salah, dan alasan salah.
Soal:
Gubernur Jawa Barat tinggal di Bandung SEBAB  Bandung merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat.
Penjelasan:
a.       “Gubernur Jawa Barat tinggal di Bandung” merupakan pernyataan yang benar.
b.      “Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat” merupakan alasan yang benar dan merupakan sebab dari pernyataan.
Jawaban : Jadi, jawaban yang betul adalah A.
b)        Variasi negatif, yaitu setiap pertanyaan atau pernyataan mempunyai beberapa kemungkinan jawaban dan disediakan satu kemungkinan jawaban yang salah. Tugas siswa adalah memilih jawaban yang salah tersebut.
Contoh: :
Teladan yang bisa diambil dari kisah Nabi Musa a.s adalah, kecuali :
a.       Menolong tanpa pamrih
b.      Konsekwen terhadap janji
c.       Berani menegakkan kebenaran
d.      Sikap ragu-ragu.
c)        Variasi berganda, yaitu memilih dari beberapa kemungkinan jawaban yang semuany betul, tetapi ada satu jawaban yang paling betul. Tugas siswa adalah memilih jawaban yang paling  betul itu.
Contoh :
Para siswa hendaknya menghormati ...
a.       sesama teman
b.      guru-gurunya
c.       orang tuanya
d.      teman, guru, dan orang tuanya
d)       Variasi yang tidak lengkap, yaitu pertanyaan atau pernyataan yang memiliki beberapa kemungkinan jawaban yang belum lengkap. Tugas siswa adalah mencari satu kemungkinan jawaban yang tepat dan melengkapinya.
Contoh :
Surat Al-Fatiha disebut juga sab’ul matsani. Artinya ...
a.       5 ayat yang dibaca  . . . . .
b.      6 ayat yang dibaca  . . . . .
c.       7 ayat yang dibaca  . . . . .
d.      8 ayat yang dibaca  . . . . .
3.      Bentuk Menjodohkan (matching)
Soal tes bentuk menjodohkan sebenarnya masih merupakan pilihan ganda. Perbedaannya adalah pilihan ganda terdiri atas stem dan option, kemudian testi tinggal memilih salah satu option yang diberikan. Sedangkan bentuk menjodohkan terdiri atas kumpulan soal dan kumpulan jawaban yang keduanya disusun pada dua kolom yang berbeda. Kolom sebelah kiri menunjukkan kumpulan soal dan kolom sebelah kanan menunjukkan kumpulan jawaban. Jumlah alternatif jawaban harus dibuat lebih banyak dari jumlah soal.
Contoh 1 :
Petunjuk :  Di bawah ini terdapat dua daftar, yaitu daftar A dan daftar B. Tiap-tiap kata yang terdapat pada daftar A mempunyai pasangannya masing-masing pada daftar B. Anda harus mencari pasangan-pasangan itu. Tulislah nomor kata yang anda pilih itu di depan pasangannya masing-masing.
DaftarA                                  Daftar B
. . . . . . . . . . sunat                 1.   Halal                        
. . . . . . . . . . al-Ikhlas            2.   Sorga                       
. . . . . . . . . . Haram               3.   Idzhar                      
. . . . . . . . . . Neraka              4.   Wajib
. . . . . . . . . . Makhroj            5.   Ikhfa
                                            6.   Surat
                                            7.   Tajwid
Contoh 2 :
Petunjuk :  Berikut ini terdapat dua buah daftar nama. Sebelah kiri adalah pengertian, sedangkan sebelah kanan adalah istilah. Pilihlah pengertian tersebut sesuai dengan nama konsepnya dengan menuliskan  angka 1, 2, 3, dan seterusnya pada tempat yang telah disediakan.
Pengertian :                                                   Istilah :
............: Ilmu membaca Al-Quran                  1. Hadits
............: Tempat keluarnya huruf                   2. Qana’ah
............: Perkataan Rasulullah                        3. Tajwid
............: Perbuatan Rasulullah                        4. Tasamuh
............: Sikap rela menerima                         5. Makhraj
                                                                      6. Sunah
                                                                      7. Qalqalah
4.      Bentuk Jawaban Singkat (short answer) dan Melengkapi (completion)
Kedua bentuk tes ini masing-masing menghendaki jawaban dengan kalimat dan atau angka-angka yang hanya dapat dinilai benar atau salah. Soal bentuk jawaban singkat biasanya dikemukakan dalam bentuk pertanyaan.
Contoh :
a)      Siapakah malaikat yang menanyai di alam kubur ?
b)      Apa nama agamamu ?
c)      Siapa nama Tuhan-mu ?
d)     Apa nama kitab sucimu ?
e)      Apa nama kiblatmu ?
Sedangkan soal bentuk melengkapi (completion) dikemukakan dalam kalimat yang tidak lengkap.
Contoh :           
a)      Alam barzakh disebut juga alam .................
b)      Nabi Musa a.s lahir pada zaman raja .......... di negeri .............
c)      Hadis adalah ..... Rasulullah, sedangkan sunnah adalah ..... Rasulullah.
d)     Neraka jahannam diperuntukkan bagi orang-orang .............
e)      Hukum akikah adalah sunah ....................
Cara mengoreksi bentuk tes objektif :
Sesudah item disusun, kemudian diadakan tes, maka selanjutnya kita mengoreksi jawaban siswa dari tiap item yang diberikan. Untuk mengoreksi jawaban tersebut kita harus menggunakan kunci jawaban (scoring key) sebagai acuan dan patokan yang pokok. Jika kunci jawaban ini sudah disediakan, maka siapapun dapat mengoreksi jawaban tersebut secara cepat dan tepat.
a)      Tes Lisan (oral test), yaitu suatu bentuk tes yang menuntut jawaban siswa dalam bentuk bahasa lisan. Peserta didik akan mengucapkan jawaban dengan kata-katanya sendiri sesuai dengan pertanyaan ataupun perintah yang diberikan.
b)      Tes Perbuatan (performance test), yaitu bentuk tes yang menuntut jawaban siswa dalam bentuk perilaku, tindakan, atau perbuatan. Peserta didik bertindak sesuai dengan apa yang diperintahkan dan ditanyakan. Misalnya, coba praktikkan bagaimana cara melaksanakan sholat yang baik dan benar.
E.     CARA MENILAI HASIL EVALUASI SISWA
Pekerjaan guru yang vital dalam hal PBM (proses belajar-mengajar) adalah menilai hasil evaluasi siswa, nah kali ini saya ingin berbagi artikel mengenai beberapa cara menilai hasil evaluasi siswa.

