Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » RPP KURIKULUM NASIONAL / K.13 REVISI KELAS 6

RPP KURIKULUM NASIONAL / K.13 REVISI KELAS 6



SILAHKAN DILIHAT RPP KURIKULUM NASIONAL / K.13 DIBAWAH INI JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB. 085768843833 UNTUK KELAS LAIN JUGA TERSEDIA. TERIMA KASIH.
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   :   
Kelas/Semester          :    VI/1
Tema/Sub Tema       :    Selamatkan Makhluk Hidup / Tumbuhan Sumber Kehidupan
Waktu                        :    1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran            :    1

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensai Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.1   Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2   Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.1   Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1   Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1   Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
·         Menemukan informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.
·         Menjelaskan struktur teks investigasi.

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2   Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal, dan persen).
4.1   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.  
Indikator
·         Menentukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
·         Menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

IPA
Kompetensi Dasar
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.6   Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
4.4   Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
Indikator
·         Menjelaskan proses perkembangbiakan generative pada tumbuhan.
·         Melaporkan perkembangbiakan generatif tanaman.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks investigasi, siswa mampu menjelaskan manfaat dan cara memperoleh data dari teks investigasi dengan benar.
2.      Setelah membaca teks investigasi, siswa mampu menjelaskan struktur teks investigasi dengan benar.
3.      Setelah mengamati bunga, siswa mampu menjelaskan stuktur bunga dan proses perkembangbiakan generatif dengan benar.
4.      Setelah mengamati bunga dan mencari informasi, siswa mampu menjelaskan jenis perkembangbiakan generatif dengan benar.
5.      Dengan mengerjakan soal cerita, siswa mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada berbagai bentuk pecahan menggunakan strategi yang tepat dengan teliti.
6.      Dengan mengerjakan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada pecahan menggunakan strategi yang tepat dengan teliti.

D.    Materi Pembelajaran
  1. Membaca dan menemukan informasi.
  2. Menulis laporan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka.
  3. Mengamati perkembangbiakan tumbuhan.
  4. Mengerjakan soal cerita hitung campur pecahan.

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v  Metode                       :            Ceramah, diskusi dan tanya jawab
v  Pendekatan                 :            Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v  Model Pembelajaran   :            Discovery Learning (DL)

F.     Media, Alat dan Sumber Pelajaran
1.      Tanaman/foto jagung.
2.      Gambar seri proses penyerbukan.
3.      Satu jenis tanaman yang merupakan bahan makanan.
4.      Kertas HVS dan alat tulis.

