Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » RPP KURIKULUM NASIONAL (RPP K.13) TERBARU KELAS 1

RPP KURIKULUM NASIONAL (RPP K.13) TERBARU KELAS 1

SILAHKAN DILIHAT CONTOH KURIKULUM NASIONAL (K.13) TERBARU DIBAWAH INI, JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB. 085768843833. INSYAALLAH BISA DIBANTU. UNTUK YANG REVISI SESUAI DENGAN BUKU GURU TERBARU REVISI MARET 2016 TERSEDIA KELAS 1 DAN 4.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   :   
Kelas/Semester          :    I/1
Tema/Sub Tema       :    Diriku / Aku dan Teman Baru
Waktu                        :    1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran            :    1

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensai Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9   Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
Indikator:
3.9.1  Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.1  Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat

PPKn
Kompetensi Dasar
3.2   Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2   Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator:
3.2.4  Menggali informasi hal- hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

SBdP
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2.      Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
3.      Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4.      Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
5.      Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi slam pada orang tua saat ke luar rumah.

D.    Materi Pembelajaran
·     Teman Baru
·     Mengenal warna suara teman baru

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v  Metode                       :            Ceramah, diskusi dan tanya jawab
v  Pendekatan                 :            Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v  Model Pembelajaran   :            Discovery Learning (DL)

F.     Media, Alat dan Sumber Pelajaran
·         Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
·         Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi.
·         Buku siswa.

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Pembelajaran 1 di buku siswa dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.
2.      Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
3.      Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
4.      Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
5.      Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
6.      Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
2.      Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
3.      Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
4.      Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
5.      Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
6.      Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
7.      Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.
8.      Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
9.      Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
10.  Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
11.  Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.
145 menit
Kegiatan Penutup
1.      Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
2.      Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai.
3.      Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
4.    Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
15 menit

H.    Penilaian Pembelajaran
1.      Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2.      Pengetahuan
Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas
(guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)
3.      Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian


Kriteria

Baik sekali 4

Baik 3

Cukup 2

Perlu Pendampingan 1
1. Kemampuan memperkenalkan diri
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan
Siswa belum mampu mem- perkenalkan diri
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi  dengan 1 kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
3. Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1-2 kali meleset
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola
(Format penilaian bisa dilihat di teknik dan instrument penilaian yang terdapat pada bagian depan buku guru)

Catatan:
·         Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..

·         Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

·         Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Kepala Sekolah




……………………………
NIP. …………………………
………., ………………......20…
Guru Kelas I




……………………………..
NIP. …………………………….




Share this article :

1 comment:

kirimkan komentar anda di sini

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template