a.      Tes benar – salah (true – false)
Dalam menggunakan angka atau skor untuk tes bentuk B-S ini kita dapat menggunakan dua cara yaitu: tanpa hukuman atau tanpa denda dan dengan hukuman atau denda.
Tanpa hukuman adalah apabila banyak angka yang diperoleh pebelajar sebanyak jawaban yang cocok dengan kunci. Sedangkan dengan hukuman (karena diragukan adanya unsur tebakan), digunakan 2 macam rumus, tetapi hasilnya sama.
Rumus pertama:
S = R – W
Dimana: S = Score R = Right W = Wrong
Skor yang diperoleh sebanyak jumlah soal yang benar dikurangi dengan jumlah soal yang salah.
Contoh:
Banyaknya soal = 10 buah
Yang betul = 8 buah
Yang salah = 2 buah
Angkanya adalah : 8 – 2 = 6
Rumus kedua:
S = T – 2W
Dimana: T = total
Contoh:
Banyaknya soal = 10 buah
Yang salah = 2 buah
Angkanya adalah 10 – (2 x 2) = 10 – 4 = 6
b.      Dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice)
Dalam menentukan angka untuk tes bentuk pilihan ganda, dikenal dua macam cara pula yakni tanpa hukuman dan dengan hukuman. Tanpa hukuman apabila banyak angka dihitung dari banyaknya jawaban yang cocok dengan kunci jawaban.
Dengan hukuman  menggunakan rumus:
S = R – (w) / (n – 1)
Dimana:
S = score
W = wrong
N = banyaknya pilihan jawaban (umumnya di indonesia 3, 4 atau 5)
Contoh:
Banyaknya soal = 10 buah
Banyaknya yang betul = 8 buah
Banyaknya yang salah = 2 buah
Banyaknya pilihan = 3 buah
Maka skornya adalah:
8 – 2 / (3 – 1)
8 – 1 = 7


