BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM MERDEKA
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
18 x 2JP x 40 Menit |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya (Budi Daya) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi
dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi |
Pertemuan Ke-1 |
||
Pendahuluan
(10 Menit) |
||
1. |
Peserta didik berdoa sesuai dengan
kepercayaannya masing-masing. |
|
2. |
Peserta didik mengamati foto atau video
seseorang yang sedang sakit sambil meminum air kunyit yang ditampilkan di
layar proyektor. |
|
3. |
Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik,
“Apakah yang diminum oleh orang yang ada di tayangan video?” |
|
4. |
Peserta didik mendapatkan informasi
kegiatan beserta tujuan pembelajaran mengenal budi daya tanaman obat. |
|
5. |
Peserta didik mengikuti penilaian untuk
mengukur pemahaman awal peserta didik. Penilaian awal pada kegiatan
pembelajaran dilakukan melalui pretest. |
|
|
||
Kegiatan Inti (90 Menit) |
·
Peserta
didik menyimak saat guru menampilkan foto atau video tanaman obat yang ada di
Indonesia untuk memancing rasa ingin tahu peserta didik. ·
Peserta
didik memperhatikan materi pada foto atau video. ·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru tentang jenis dan karakteristik tanaman
obat yang ada pada video ·
Peserta
didik diberi kesempatan membuat kelompok kecil untuk kegiatan observasi
tentang jenis dan karakteristik tanaman obat berdasarkan video yang
ditayangkan. ·
Peserta
didik membuat gambar tentang jenis tanaman obat dan menuliskan
karakteristiknya. ·
Setiap
kelompok mengumpulkan LKPD 1. |
|
Penutup (10 Menit) |
||
1. |
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini. |
|
2. |
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen,
dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan
perbaikan. |
|
3. |
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. |
|
4. |
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa. |
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM MERDEKA
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
18 x 2JP x 40 Menit |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya (Budi Daya) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi
dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi |
Pertemuan Ke-2 |
||
Pendahuluan
(10 Menit) |
||
1. |
Salah satu peserta didik memimpin doa
sebelum kelas dimulai. |
|
2. |
Peserta didik menyimak foto-foto modiikasi
bahan dan alat dalam budi daya tanaman obat yang ditayangkan oleh guru.
Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik, “Barang bekas apakah yang dapat
diubah menjadi pot?” |
|
|
||
Kegiatan Inti (90 Menit) |
·
Guru
menampilkan arang sekam untuk modiikasi bahan dan wadah bekas untuk modiikasi
alat. ·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru tentang modiikasi bahan dan alat. ·
Peserta
didik berdiskusi tentang modiikasi bahan dan alat dalam budi daya tanaman
obat, lalu menuliskan hasilnya pada LKPD 2. |
|
Penutup (10 Menit) |
||
1. |
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini. |
|
2. |
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen,
dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan
perbaikan. |
|
3. |
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. |
|
4. |
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa. |
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM MERDEKA
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
18 x 2JP x 40 Menit |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya (Budi Daya) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi
dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi |
Pertemuan Ke-3 |
||
Pendahuluan
(10 Menit) |
||
1. |
Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan
kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan
posisi, dan tempat duduk peserta didik. |
|
2. |
Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar
proses pembelajaran berlangsung menyenangkan. |
|
3. |
Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses
pemebelajaran |
|
4. |
Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan
pembelajaran |
|
5. |
Guru melakukn apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat
objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal
penting yang mereka ingat dari objek yang menarik. |
|
|
||
Kegiatan Inti (90 Menit) |
·
Peserta
didik menyimak materi pada video teknik budi daya tanaman obat dengan
modiikasi bahan dan alat yang ditayangkan oleh guru. ·
Peserta
didik menjawab pertanyaan, “Apa yang membedakan teknik budi daya tanaman obat
dengan teknik modiikasi bahan dan alat pada video dengan teknik budi daya
tanpa modiikasi bahan dan alat?” ·
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang teknik budi daya tanaman obat dengan
modiikasi bahan dan alat. ·
Peserta
didik berdiskusi tentang teknik budi daya tanaman obat dengan modiikasi bahan
dan alat. ·
Setiap
kelompok menulis hasil diskusi pada LKPD 2. |
|
Penutup (10 Menit) |
||
1. |
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini. |
|
2. |
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen,
dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan
perbaikan. |
|
3. |
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. |
|
4. |
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa. |
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !