DAFTAR TEMA KELAS 3 REVISI 2015:
TEMA 1 PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
TEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
TEMA 3 PERUBAHAN DI ALAM
DAN SETERUSNYA
Buat yang gax mau ribet, membuat RPP K.13 yang lain, disini saya juga menyediakan RPP. K.13 Kelas 1,2,3,4,5,6 Dibuat per pembelajaran.
seperti contoh dibawah ini: SILAHKAN DILIHAT CONTOHNYA SAMPAI SELESAI.
setelah melihat-lihat contoh yang ada diatas. apabila ada yang berminat silahkan menghubungi nomor yang ada di bahwa ini.
BERMINAT HUB: 085768843833 / 085764439433
TEMA 1 PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
TEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
TEMA 3 PERUBAHAN DI ALAM
DAN SETERUSNYA
Buat yang gax mau ribet, membuat RPP K.13 yang lain, disini saya juga menyediakan RPP. K.13 Kelas 1,2,3,4,5,6 Dibuat per pembelajaran.
seperti contoh dibawah ini: SILAHKAN DILIHAT CONTOHNYA SAMPAI SELESAI.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ………………………
Kelas/Semester : III/1
Tema/Sub Tema : Perkembangbiakan
Hewan dan Tumbuhan / Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran : 1
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan
tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensai Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.2 Meresapi keagungan
Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan
sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan
dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator
·
Mengidentifikasi isi teks tentang petunjuk cara perkembangbiakan hewan.
·
Menjelaskan cara perkembangbiakan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
·
Menuliskan tahapan perkembangbiakan hewan.
·
Menceritakan hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan.
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan
mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu serta tidak
mudah menyerah dalam mengerjakan
tugas.
3.1
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian
bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa
kebenaran jawabnya.
Indikator
·
Membaca dan menuliskan bilangan 1.000-10.000 secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)
·
Merumuskan cara membaca lambing bilangan 1.000-10.000.
SBdP
Kompetensi
Dasar
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap
berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya
seni.
3.1 Mengenal
karya seni gaya dekoratif.
4.1
Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan
hasil pengamatan di
lingkungan sekitar.
Indikator
·
Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
·
Menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif buatan sendiri di atas media kertas.
·
Mewarnai pola gambar dekoratif buatan sendiri.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan membaca teks
tentang cara perkembangbiakan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara
perkembangbiakan hewan dengan benar.
2.
Dengan kegiatan
ekplorasi alam sekitar, siswa dapat mengelompokkan cara hewan berkembang biak
dengan benar.
3.
Setelah mengamati
gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan tahapan
perkembangbiakan dengan benar.
4.
Dengan mengamati
gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan perbedaan di setiap
tahapan perkembangbiakan dengan benar.
5.
Dengan berdiskusi,
siswa dapat mengidentifikasi perbedaan bentuk dan rupa antara induk dan anak
hewan dengan benar.
6.
Dengan berlatih
menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan 1.000
sampai dengan 10.000 dengan benar.
7.
Dengan berlatih
menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat menulis lambang bilangan
1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
8.
Dengan mengamati
contoh, siswa dapat merumuskan cara membaca lambang bilangan dengan benar.
9.
Dengan mengamati
gambar dan penjelasan tentang gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi
karya seni gaya dekoratif dengan benar.
10. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menjiplak untuk
membuat pola gambar dekoratif dengan benar.
11. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai pola gambar
dekoratif dengan rapi.
D.
Materi Pembelajaran
1. Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang
perkembangbiakan hewan.
2. Mengidentifikasi cara berkembang biak hewan.
3. Menulis tahapan perkembangbiakan ayam.
4. Menulis nama dan lambang bilangan.
5.
Membuat
pola dan mewarnai gambar dekoratif.
E.
Metode
dan Pendekatan
Pembelajaran
v
Metode :
Ceramah,
diskusi dan tanya jawab
v
Pendekatan :
Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi /
menalar dan mengkomunikasi-kan)
v
Model
Pembelajaran : Discovery Learning (DL)
F.
Media, Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Gambar berbagai hewan yang mencakup induk serta
anaknya.
2.
Pola gambar hewan untuk dijiplak.
3.
Alat mewarnai.
4.
Karton.
5.
Gunting.
6.
Buku teks.
G.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam, menyapa dan mendata kehadiran siswa.
2. Guru
menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru
mengucapkan salam, menyapa dan mendata kehadiran siswa.
2. Guru
menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
4. Siswa
mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah
5. Siswa
menuliskan nama-nama hewan yang ditemui di
sekitar sekolah
6. Siswa
berdiskusi untuk mengelompokkan hewan berdasarkan
cara berkembang biak. Hasil diskusi dituliskan
pada buku masing-masing.
7. Siswa
mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam.
8. Siswa
berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam.
9. Siswa
mengamati perubahan pada setiap tahapan.
10. Perubahan
yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna,
ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya
yang bisa diamati.
11. Siswa
menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
12. Siswa
diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan
yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda
baca yang benar.
13. Siswa
mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam.
14. Siswa
berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam.
15. Siswa
mengamati perubahan pada setiap tahapan.
16. Perubahan
yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna,
ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya
yang bisa diamati.
17. Siswa
menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
18. Siswa
diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan
yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda
baca yang benar.
19. Siswa membaca
informasi tentang adanya perbedaan
sebutan untuk induk dan anak hewan pada
suatu daerah.
20. Siswa
mencari tahu tentang hal tersebut pada daerah
lainnya.
21. Siswa
mengenal manfaat dan pentingnya keberadaan
hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi
kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan
manusia yang sangat banyak, maka perlu
hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu,
kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda.
Untuk menghasilkan hewan yang banyak
dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat
sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan,
dapat memenuhi kebutuhan manusia akan
daging, telur atau hasil ternak lainnya.
22. Siswa
mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan
pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan
ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang
dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
23. Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut
lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik
nilai tempat bilangan.
24. Siswa
mengenal manfaat dan pentingnya keberadaan
hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi
kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan
manusia yang sangat banyak, maka perlu
hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu,
kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda.
Untuk menghasilkan hewan yang banyak
dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat
sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan,
dapat memenuhi kebutuhan manusia akan
daging, telur atau hasil ternak lainnya.
25. Siswa
mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan
pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan
ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang
dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
26. Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut
lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik
nilai tempat bilangan.
27. Siswa
mengamati berbagai benda yang memiliki motif
hewan yang ada di sekitar.
28. Siswa
mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan
motif hewan.
29. Siswa
menggambar dekoratif hewan, menggambar hewan
yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya
aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif
terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan
gambar aslinya masih tampak.
30. Siswa
berlatih menggambar dekoratif. Untuk mempermudah,
siswa mencari bentuk hewan yang ingin
digambar dari majalah bekas atau surat kabar. Siswa menggunting gambar hewan tersebut, lalu menjiplak dan mengguntingnya kembali
sehingga menjadi sebuah pola.
Gunakan pola tersebut untuk alat
bantu menggambar hewan.
31. Siswa
memberi hiasan sesuai imajinasinya.
32. Siswa
juga bisa menggambar langsung bentuk hewan
tanpa kegiatan menjiplak.
33. Siswa
menceritakan hasil karya melalui kegiatan menulis.
Cerita berisi gambaran tentang gambar yang
dibuat, alasan memilih gambar tersebut, dan hal lainnya yang ingin diceritakan.
34. Siswa
bercerita secara bergantian
35. Cerita
bisa berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku
|
145 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Kegiatan
diakhiri dengan menyimpulkan secara bersama-sama cara berkembang biak hewan dan manfaat yang diperoleh
dari proses perkembangbiakan hewan.
2.
Manfaat adanya proses perkembangbiakan hewan
adalah menjaga kelangsungan hewan
tersebut. Selain itu, juga bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan manusia.
|
15
menit
|
H.
