BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
10 JP (5 x Pertemuan) |
Mata Pelajaran |
: |
Seni Budaya
(Teater) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Mengalami, Menciptakan,
Merefleksikan, Berpikir Dan Bekerja Artistik, Berdampak |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Mampu menjelaskan unsur-unsur dalam teori pemeranan
·
Mampu menjelaskan teknik mengolah sukma dan raga sebagai penopang
kreativitas laku peran seorang aktor
·
Mampu menjalankan teknik konsentrasi sebagai dasar pengenalan
sukma
·
Mampu mengimplementasikan teknik ingatan emosi
·
Mampu menjelaskan ragam olah tubuh yang dibutuhkan sebagai
penopang kemampuan kreatif seorang aktor
·
Mampu mengekspresikan emosi dalam gerak tubuh
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong, Berkebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, dan Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta
didik Mampu menjelaskan unsur-unsur dalam teori pemeranan
·
Peserta
didik Mampu menjelaskan teknik mengolah sukma dan raga sebagai penopang
kreativitas laku peran seorang aktor
·
Peserta
didik Mampu menjalankan teknik konsentrasi sebagai dasar pengenalan sukma
·
Peserta
didik Mampu mengimplementasikan teknik ingatan emosi
·
Peserta
didik Mampu menjelaskan ragam olah tubuh yang dibutuhkan sebagai penopang
kemampuan kreatif seorang aktor
·
Peserta
didik Mampu mengekspresikan emosi dalam gerak tubuh
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu
memahami Konsentrasi, Ingatan Emosi, Olah Tubuh Stamina, Olah Tubuh
Keterampilan, Olah Tubuh Keseimbangan Dan Kelenturan.
·
Dapat
mempraktekan secara langsung Dasar Kreasi Laku Peran.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1
·
Apa yang
dimaksud dengan konsentrasi?
·
Apa
pentingnya konsentrasi bagi seorang pemeran atau aktor?
·
Bagaimana
cara seorang aktor melatih konsentrasi?
2.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2
·
Bagaimana
perasaan/kesanmu dengan latihan ekspresi emosi spontan?
·
Apa yang ada
dalam pikiran siswa ketika diminta mengekspresikan emosi tertentu?
·
Apa kesulitan
yang dihadapi siswa ketika secara spontan diminta mengekspresikan emosi
tertentu?
3.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 3
·
Apa yang
dimaksud dengan stamina?
·
Bagaimana
olah tubuh bisa menjaga stamina?
4.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4
·
Apa yang
dimaksud keterampilan?
·
Apa hubungannya
keterampilan dengan olah tubuh?
·
Mengapa
keterampilan penting bagi aktor?
5.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 5
·
Bagaimana
perasaannya selama berlatih?
·
Apakah sudah
paham maksudnya kelenturan dan keseimbangan tubuh?
·
Mengapa
kelenturan dan keseimbangan tubuh penting bagi seorang aktor?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !