Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » psikologi dakwah melalui media masa

psikologi dakwah melalui media masa

BAB I PENDAHULUAN Ketika Islam baru datang 14 abad yang lalu, dakwah Is¬lam dilakukan dengan tatap muka langsung satu persatu atau kepada sekelompok orang. Selama berabad-abad kecuali di padang Arafah setiap musim haji metode inilah yang dilakukan, dan hal itu sudah memenuhi kebutuhan, yakni menjangkau mad'u. Pada abad Ke- 19-20 mulai muncul forum dakwah dalam bentuk ceramah umum, dihadiri oleh sejumlah besar orang dan mulai menggunakan alat ban¬tu, yaitu pengeras suara. Dewasa ini, dikala globalisasi tak bisa dihindari di mana arus informasi dan kebudayaan manca negara langsung masuk ke rumah-rumah penduduk melalui media massa, padahal arus informasi dan kebudayaan asing itu menjadi saingan berat dari seruan dakwah Islam, maka dakwah mela¬lui media massa meski hanya bagaikan setetes embun di tengah dinamika atau lebih tepatnya kegerahan masyarakat bumi merupakan suatu keharusan. A. BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Massa adalah kumpulan orang banyak yang ber- kumpul untuk sementara karena ada kepenti-ngan sementara. Yang dimaksud Kumpulan saat sekarang bisa ada di satu tempat, bisa kumpul secara psikologis. Jadi selain dakwah melalui komunikasi interper- sonal maka dakwah kepada orang yang terse- bar di berbagai tempat harus memperhatikan prinsip komunikasi massa. Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen melalui media massa sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat Jenis media massa : radio, televisi, surat kabar, majalah, tbloid, jaringan informasi melalui komputer pribadi. Perbedaan sistem komunikasi dalam dakwah interpersonal dgn dakwah melalui media massa  Stimuli dakwah diterima langsung, sebaliknya stimuli melalui media teknis/tidak langsung  Interaksi secara langsung sehingga komunikasi bisa dua arah, sebaliknya komunikasi satu arah  Publik yang terbatas, sebaliknya publik yang tak terbatas  Publik terkonsentrasi di satu tempat, sebalik nya tersebar B. Karakteristik Dakwah Melalui Media Komunikasi Massa  Arus informasi dakwah terkendali di tangan pemberi pesan yaitu da’i  Umpan balik terhadap pesan dakwah hanya bisa dilakukan melalui beberapa saluran, misal surat pembaca, telepon langsung  Stimuli hanya melalui gerak dan suara (tv), pikirannya (surat kabar,majalah dsb.  Jika melalui televisi suara dan isi dakwah, jika koran bahasa dan logika yang paling penting B. Komunikasi Massa Massa ialah kumpulan orang banyak, Kumpulan massa dewasa ini bisa dimaksudkan kumpulan dalam satu tempat (stadion misalnya), bisa juga berarti berkumpul secara psikologis. Jika dakwah kepada seorang atau sekelompok orang dapat dilakukan secara langsung melalui komunikasi interpersonal, maka dakwah kepada sejumlah besar orang yang tersebar di berbagai tempat harus memperhatikan prinsip-prinsip komunikasi massa. Komunikasi massa ialah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa kepada sejumlah be¬sar orang. Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar. Perbedaan sistem komunikasi dalam dakwah interpersonal dengan dakwah melalui media massa, secara teknis dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Jika seorang da'i ceramah di masjid, maka stimuli dakwahnya dapat diterima langsung oleh jamaah: penampilan, suara, dan isi ceramah yang disampaikan semuanya dapat diterima oleh jamaah, tetapi dakwah melalui media mas¬sa, stimuli dakwah diterima masyarakat melalui media tehnis. 2. Jika seorang da'i ceramah terlalu panjang di masjid, mung¬kin panitia akan menegurnya, atau hadirin akan pulang satu persatu karena protes atas ceramahnya yang menyinggung perasaan mereka. Dalam forum seperti ini antara da'i dan mad'u dapat langsung berinteraksi sosial. 3. Jika seorang da'i ceramah di dalam masjid, maka materi dakwah yang disampaikan ditujukan kepada public terbatas B. Efek Komunikasi Massa Pengaruh media massa terhadap perilaku {behaviour), menurut sebuah penelitian ternyata lebih besar dibanding terhadap aspek kognitif (pengetahuan). Oleh karena itu, efek "komunikasi massa, terutama pada lapisan masyarakat yang belum siap mental lebih banyak pada perubahan perilaku lahir, seperti gaya hidup, mode pakaian, hiburan dan sebagainya, sedikit mengubah etos kerja dan sedikit menambah ilmu pengetahuan. Pengaruh media massa itu bisa datang dari bendanya, se¬perti hadirnya TV di rumah-rumah dan kantor-kantor, bisa juga dari isi pesan yang disampaikan media itu. Kehadiran media komunikasi massa di pedesaan misalnya menimbulkan efek sosial tertentu.  Hasil peneltian menunjukkan bahwa efek komunikasi massa lebih banyak mempengaruhi prilaku dibanding aspek kognitif.  Dampaknya pada perubahan gaya hidup, mode, pakaian, hiburan dibanding perubahan etos kerja dan ilmu pengetahuan  Perubahan pola dan skedul hidup  Menurut prof. Zakiah derajat 83% prilaku manusia dipengaruhi oleh apa yang dilihat, 11% apa yang didengar, 6% dari gabungan faktor lain Hasil penelitian tersebut dalam perspektif dakwah bahwa dampak televisi sangat besar pengaruhnya dalam membentuk kepribadian masyarakat, terutama anak-anak yang senang memonton televisi. Dalam perspektif dahwak, pesan yang disampai-kan melalui televisi, lebih besar pengaruh thd kognitifnya dibanding afektif dan behavior. BAB III KESIMPULAN Dari pembahasan tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa, Karakteristik Dakwah Melalui Media Komunikasi Massa  Arus informasi dakwah terkendali di tangan pemberi pesan yaitu da’i  Umpan balik terhadap pesan dakwah hanya bisa dilakukan melalui beberapa saluran, misal surat pembaca, telepon langsung  Stimuli hanya melalui gerak dan suara (tv), pikirannya (surat kabar,majalah dsb.  Jika melalui televisi suara dan isi dakwah, jika koran bahasa dan logika yang paling penting
Share this article :

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template