Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » RPP KURIKULUM NASIONAL / KURIKULUM 2013 KELAS 3 SD REVISI TERBARU 2015

RPP KURIKULUM NASIONAL / KURIKULUM 2013 KELAS 3 SD REVISI TERBARU 2015

DAFTAR TEMA KELAS 3 REVISI 2015:

TEMA 1 PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
TEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
TEMA 3 PERUBAHAN DI ALAM
DAN SETERUSNYA

Buat yang gax mau ribet, membuat RPP K.13 yang lain, disini saya juga menyediakan RPP. K.13 Kelas 1,2,3,4,5,6 Dibuat per pembelajaran.
seperti contoh dibawah ini: SILAHKAN DILIHAT CONTOHNYA SAMPAI SELESAI.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   :    ………………………
Kelas/Semester          :    III/1
Tema/Sub Tema       :    Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan / Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Waktu                        :    1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran            :    1

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensai Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.2   Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2   Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2   Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2   Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
·         Mengidentifikasi isi teks tentang petunjuk cara perkembangbiakan hewan.
·         Menjelaskan cara perkembangbiakan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
·         Menuliskan tahapan perkembangbiakan hewan.
·         Menceritakan hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan.

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1   Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator
·         Membaca dan menuliskan bilangan 1.000-10.000 secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)
·         Merumuskan cara membaca lambing bilangan 1.000-10.000.

SBdP
Kompetensi Dasar
1.1   Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1   Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.3   Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni.
3.1   Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1   Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator
·         Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
·         Menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif buatan sendiri di atas media kertas.
·         Mewarnai pola gambar dekoratif buatan sendiri.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca teks tentang cara perkembangbiakan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dengan benar.
2.      Dengan kegiatan ekplorasi alam sekitar, siswa dapat mengelompokkan cara hewan berkembang biak dengan benar.
3.      Setelah mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan tahapan perkembangbiakan dengan benar.
4.      Dengan mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan perbedaan di setiap tahapan perkembangbiakan dengan benar.
5.      Dengan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan bentuk dan rupa antara induk dan anak hewan dengan benar.
6.      Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
7.      Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
8.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan cara membaca lambang bilangan dengan benar.
9.      Dengan mengamati gambar dan penjelasan tentang gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.
10.  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif dengan benar.
11.  Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai pola gambar dekoratif dengan rapi.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang perkembangbiakan hewan.
2.      Mengidentifikasi cara berkembang biak hewan.
3.      Menulis tahapan perkembangbiakan ayam.
4.      Menulis nama dan lambang bilangan.
5.        Membuat pola dan mewarnai gambar dekoratif.

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v  Metode                       :            Ceramah, diskusi dan tanya jawab
v  Pendekatan                 :            Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v  Model Pembelajaran   :            Discovery Learning (DL)

F.     Media, Alat dan Sumber Pelajaran
1.      Gambar berbagai hewan yang mencakup induk serta anaknya.
2.      Pola gambar hewan untuk dijiplak.
3.      Alat mewarnai.
4.      Karton.
5.      Gunting.
6.      Buku teks.

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, menyapa dan mendata kehadiran siswa.
2.      Guru menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Guru mengucapkan salam, menyapa dan mendata kehadiran siswa.
2.      Guru menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Siswa mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah
5.      Siswa menuliskan nama-nama hewan yang ditemui di sekitar sekolah
6.      Siswa berdiskusi untuk mengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembang biak. Hasil diskusi dituliskan pada buku masing-masing.
7.      Siswa mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam.
8.      Siswa berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam.
9.      Siswa mengamati perubahan pada setiap tahapan.
10.  Perubahan yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna, ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya yang bisa diamati.
11.  Siswa menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
12.  Siswa diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar.
13.  Siswa mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam.
14.  Siswa berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam.
15.  Siswa mengamati perubahan pada setiap tahapan.
16.  Perubahan yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna, ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya yang bisa diamati.
17.  Siswa menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
18.  Siswa diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar.
19.  Siswa membaca informasi tentang adanya perbedaan sebutan untuk induk dan anak hewan pada suatu daerah.
20.  Siswa mencari tahu tentang hal tersebut pada daerah lainnya.
21.  Siswa mengenal manfaat dan pentingnya keberadaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya.
22.  Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
23.  Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan.
24.  Siswa mengenal manfaat dan pentingnya keberadaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya.
25.  Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
26.  Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan.
27.  Siswa mengamati berbagai benda yang memiliki motif hewan yang ada di sekitar.
28.  Siswa mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan motif hewan.
29.  Siswa menggambar dekoratif hewan, menggambar hewan yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya masih tampak.
30.  Siswa berlatih menggambar dekoratif. Untuk mempermudah, siswa mencari bentuk hewan yang ingin digambar dari majalah bekas atau surat kabar. Siswa menggunting gambar hewan tersebut, lalu menjiplak dan mengguntingnya kembali sehingga menjadi sebuah pola. Gunakan pola tersebut untuk alat bantu menggambar hewan.
31.  Siswa memberi hiasan sesuai imajinasinya.
32.  Siswa juga bisa menggambar langsung bentuk hewan tanpa kegiatan menjiplak.
33.  Siswa menceritakan hasil karya melalui kegiatan menulis. Cerita berisi gambaran tentang gambar yang dibuat, alasan memilih gambar tersebut, dan hal lainnya yang ingin diceritakan.
34.  Siswa bercerita secara bergantian
35.  Cerita bisa berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku
145 menit
Kegiatan Penutup
1.      Kegiatan diakhiri dengan menyimpulkan secara bersama-sama cara berkembang biak hewan dan manfaat yang diperoleh dari proses perkembangbiakan hewan.
2.      Manfaat adanya proses perkembangbiakan hewan adalah menjaga kelangsungan hewan tersebut. Selain itu, juga bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan manusia.
15 menit

