Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA PENGOLAHAN SMP KELAS 7

MODUL KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA PENGOLAHAN SMP KELAS 7

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833

PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI

 


MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

INFORMASI UMUM

 

IDENTITAS MODUL

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 JP (6 x Pertemuan)

Mata Pelajaran

:

Prakarya Pengolahan

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan Eksplorasi, Desain/ Perencanaan, Produksi, dan Refleksi dan Evaluasi.

 

KOMPETENSI AWAL

·         Mengamati proses pembuatan dan karakteristik penyajian serta pengemasan produk olahan pangan higienis dari bahan buah hasil modifikasi kearifan lokal/potensi lingkungan yang bernilai ekonomis.

·         Menjelaskan hasil pengamatan proses pembuatan, dan karakteristik penyajian dan pengemasan produk olahan pangan higienis dari bahan buah hasil modifikasi kearifan lokal/potensi lingkungan yang bernilai ekonomis.

·         Merencanakan pembuatan produk olahan pangan higienis dari bahan buah melalui modifikasi bahan, alat dan teknik berdasarkan studi kelayakan produksi, potensi lingkungan/kearifan lokal, dan bernilai ekonomis.

·         Merencanakan penyajian/kemasan produk olahan pangan higienis dari bahan buah melalui modifikasi bahan, alat dan teknik, berdasarkan studi kelayakan produksi, potensi lingkungan/kearifan lokal, dan bernilai ekonomis.

·         Membuat produk olahan pangan higienis dari bahan buah dengan modifikasi bahan, alat dan teknik berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dan bernilai ekonomis secara bertanggung jawab.

·         Menyajikan dan mengemas produk olahan pangan higienis dari bahan buah dengan modifikasi bahan, alat dan teknik berdasarkan potensi lingkungan/ kearifan lokal dan bernilai ekonomis secara bertanggung jawab.

·         Merefleksikan pelaksanaan kegiatan pengolahan produk olahan pangan higienis dari bahan buah berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dan bernilai ekonomis.

·         Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan produk olahan pangan dari bahan buah yang bernilai ekonomis, berdasarkan kelayakan produk dan dampak lingkungan/budaya.

 

SARANA DAN PRASARANA

 

1.

Gawai

4.

Buku Teks

7.

Handout materi

2.

Laptop/Komputer PC

5.

Papan tulis/White Board

8.

Infokus/Proyektor/Pointer

3.

Akses Internet ilmuguru.org

6.

Lembar kerja

9.

Referensi lain yang

 

MODEL PEMBELAJARAN

             Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

TARGET PESERTA DIDIK

 

1.       Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.       Bergotong royong, Berkebinekaan global, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif

 

 

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 


 

KOMPETENSI INTI

 

I.               TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Peserta didik mampu  Mengamati proses pembuatan dan karakteristik penyajian serta pengemasan produk olahan pangan higienis dari bahan buah hasil modifikasi kearifan lokal/potensi lingkungan yang bernilai ekonomis.

·         Peserta didik mampu  Menjelaskan hasil pengamatan proses pembuatan, dan karakteristik penyajian dan pengemasan produk olahan pangan higienis dari bahan buah hasil modifikasi kearifan lokal/potensi lingkungan yang bernilai ekonomis.

·         Peserta didik mampu  Merencanakan pembuatan produk olahan pangan higienis dari bahan buah melalui modifikasi bahan, alat dan teknik berdasarkan studi kelayakan produksi, potensi lingkungan/kearifan lokal, dan bernilai ekonomis.

·         Peserta didik mampu  Merencanakan penyajian/kemasan produk olahan pangan higienis dari bahan buah melalui modifikasi bahan, alat dan teknik, berdasarkan studi kelayakan produksi, potensi lingkungan/kearifan lokal, dan bernilai ekonomis.

·         Peserta didik mampu  Membuat produk olahan pangan higienis dari bahan buah dengan modifikasi bahan, alat dan teknik berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dan bernilai ekonomis secara bertanggung jawab.

·         Peserta didik mampu  Menyajikan dan mengemas produk olahan pangan higienis dari bahan buah dengan modifikasi bahan, alat dan teknik berdasarkan potensi lingkungan/ kearifan lokal dan bernilai ekonomis secara bertanggung jawab.

·         Peserta didik mampu  Merefleksikan pelaksanaan kegiatan pengolahan produk olahan pangan higienis dari bahan buah berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dan bernilai ekonomis.

·         Peserta didik mampu  Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan produk olahan pangan dari bahan buah yang bernilai ekonomis, berdasarkan kelayakan produk dan dampak lingkungan/budaya.

 

II.             PEMAHAMAN BERMAKNA

·         Mampu mengetahui Ruang Lingkup Komoditas Buah

·         Mampu mengetahui Kandungan dan Manfaat Buah

·         Mampu melakukan Pengolahan buah menjadi aneka minuman berbahan buah, misalnya minuman sari buah, es buah, dl

·         Mampu melakukan Pengolahan buah menjadi aneka makanan berbahan buah, misalnya manisan buah, selai buah, dll.

 

III.          PERTANYAAN PEMANTIK

1.             Pertanyaan Pemantik Pembelajaran

·         Apakah kamu pernah makan aneka produk pangan buah?

 

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template