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, menyapa dan mendata kehadiran siswa.
2.      Guru menyampaikan tema yang akan dibahas
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat pada buku.
2.      Siswa membuat 2 pertanyaan mengenai tanaman sebagai sumber kehidupan berdasarkan gambar yang telah mereka amati.
3.      Secara berpasangan, siswa meminta temannya untuk saling menjawab.
4.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku.
5.      Siswa menyampaikan jawaban hasil diskusi di depan kelompok yang lain. Tumbuhan tidak hanya dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber bahan makanan, tetapi juga dimanfaatkan oleh hewan. Tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk.
6.      Siswa membaca teks singkat tentang kisah si Udin yang melakukan investigasi tentang perkembangbiakan tanaman jagung, yaitu mewawancarai pamannya, mengamati tanaman jagung, serta melakukan studi pustaka dengan mencari beragam gambar tentang tanaman jagung.
7.      Siswa membaca teks laporan investigasi yang dibuat Udin berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan tentang perkembangbiakan tanaman jagung.
8.      Berikan pemahaman pada siswa bahwa laporan yang Udin hasilkan mengenai perkembangbiakan jagung merupakan laporan investigasi. Isi dari laporan investigasi berupa fakta, bukan rekaan. Untuk menghasilkan laporan ini, Udin harus melakukan pengamatan di lokasi, melakukan wawancara, serta melengkapi informasi dari berbagai sumber agar diperoleh data yang lengkap.
9.      Secara berpasangan, siswa mencari informasi umum, fakta-fakta, dan kesimpulan dari teks investigasi yang dibaca.
10.  Siswa menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
11.  Jawaban yang diharapkan dari hasil analisis tentang bagian-bagian dari teks investigasi tentang perkembangbiakan tanaman jagung.
12.  Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
13.  Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
14.  Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna
15.  Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
16.  Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya.
17.  Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagianbagiannya. Kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
18.  Siswa membandingkan hasil gambarnya dengan gambar teman yang lain untuk mencari persamaan dan perbedaannya.
19.  Siswa mengamati gambar proses penyerbukan.
20.  Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai jenis penyerbukan.
21.  Siswa menuliskan informasi mengenai penyerbukan tersebut.
22.  Siswa mengamati lingkungan di sekitarnya untuk menemukan satu jenis tanaman dan cara penyerbukannya. Kemudian siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia. (Penilaian IPA)
23.  Siswa mengerjakan soal cerita berdasarkan bacaan.
24.  Guru memastikan semua siswa mengerjakan dengan teliti dan mandiri. Pastikan tidak ada siswa yang melihat hasil hitungan teman yang lain.
25.  Guru dapat melakukan penilaian sikap saat siswa mengerjakan latihan dengan kriteria yang ditentukan, seperti tekun, teliti, jujur, dan mandiri.
26.  Guru membahas jawaban bersama siswa dan siswa saling mengoreksi jawaban teman lainnya.
27.  Siswa mengisi daftar periksa untuk mengetahui tanggung jawab mereka terhadap tugas-tugas sekolah selama satu hari ini. Ingatkan kepada siswa untuk menjawab dengan jujur.
28.  Siswa diminta menuliskan kesimpulan sikap mereka berdasarkan daftar periksa, dan menuliskan rencana selanjutnya untuk memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab dengan lebih baik lagi.
29.  Siswa mengamati jenis tumbuhan yang ada di rumah dan menuliskan sebanyak mungkin manfaat tumbuhan tersebut bagi kehidupan.
30.  Siswa menuliskan sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas di rumah berdasarkan hasil diskusi bersama orang tua.
145 menit
Kegiatan Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
15 menit

H.    Penilaian Pembelajaran
1.      Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Jujur
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1.













2.













3.













4.














2.      Keterampilan
a.       Daftar periksa penilaian Tugas Bahasa Indonesia, yaitu mengidentifikasi bagian-bagian teks Investigasi.
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.
Informasi
Umum
Mampu
menemukan
informasi
umum secara
tepat, lengkap,
dan benar.
Informasi
umum yang
ditemukan
tepat, tetapi
kurang
lengkap.
Informasi
umum yang
ditemukan
kurang
tepat.
Informasi
umum yang
ditemukan
tidak tepat.
2.
Fakta-fakta
berdasarkan
data
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
3.
Kesimpulan
Mampu
menemukan
kesimpulan
secara tepat,
lengkap, dan
benar.
Kesimpulan
yang
ditemukan
cukup tepat,
tetapi kurang
lengkap.
Kesimpulan
yang
ditemukan
kurang
tepat.
Kesimpulan
yang
ditemukan
tidak tepat.
Catatan: Centang √  pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian: [total nilai : total kolom] x 10
Contoh: [9 : 12] x 10 = 0,75 x 10 = 7,5

b.      Penilaian Tugas IPA, yaitu Pengamatan dan Analisis Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan.



No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.
Informasi
Umum
Mampu
menemukan
informasi
umum secara
tepat, lengkap,
dan benar.
Informasi
umum yang
ditemukan
tepat, tetapi
kurang
lengkap.
Informasi
umum yang
ditemukan
kurang
tepat.
Informasi
umum yang
ditemukan
tidak tepat.
2.
Fakta-fakta
berdasarkan
data
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
3.
Kesimpulan
Mampu
menemukan
kesimpulan
secara tepat,
lengkap, dan
benar.
Kesimpulan
yang
ditemukan
cukup tepat,
tetapi kurang
lengkap.
Kesimpulan
yang
ditemukan
kurang
tepat.
Kesimpulan
yang
ditemukan
tidak tepat.


c.       Tugas soal cerita dan soal latihan pecahan diperiksa kebenarannya dan diberikan skor.


Catatan:
·         Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..


* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..

·         Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

·         Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Kepala Sekolah




…………………………….
NIP. ………………………..
…….., ………………......20…
Guru Kelas VI




…………………………….
NIP. ………………………..

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template