Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » RPP PENJAS/PJOK KURIKULUM 2013 LENGKAP KELAS 1-6 SD

RPP PENJAS/PJOK KURIKULUM 2013 LENGKAP KELAS 1-6 SD


BERIKUT ADALAH CONTOH  RPP PENJAS/PJOK MINAT HUBUNGI 085768843833 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     :   
Kelas/Semester           :    III/1
Tema/Sub Tema          :    Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan / Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Waktu                         :    1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran              :    1

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensai Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
1.1   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1   Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2   Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam peng gunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.4   Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.6   Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7   Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.5   Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4.5   Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).
Indikator
  • Mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan
  • Mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.

C.     Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan dengan benar.
  2. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan dengan benar.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Gerak nonlokomotor dalam permainan menirukan gerak hewan.

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v  Metode                       :            Ceramah, diskusi dan tanya jawab
v  Pendekatan                 :            Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v  Model Pembelajaran   :            Discovery Learning (DL)

F.      Media, Alat dan Sumber Pelajaran
  1. Gambar yang menunjukkan kebisaan kucing.
  2. Gambar induk dan anak hewan yang memiliki kemiripan bentuk dan rupa sejak lahir.
  3. Gambar induk dan anak hewan yang memiliki perbedaan bentuk dan rupa sejak lahir.
  4. Matras atau alas untuk melakukan kegiatan olahraga.
  5. Buku teks.

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
2.      Membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang perkembangbiakan.
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas.
2.      Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi gerakan kucing.
3.      Perwakilan siswa memperagakan gerak yang akan di pelajari. Siswa pertama-tama tidur terlentang.
4.      Lalu, siswa mengangkat kakinya satu persatu.
5.      Siswa menahan kakinya untuk beberapa saat. Setelah itu, siswa mengangakat tangannya ke atas dan menahannya. Setelah kedua kaki terangkat, lalu taruh bola di atas kedua tangan atau kedua kaki. Teman-teman yang lain menghitung untuk mengetahui berapa lama siswa dapat melakukan gerakan tersebut.
6.      Seluruh siswa mencoba melakukan gerakan tersebut secara berkelompok.
7.      Siswa saling mengamati dan membandingkan kemampuan dalam melakukan kegiatan tersebut.
8.      Setelah selesai, siswa diminta untuk melakukan pendinginan, dapat dengan cara duduk sambil meluruskan kaki atau mengatur pernafasan sampai badan kembali terasa rileks.
9.      Kegiatan diakhiri dengan berdiskusi tentang pengalaman melakukan aktivitas fisik tersebut. Lalu, menyampaikan hal lain yang ingin mereka ketahui tentang gerak kucing atau hewan lainnya yang dapat ditiru untuk dijadikan latihan fisik dalam bentuk permainan.
145 menit
Kegiatan Penutup
1.      Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan hak dan kewajiban yang harus dilakukan sebagai anggota keluarga. Contohnya adalah kewajiban merawat hewan yang ada di rumah.
2.      Pembelajaran ditutup dengan mengucapkan salam.
15 menit

H.    Penilaian Pembelajaran
1.      Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1.













2.













3.













4.














2.      Keterampilan
                        a.   Rubrik Melakukan Aktivitas untuk Melatih Kekuatan Otot Lengan dan Kaki
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.
Kekuatan.

Mampu bertahan
lebih dari 30
hitungan (30
detik).

Mampu bertahan
lebih dari 15-20
hitungan (15-20
detik).
Mampu bertahan
10 hitungan (10 detik).

Belum mampu
mengankat kaki dan bertahan.

2.
Kebenaran
gerakan.

Gerakan kaki dan
tangan sesuai
contoh.

Hanya gerakan
kaki atau tangan
yang sesuai
contoh.
Dapat melakukan
namun gerakan
tidak sesuai
contoh.
Belum mampu
melakukan
gerakan yang
dicontohkan.





Catatan:
·         Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..

·         Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

·         Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



…………………………
NIP. ………………………..
…………….,                                      2015
Guru Kelas  ,



…………………………
NIP. ………………………..

Share this article :

4 comments:

kirimkan komentar anda di sini

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template