Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » RPP KURIKULUM NASIONAL (K13) REVISI MARET 2016 KELAS 4

RPP KURIKULUM NASIONAL (K13) REVISI MARET 2016 KELAS 4

SILAHKAN DILIHAT CONTOH KURIKULUM NASIONAL (K.13) TERBARU DIBAWAH INI, JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB. 085768843833. INSYAALLAH BISA DIBANTU. UNTUK YANG REVISI SESUAI DENGAN BUKU GURU TERBARU REVISI MARET 2016 TERSEDIA KELAS 1 DAN 4.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan        : 
Kelas/Semester              :     IV/1
Tema                             :     1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                      :     1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran                 :     1 (satu)
Waktu                           :     6x 35 menit    
                                                       
A.   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   Kompetensi Dasar

3.1     Menunjukkan gagasan pokok  dan gagasan pendukung yang  diperoleh dari  teks lisan, tulis,  atau visual.
4.1     Menata informasi yang  didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:

3.1.1   Mengidentifikasi gagasan pokok  dan gagasan pendukung setiap paragraf dari  teks tulis.
4.1.1   Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari  teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA

3.6     Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6     Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
Indikator:

3.6.1   Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
4.6.1   Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.




IPS

3.2     Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2     Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:

3.2.1   Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari  teman- teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1   Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari  teman- teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.  Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok  dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari  teks tersebut dengan mandiri.

2.  Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok  dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari  teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3.  Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari  teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

4.  Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

5.  Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari  beragam benda di sekitar dengan lengkap.

6.  Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi  dari  beragam benda di sekitar dengan sistematis.

D.    Materi Ajar
Peta Budaya antara lain meliputi :
a.    Pakaian adat
b.   Rumah adat
c.    Tarian daerah
d.   Musik tradisional
e.    Lagu daerah
f.    Bahasa daerah
g.   Upacara adat
h.   Kesenian daerah
i.     Senjata tradisional
j.     Makanan khas, dll

         2. Contoh sikap yang mencerminkan rasa bangga menjadi anak indonesia :
Ø  Memakai barang produk dalam negeri
Ø  Mempelajari tarian daerah
Ø  Mempertunjukkan kesenian daerah di negara tetangga,dll
3.Membaca teks “Mengenal Suku Minang” untuk mencari kosa kata baku dan tidak baku.
4.Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” Cipt AT Mahmud

E.  Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan:Saintifik (Scientific).
Metode: Diskusi (Discussion).Ceramah, Tanya Jawab, Percobaan ( Eksperiment ), dan Kunjung Karya.

F.   Media,  Alat Bantu,  dan Sumber Belajar
·         Teman-teman di sekolah sebagai narasumber kegiatan wawancara.
         Alat musik tradisional daerah masing- masing.
         Beragam benda di kelas dan sekitarnya.

G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·   Guru memberikansalamdanmengajakberdoa.
·   Hormat bendera dan menyanyikan salah satu lagu wajib
·   Mengecek kehadiran peserta didik
·   Guru menayangkan beberapa slide presentasi tentang gambar rumah adat, pakaian, tari, alat musik dan objek-objek alam terkenal dari beberapa provinsi di Indonesia.
·   Peserta didik mencermati gambar, kemudian diminta menyampaikan pendapat dan perasaannyasetelah melihat gambar tersebut. Misalnya rumah adat dan pakaian daerah tampak indah sekali. Perasaan menjadi bangga melihatnya.
·   Gurumenyampaikantujuanpembelajaran, dan materi yang akandipelajari, yaitukeberagamansukubangsa, mengolah informasi dengan baik,cara menghormati keberagaman, rasa bangga menjadi anak Indonesia danmembedakan tinggi rendah notasi.
15 menit
Inti

·      Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang  memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.
·      Guru  mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya.
·      Guru  menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia.
·      Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka,siapa di antara kalian yang  berasal dari suku Sunda, Suku  Jawa,  Suku  Minang, dan seterusnya.
·      Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya.
·      Guru  melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik.  Siswa yang  belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain.
·      Hasil  diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.
·      Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
·      Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang  terdiri dari
·      3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung
·      1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang  sama.
·      Guru  menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari  teks bacaan yang  akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang  ada di buku  dan membaca teksnya dalam hati.
·      Saat siswa membaca teks,  guru berkeliling kelas untuk memastikan seluruh siswa melakukan kegiatan yang  dimaksud dengan tertib.
·      Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf.

       Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari  paragraf satu.

       Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang  lain.  Siswa dari  kelompok lain  diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari  hasil diskusi mereka.
·      Guru  juga dapat memberikan masukan kepada setiap kelompok untuk mengarahkan siswa pada jawaban yang  benar.
·      Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok  pikiran, dari  suatu paragraf.
·      Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok  yang  diperkuat oleh  gagasan pendukung.

·      Gagasan pokok  adalah ide  utama yang  dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti  atau pokok  paragraf.

·      Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

·      Berikut beberapa langkah yang  dapat dilakukan untuk menentukan gagasan pokok  setiap paragraf.

       Bacalah paragraf dengan cermat!

       Cermati kalimat pertama hingga terakhir!

-     Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok  atau gagasan penjelas? Apakah kalimat kedua yang  merupakan gagasan pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok paragraf ditemukan.

