Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (BUDI DAYA) SMP KELAS VIII (8)

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (BUDI DAYA) SMP KELAS VIII (8)

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833

PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 x 2JP x 40 Menit

Mata Pelajaran

:

Prakarya (Budi Daya)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi

 

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan (10 Menit)

1.

Peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

2.

Peserta didik mengamati foto atau video seseorang yang sedang sakit sambil meminum air kunyit yang ditampilkan di layar proyektor.

3.

Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik, “Apakah yang diminum oleh orang yang ada di tayangan video?”

4.

Peserta didik mendapatkan informasi kegiatan beserta tujuan pembelajaran mengenal budi daya tanaman obat.

5.

Peserta didik mengikuti penilaian untuk mengukur pemahaman awal peserta didik. Penilaian awal pada kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pretest.

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

·         Peserta didik menyimak saat guru menampilkan foto atau video tanaman obat yang ada di Indonesia untuk memancing rasa ingin tahu peserta didik.

·         Peserta didik memperhatikan materi pada foto atau video.

·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang jenis dan karakteristik tanaman obat yang ada pada video

·         Peserta didik diberi kesempatan membuat kelompok kecil untuk kegiatan observasi tentang jenis dan karakteristik tanaman obat berdasarkan video yang ditayangkan.

·         Peserta didik membuat gambar tentang jenis tanaman obat dan menuliskan karakteristiknya.

·         Setiap kelompok mengumpulkan LKPD 1.

Penutup (10 Menit)

1.

Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

2.

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

3.

Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

4.

Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 


 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 x 2JP x 40 Menit

Mata Pelajaran

:

Prakarya (Budi Daya)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi

 

Pertemuan Ke-2

Pendahuluan (10 Menit)

1.

Salah satu peserta didik memimpin doa sebelum kelas dimulai.

2.

Peserta didik menyimak foto-foto modiikasi bahan dan alat dalam budi daya tanaman obat yang ditayangkan oleh guru. Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik, “Barang bekas apakah yang dapat diubah menjadi pot?”

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

·         Guru menampilkan arang sekam untuk modiikasi bahan dan wadah bekas untuk modiikasi alat.

·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang modiikasi bahan dan alat.

·         Peserta didik berdiskusi tentang modiikasi bahan dan alat dalam budi daya tanaman obat, lalu menuliskan hasilnya pada LKPD 2.

Penutup (10 Menit)

1.

Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

2.

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

3.

Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

4.

Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 


 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 x 2JP x 40 Menit

Mata Pelajaran

:

Prakarya (Budi Daya)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi

 

Pertemuan Ke-3

Pendahuluan (10 Menit)

1.

Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan posisi, dan tempat duduk peserta didik.

2.

Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.

3.

Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pemebelajaran

4.

Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan pembelajaran

5.

Guru melakukn apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal penting yang mereka ingat dari objek yang menarik.

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

·         Peserta didik menyimak materi pada video teknik budi daya tanaman obat dengan modiikasi bahan dan alat yang ditayangkan oleh guru.

·         Peserta didik menjawab pertanyaan, “Apa yang membedakan teknik budi daya tanaman obat dengan teknik modiikasi bahan dan alat pada video dengan teknik budi daya tanpa modiikasi bahan dan alat?”

·         Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang teknik budi daya tanaman obat dengan modiikasi bahan dan alat.

·         Peserta didik berdiskusi tentang teknik budi daya tanaman obat dengan modiikasi bahan dan alat.

·         Setiap kelompok menulis hasil diskusi pada LKPD 2.

Penutup (10 Menit)

1.

Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

2.

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

3.

Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

4.

Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template