Penilaian Pembelajaran
1.
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
2.
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.
Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 4 = 8
b.
Memasangkan nama dan lambang bilangan
Skor setiap soal 1.
Benar semua 10 x 1 = 10
3.
Keterampilan
a. Rubrik Menulis
Petunjuk
Tahapan Perkembangbiakan Ayam
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Penggunaan huruf
besar dan tanda baca.
|
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
|
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
|
2.
|
Kesesuaian isi laporan
yang ditulis.
|
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai dengan
isi laporan yang
diminta.
|
Setengah atau
lebih isi teks
yang ditulis
sesuai dengan
isi laporan yang
diminta.
|
Kurang dari
setengah isi
teks yang ditulis
sesuai dengan
isi laporan yang
diminta.
|
Semua isi teks
belum sesuai.
|
3.
|
Penulisan
|
Penulisan kata
sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata
yang kurang
tepat dalam
penulisan.
|
Lebih dari 2 kata
yang kurang
tepat dalam
penulisan.
|
Semua kata
belum tepat
dalam penulisan.
|
4.
|
Penggunaan kalimat
yang efektif.
|
Semua kata
menggunakan
kalimat yang
efektif.
|
Terdapat 1-2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
|
Terdapat
lebih dari 2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
|
Semua kalimat
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
|
b. Rubrik
Membuat Gambar Dekoratif
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Hasil guntingan
|
Semua bagian
bentuk gambar
utuh.
|
Ada satu atau
dua bagian
gambar yang
tidak utuh.
|
Lebih dari dua
bagian gambar
yang tidak utuh.
|
Belum mampu
menggunting.
|
2.
|
Hasil menempel
|
Gambar
menempel
dengan baik,
tidak ada bagian
yang terbuka
dan tidak ada
sisa lem yang
tercecer.
|
Hanya dua
kriteria yang
terpenuhi.
|
Hanya satu
kriteria yang
terpenuhi.
|
Belum mampu
menempel.
|
3.
|
Variasi hewan yang
dibuat.
|
Membuat lebih
dari tiga jenis
pola hewan/tiga
ukuran hewan
yang sejenis.
|
Membuat dua
sampai tiga jenis
pola hewan/
dua sampai tiga
ukuran hewan
yang sejenis.
|
Membuat hanya
satu jenis pola
hewan/satu
ukuran hewan.
|
Belum mampu
membuat pola.
|
Catatan:
·
Refleksi
* Hal-hal yang
perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang
perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang
menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
·
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang
ditetapkan.
·
Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target
pencapaian kompetensi.
Kepala Sekolah
……………………………
NIP. ……………………….
|
Metro, ………………......20…
Guru Kelas III
……………………………
NIP. ……………………….
|
setelah melihat-lihat contoh yang ada diatas. apabila ada yang berminat silahkan menghubungi nomor yang ada di bahwa ini.
BERMINAT HUB: 085768843833 / 085764439433
BAGI YANG BERMINAT HUB:
ReplyDelete085768843833 / 085764439433
terimakasih banyak, sangat menarik sekali...
ReplyDeletesuka
ReplyDeletehrg brp Pak?
ReplyDeleteapa belum bisa didownload? mksh
ReplyDeleteapa belum bisa didownload? mksh
ReplyDeleteshare dong rpp kelas 3 :)
ReplyDeleteshare dong rpp kelas 3 sd kurikulum nasional
ReplyDeleteassllammualaikum pak sya mhn bantuaannya untuk rpp k13 kls 3 semester 1 dan 2 edisi repisi ,,,gmna caranya? bisa dikrm kealamat email sya pak qoriah.pratiwi1989@gmail.commhn confrmasinya
ReplyDeletetrimakasih atas infonya....
ReplyDeleteminta izin copas buat tugas ya... sukses selalu....
KKM K13 yang sudah selesai ada?
ReplyDelete