Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (KERAJINAN) SMP KELAS VIII (8)

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (KERAJINAN) SMP KELAS VIII (8)

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833

PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

4 x 2JP

Mata Pelajaran

:

Prakarya (Kerajinan)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan eksplorasi

 

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan (10 Menit)

1.

Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan posisi, dan tempat duduk peserta didik.

2.

Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.

3.

Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pemebelajaran

4.

Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan pembelajaran

5.

Guru melakukan apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal penting yang mereka ingat dari objek yang menarik.

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

1.      Pemberian Rangsangan (Stimulation)

·      Peserta didik menonton video yang ditayangkan oleh guru tentang permasalahan limbah organik yang ada di lingkungan sekitar.

·      Peserta didik menyimak dan menerima pertanyaan yang diajukan oleh guru seputar limbah organik, untuk kemudian dapat didiskusikan bersama (bergotong-royong).

·      Peserta didik melihat bentuk media permainan yang akan dimainkan bersama-sama.

2.      Mengidentiikasi Masalah (Problem Statement)

·      Peserta didik bersama dengan kelompok mengidentifikasi permasalahan yang terdapat dalam tayangan video.

·      Peserta didik menemukan berbagai permasalahan limbah organik (bernalar kritis).

·      Peserta didik mengidentifikasikan komponen-komponen yang terdapat dalam permainan.

3.      Mengumpulkan Data (Data Collection)

·      Peserta didik mengamati gambar dan membaca teks-teks pada peta (bernalar kritis).

·      Peserta didik mengasosiasi temuan permasalahan limbah organik pada permainan “teka-teki silang” secara bersama-sama dengan teman kelas (bergotong-royong).

·      Peserta didik mendapatkan pertanyaan dari guru pada saat melakukan permainan,

Contoh: “Sebutkan salah satu jenis limbah organik di sekitar kita?”

4.      Mengolah Data (Data Processing)

·      Peserta didik bersama kelompok mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru (bernalar kritis dan bergotong-royong).

·      Peserta didik dapat mengakses informasi seluas-luasnya tentang ragam produk kerajinan dari internet tentang limbah organik (berkebinekaan global).

·      Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pencarian informasi dan diskusi yang telah dilakukan bersama kelompok (berkebinekaan global).

5.      Membuktikan (Veriication)

·         Peserta didik mendapatkan validasi jawaban soal pertanyaan dari guru.

·         Peserta didik melakukan pemeriksaan secara teliti untuk membuktikan jawaban soal yang diberikan guru dengan berbagai sumber bacaan.

Penutup (10 Menit)

1.

Guru menyamakan pandangan dengan peserta didik tentang materi yang disampaikan.

2.

Guru bertanya tentang materi apa yang masih dirasa sulit dipahami, dan atau menjawab pertanyaan peserta didik.

3.

Peserta didik menjawab dan menyampaikan pendapat atau kesulitan dalam proses belajar di kelas.

4.

Peserta mereleksikan proses belajar materi permasalahan lingkungan limbah organik pada kegiatan di kelas.

5.

Guru memberikan informasi tentang permainan yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya dan meminta peserta didik membawa alat, dan bahan yang akan digunakan.

 

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template