c.       Tes bentuk jawaban singkat (short answer test)
Dengan mengingat jawaban yang hanya 1 pengertian saja, maka angka tiap nomor soal mudah ditebak. Usaha yang dikeluarkan oleh siswa sedikit, tetapi lebih sulit daripada tes benar – salah atau pilihan ganda. Sebaiknya tiap soal diberi angka 2. Dapat juga angka itu kita samakan dengan angka pada bentuk betul salah atau pilihan ganda jika memang jawaban yang diharapkannya ringan atau mudah. Tetapi sebaliknya apabila jawabannya bervariasi misalnya lengkap sekali, lengkap dan kurang lengkap, maka angkanya dapat dibuat bervariasi pula misalnya 2; 1,5 dan 1.
d.      Tes bentuk menjodohkan (matching)
Pada dasarnya tes bentuk menjodohkan adalah tes bentuk pilihan ganda, dimana jawaban-jawaban dijadikan 1, demikian pula pertanyaan-pertanyaannya. Dengan demikian, maka pilihan jawabannya akan lebih banyak. Satu kesulitan lagi adalah bahwa jawaban yang dipilih dibuat sedemikian rupa sehingga jawaban yang 1 tidak diperlukan bagi pertanyaan lain. Kunci jawaban tes bentuk menjodohkan dapat berbentuk deretan kunci jawaban yang dikehendaki atau deretan nomor yang diikuti oleh huruf-huruf yang terdapat di depan alternatif jawaban.
e.       Tes bentuk uraian (essay test)
Ada dua metode yang dapat dipergunakan untuk memberi skor terhadap tes essay, yaitu metode analisa (analysical method) dan metode sorter 9 sorting method). Metode analisa adalah suatu cara menilai dengan menyiapkan sebuah model jawaban, dimana jawaban tersebut dianalisa menjadi beberapa step atau elemen yang terpisah, dan ditetapkan bahwa setiap step atau elemen disediakan skor tertentu. Setelah satu model jawaban tersusun, jawaban masing-masing anak dibandingkan dengan model jawaban tersebut dan diberikan dibandingkan dengan tingkat kebenarannya.
Metode mensortir  dipergunakan untuk memberi skor terhadap jawaban-jawaban yang tidak dibagi-bagi menjadi elemen-elemen. Jawaban-jawaban pebelajar dibaca secara keseluruhan.
Setelah suatu jawaban selesai dibaca, jawaban tersebut diletakkan pada sebuah tumpukan, yang diklasifikasikan menjadi tumpukan – tumpukan: baik sekali, baik, sedang, kurang, kurang sekali.
Cara ini digunakan terus samapai jawaban selesai dsortir. Ada baiknya untuk membaca sekali lagi jawaban-jawaban yang sudah disortir barangkali ada klasifikasinya yang kurang tepat dan perlu dipindahkan ketumpukan-tumpukan lain setelah itu barulah masing-masing tumpukan diberi skor sesuai klasifikasinya.

BAB II
KESIMPULAN

Dari pembahasan makalah tersebut diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa, Yang dimaksud dengan subjek evaluasi adalah orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. Siapa yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi untuk setiap tes, ditentukan oleh suatu aturan pembagian tugas atau ketentuan yang berlaku.
Yang dimaksud dengan obyek atau sasaran evaluasi pendidikan adalah segala sesuatu yang bertalian dengan kegiatan atau proses pendidikan, yang dijadikan titik pusat perhatian atau pengamatan, karena pihak penilai (evaluator) ingin memperoleh informasi tentang kegiatan atau proses pendidikan tersebut
Tes tertulis (written test), yaitu tes yang menuntut jawaban dari siswa secara tertulis. Tes tertulis diberikan kepada seorang atau sekelompok murid pada waktu,tempat, dan untuk soal tertentu.
Pekerjaan guru yang vital dalam hal PBM (proses belajar-mengajar) adalah menilai hasil evaluasi siswa, nah kali ini saya ingin berbagi artikel mengenai beberapa cara menilai hasil evaluasi siswa.
a.       Tes benar – salah (true – false)
b.      Dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice)
c.       Tes bentuk jawaban singkat (short answer test)
d.      Tes bentuk menjodohkan (matching)
e.       Tes bentuk uraian (essay test)


DAFTAR PUSTAKA


Sudiono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo. Jakarta, 2001
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta. 1991

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template