-     Ingat, gagasan pokok  sebagai isi atau inti  paragraf dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.
·      Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua.
·      Guru  membimbing jalannya kerja  kelompok, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain  untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
·      Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru  dan siswa dari  kelompok lain  dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan jawaban yang  tepat.
·      Tugas Mandiri
·      Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari  paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari  teks yang  ada di buku  dan menuliskannya pada diagram yang  tersedia.

·         Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari  guru.
·      Mengisi Diagram
·      Pastikan siswa memiliki diagram.

·      Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram.

·      3.  Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasan pendukung untuk setiap satu gagasan pokok.
·      Siswa menuliskan setiap satu gagasan di satu kolom  di sekitar gagasan utama.

·      5.  Isi sisi bintang searah jarum jam.
175 menit
Penutup
·  Pesertadidikdenganbimbingan guru menyimpulkanhasilpembelajaranpadapertemuanhariitu.
·  Guru memberikesempatankepadabeberapapesertadidikuntuk menyampaikanpendapatnyatentangpembelajaran yang telahdiikuti.
·  Guru melakukanpenilaian
·  PesertadidikditugaskanmembuatklipingdengantemaKeanekaragamanBudaya Indonesia secaraindividu untuk provinsi lain yang belum dibahas .
·  Guru menyampaikanpesan moral untuksenantiasamenghormati keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi, dan bersikap bijaksana.
·  Salam dandoapenutup.
20 menit

H. Penilaian.
1.      TesTertulisdalambentukuraian.
2.      Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3.      Penilaian kinerjapresentasi.
4.       Membuat  klipingtentang KeanekaragamanBudaya Indonesia.
(Instrumenpenilaianterlampir).




Mengetahui
Kepala Sekolah,




..................................................
NIP.
Ngetal,......................................2016
Guru Kelas IV a,




.................................................
NIP.












Pengayaan
   Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi  mereka kepada kelas lain.



Remedial
   Siswa yang  belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pokok  dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh  siswa lain  yang  telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok  dan gagasan utama.



































Penilaian
1.   Diskusi

Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan menggunakan rubrik.

Centang () pada  bagian yang  memenuhi  kriteria.



Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.
Komunikasi non verbal  (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal  dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi
non  verbal  yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi
non  verbal  yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi
non  verbal  yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung
dan memimpin teman lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama
proses diksusi berlangsung.


Penilaian (penskoran) :     total nilai  siswa              x 10 total nilai  maksimal

2.   Bahasa Indonesia

Tugas  siswa menemukan gagasan pokok  dan gagasan utama dari  setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik



Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Gagasan pokok.
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Belum dapat menemukan gagsan pokok.
Gagasan pendukung.
Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian
besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian
kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagasan pendukung.
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran.
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung
dan memimpin teman lainnya saat diskusi.

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.
Sikap:  Mandiri
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski
telah diberikan motivasi dan bimbingan.


Penilaian (penskoran) :         total nilai  siswa         x 10 total nilai  maksimal

Contoh :  3+2+4+2 = 11 x 10 = 6,9
16            16





3.   IPS

a. Tugas  siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.



Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Informasi tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama.
Menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman di kelas berdasarkan
hasil wawancara dengan lengkap.
Menuliskan sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman di kelas berdasarkan
hasil wawancara cukup lengkap.

Menuliskan sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman di kelas berdasarkan
hasil wawancara kurang lengkap.
Belum dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman di kelas
berdasarkan hasil wawancara.
Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama.
Mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman berdasarkan
hasil wawancara dengan sistematis.
Mengomunikasikan secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman berdasarkan
hasil wawancara cukup sistematis.
Mengomunikasikan secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman berdasarkan
hasil wawancara kurang sistematis.

Belum dapat mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara.
Sikap  kerjasama.
Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten.

Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten.
Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman.
Perlu  dimotivasi untuk dapat bekerjasama.
Santun dan saling menghargai.
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten.
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun
belum konsisten.
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai hanya dengan
beberapa teman.

Perlu  dimotivasi untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman.


Penilaian (penskoran) :     total nilai  siswa              x 10 total nilai  maksimal

4.   IPA

a. Tugas  siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi  dinilai menggunakan rubrik.



Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Cara menghasilkan bunyi.
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi  dari
semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap.
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi  dari sebagian
besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap.
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi  dari sebagian
kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap.

Belum dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi  dari  benda berdasarkan hasil eksplorasi.
Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi  dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis.
Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi  dari sebagian besar benda
berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi  dari sebagian
kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis.
Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi  dari  benda berdasarkan hasil eksplorasi.
Sikap  rasa ingin tahu.
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide  dan pertanyaan selama kegiatan.
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.
Tampak kurang antusias
dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.
Tidak tampak antusias
dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.



Penilaian (penskoran) :           total nilai  siswa        x 10 total nilai  maksimal


b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.



Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti
pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari  konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti  pendukung namun perlubantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari  konsep yang yang  sedang dipelajari.
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti  yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari  konsep tidak jelas.

Perlu
bimbingan saat menyampaikan bukti  dan pemahaman inti dari  konsep yang dipelajari.
Komunikasi
Hasil  percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.
Hasil  percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.

Hasil  percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil  percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.
Prosedur dan
Strategi
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan
bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil.
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis
setelah mendapat bantuan guru.
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi
yang  dipilih tidak tepat.


Penilaian (penskoran) :     total nilai  siswa              x 10 total nilai  maksimal


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template