Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » RPP PAI DAN BUDI PEKERTI SD KURIKULUM 2013 KELAS 1-6

RPP PAI DAN BUDI PEKERTI SD KURIKULUM 2013 KELAS 1-6



BAGI YANG MEMBUTUHKAN RPP PAI DAN BUDI PEKERTI SD K.13 KELAS 1-6 SILAHKAN HUB. 085768843833

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R P P)

Nama Sekolah             :   
Mata Pelajaran           :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            :    III/1
Tema / Subtema          :    Nabi Muhammad SAW Panutanku / Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad SAW
Alokasi Waktu            :    4 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti
KI.1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
KI.3   Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI.4   Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
3.14           Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi Muhammad saw.
3.3   Mengetahui hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri dan tanggung jawab.
4.14           Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.3   Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri dan tanggung jawab sebagai implementasi hadis.


Indikator
3.14.1   Menyebutkan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. dengan benar.
3.14.2   Menjelaskan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. dengan benar.
3.3.1     Menyebutkan pesan hadis yang terkait dengan sikap percaya diri dengan benar.
3.3.2     Mengidenti!kasi pesan hadis yang terkait dengan sikap percaya diri dengan benar.
4.14.1   Menceritakan sikap percaya diri dari kisah Nabi Muhammad saw. dengan benar.
4.14.2   Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw. dengan benar.
4.3.1     Menunjukkan sikap percaya diri dengan benar.
4.3.2     Bersikap percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.

C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. dengan benar.
2.      Menjelaskan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. dengan benar.
3.      Menyebutkan pesan hadis yang terkait dengan sikap percaya diri dengan benar.
4.      Mengidenti!kasi pesan hadis yang terkait dengan sikap percaya diri dengan benar.
5.      Menceritakan sikap percaya diri dari kisah Nabi Muhammad saw. dengan benar.
6.      Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw. dengan benar.
7.      Menunjukkan sikap percaya diri dengan benar.
8.      Bersikap percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.


D.    Materi Pembelajaran
Sikap dan Mental nabi Muhammad saw

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     :    Scientifik
2.      Metode           :    a. Observasi
a.    Diskusi
b.    Presentasi
c.    Demontrasi

F.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media              : CD/Gambar cerita tentang sikap dan mental Nabi saw
2.      Alat                 : Karton, Spidol
3.      Sumber            : Buku Siswa Kelas 3 PAI dan Budi Pekerti