H.    Penilaian Pembelajaran
1.      Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1.













2.













3.













4.














2.      Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.       Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 4 = 8
b.      Memasangkan nama dan lambang bilangan
Skor setiap soal 1.
Benar semua 10 x 1 = 10
3.      Keterampilan
a.       Rubrik Menulis Petunjuk Tahapan Perkembangbiakan Ayam
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.
Penggunaan huruf
besar dan tanda baca.

Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.

Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
2.
Kesesuaian isi laporan
yang ditulis.

Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai dengan
isi laporan yang
diminta.

Setengah atau
lebih isi teks
yang ditulis
sesuai dengan
isi laporan yang
diminta.

Kurang dari
setengah isi
teks yang ditulis
sesuai dengan
isi laporan yang
diminta.
Semua isi teks
belum sesuai.

3.
Penulisan

Penulisan kata
sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata
yang kurang
tepat dalam
penulisan.
Lebih dari 2 kata
yang kurang
tepat dalam
penulisan.
Semua kata
belum tepat
dalam penulisan.

4.
Penggunaan kalimat
yang efektif.

Semua kata
menggunakan
kalimat yang
efektif.

Terdapat 1-2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.

Terdapat
lebih dari 2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
Semua kalimat
menggunakan
kalimat kurang
efektif.




b.      Rubrik Membuat Gambar Dekoratif
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.
Hasil guntingan

Semua bagian
bentuk gambar
utuh.

Ada satu atau
dua bagian
gambar yang
tidak utuh.

Lebih dari dua
bagian gambar
yang tidak utuh.
Belum mampu
menggunting.

2.
Hasil menempel

Gambar
menempel
dengan baik,
tidak ada bagian
yang terbuka
dan tidak ada
sisa lem yang
tercecer.
Hanya dua
kriteria yang
terpenuhi.

Hanya satu
kriteria yang
terpenuhi.

Belum mampu
menempel.

3.
Variasi hewan yang
dibuat.

Membuat lebih
dari tiga jenis
pola hewan/tiga
ukuran hewan
yang sejenis.

Membuat dua
sampai tiga jenis
pola hewan/
dua sampai tiga
ukuran hewan
yang sejenis.
Membuat hanya
satu jenis pola
hewan/satu
ukuran hewan.

Belum mampu
membuat pola.



Catatan:
·         Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..

* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..

* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..

·         Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

·         Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Kepala Sekolah




……………………………
NIP. ……………………….
Metro, ………………......20…
Guru Kelas III




……………………………
NIP. ……………………….

setelah melihat-lihat contoh yang ada diatas. apabila ada yang berminat silahkan menghubungi nomor yang ada di bahwa ini.
BERMINAT HUB: 085768843833 / 085764439433
Share this article :

11 comments:

  1. BAGI YANG BERMINAT HUB:

    085768843833 / 085764439433

    ReplyDelete
  2. apa belum bisa didownload? mksh

    ReplyDelete
  3. apa belum bisa didownload? mksh

    ReplyDelete
  4. share dong rpp kelas 3 sd kurikulum nasional

    ReplyDelete
  5. assllammualaikum pak sya mhn bantuaannya untuk rpp k13 kls 3 semester 1 dan 2 edisi repisi ,,,gmna caranya? bisa dikrm kealamat email sya pak qoriah.pratiwi1989@gmail.commhn confrmasinya

    ReplyDelete
  6. trimakasih atas infonya....
    minta izin copas buat tugas ya... sukses selalu....

    ReplyDelete
  7. KKM K13 yang sudah selesai ada?

    ReplyDelete

kirimkan komentar anda di sini

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template