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk perserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri.
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai oleh peserta didik.
5.      Guru menyiapkan alternatif media/alat peraga/alat bantu yang dapat digunakan, baik berupa illustrasi gambar atau tayangan visual yang relevan.
6.      Guru memilih beberapa alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (a) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/!lm yang bersifat kontekstual kekinian), (b) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar mereka memperoleh pemahaman yang benar, kegiatan ini dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Semua peserta didik mencermati bacaan teks, kemudian salah satu peserta didik membacanya. (mengamati)
2.      Peserta didik dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok kecil. (mengasosiasi)
3.      Pada rubrik “Ayo Bekerja Sama”, setiap peserta didik dalam kelompok mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap percaya diri dan mandiri di lingkungan sekolah di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi. (mengamati)
4.      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar mereka mencari tahu dengan cara menanya. (menanya)
5.      Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana. (menanya)
6.      Pertanyaan peserta didik diinventarisir oleh guru. (mengasosiasi)
7.      Selanjutnya, secara individu maupun berkelompok, peserta didik melakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan. (mengomunikasikan)
8.      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan sistematis. (mengasosiasi)
9.      Peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut. (mengomunikasikan)
10.  Selanjutnya guru memberi penjelasan dan penguatan tentang maksud gambar 1.1 seorang anak laki-laki sedang memakai kaus kakinya sendiri dengan memulainya dari sebelah kanan. Gambar 1.2 anak laki-laki sedang berjalan kaki sendiri berangkat ke sekolah. Gambar 1.3 salah satu peserta didik perempuan sedang tampil berbicara di depan kelas, di sampingnya bapak guru, teman-teman lain duduk memperhatikan. Gambar 1.4. suasana peserta didik sedang mengerjakan soal ulangan secara individu, sementara ibu gurunya mengawasi. (mengamati)
11.  Pada rubrik “Tugasku”, peserta didik masih dalam kelompoknya membaca terlebih dahulu teks yang berkaitan dengan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. Perwakilan setiap kelompok menyampaikan kembali hasil bacaannya, kelompok yang lain menyimak dan memberi tanggapan. Setelah sebagian dan atau semua kelompok selesai menyampaikan, guru memberi penguatan dan penjelasan untuk lebih mempertajam materi. (mengamati)
12.  Peserta didik menyimak penguatan dan penjelasan guru yang berkaitan dengan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. (mengamati)
13.  Dari hasil menyimak kisah tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok. (menanya)
14.  Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Muhammad saw., sikap/perilaku percaya diri dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual). (mengeksplorasi)
15.  Menyampaikan kesimpulan secara individu maupun perwakilan kelompok. (mengomunikasikan)
16.  Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku yakin dan percaya pada kemampuan diriku sendiri”. Dengan sikap tersebut, guru meyakinkan dan member motivasi kepada peserta didik untuk selalu percaya diri dalam melakukan kegiatan yang positif. (mengasosiasi)
17.  Para rubrik “Ayo Bernyanyi” peserta didik bernyanyi baris per baris lagu tentang percaya diri, dibimbing oleh guru. (mengeksplorasi)
18.  Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik secara individu maupun kelompok mengamati dan menceritakan gambar yang berkaitan dengan sikap percaya diri. Selanjutnya peserta didik diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan atas pertanyaan “Apa yang kamu lakukan apabila gurumu menyuruh menjelaskan maksud sebuah gambar?. Jawaban yang diharapkan dari pertanyaan tersebut peserta didik akan menjelaskan maksud dari gambar tersebut (menunjukkan yakin pada kemampuannya sendiri). (mengamati, mengomunikasikan)
19.  Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada kolom yang tersedia. Rubrik ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menilai diri sendiri. Penilaian ini merupakan bagian dari penilaian sikap peserta didik dan akan menjadi bahan pengecekan, baik oleh guru atau orangtua. (mengasosiasi)
120 menit
Kegiatan Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
10 menit


H.    Penilaian Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.       Unjuk Kerja
b.      Observasi


2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap
Nama peserta didik            : . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas                                   : . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tanggal pengamatan           : . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sikap sosial yang diamati   : Percaya diri
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melakukan tugas-tugas di sekolah




2
Tidak terpengaruh oleh ucapan dan perbuatan orang lain yang kurang baik




3
Berani melakukan hal-hal yang baik




4
Tidak putus asa dalam melakukan pekerjaan.




5
Tidak menyontek saat ulangan




6
Menghargai pendapat orang lain




7
Memperbaiki diri apabila melakukan kesalahan.




Skor  Maksimal





Keterangan:
4    = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3    = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan.
2    = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
1    = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

b.      Penilaian Pengetahuan
Guru melakukan penilaian pengetahuan terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada rubrik “Ayo Berlatih”.
Nama Peserta didik : ………………….
No
Kunci Jawaban
Skor
4
1
Menyempurnakan akhlak manusia.
4
2
Percaya diri.
4
3
Menghargai diri
4
4
Yakin
4
5
Percaya diri
4
Skor  Maksimal
20

Penskoran
Benar dan lengkap = 4
Menjawab benar kurang lengkap = 3
Menjawab benar kurang tepat = 2
Menjawab tapi salah = 1

Nilai Akhir =

Catatan:
·         Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………



·         Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

·         Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.




Kepala …………………




…………………………….

…………, ……………….20...
Guru Mapel PAI dan Budi Pekerti




……………………………


Share this article :

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum kak.. saya yulliamar dari kabupaten bandung jawabarat..
    SDN Dayeuhkolot 12.. saya mau minta doc RPPnya dong kaak hihihi... makaasiiih sebelumnyaa ini e-mail saya: yulliamar.mujahidah@gmail.com
    atau lewat fb: Yulliamar Nur Permatasari :)

    ReplyDelete

kirimkan komentar anda di sini

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template