Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (PENGOLAHAN) SMP KELAS VIII (8)

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (PENGOLAHAN) SMP KELAS VIII (8)

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833


PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 JP

Mata Pelajaran

:

Prakarya (Pengolahan)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan Eksplorasi

 

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan (10 Menit)

1.

Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan posisi, dan tempat duduk peserta didik.

2.

Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.

3.

Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pemebelajaran

4.

Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan pembelajaran

5.

Guru melakukn apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal penting yang mereka ingat dari objek yang menarik.

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

·         Peserta didik bersama guru menyepakati rencana pembelajaran pada Unit 1 Kegiatan Pembelajaran 1 dilaksanakan secara kelompok.

·         Peserta didik melihat gambar/ video/contoh asli serealia (beras) dan mengeksplorasi beragam jenis serealia (beras) yang ditunjukkan guru seperti beras putih, beras merah, beras hitam, dan beras cokelat

·         Peserta didik memperhatikan jenis beras yang berbeda.

·         Peserta didik menyampaikan beragam pertanyaan maupun pernyataan berdasarkan pengalaman mengenai berbagai macam jenis beras yang pernah dikonsumsi ataupun dilihat.

·         Peserta didik memberikan pendapatnya serta menanggapi informasi mengenai beragam jenis beras yang disampaikan sesama peserta didik

·         Peserta didik mendiskusikan informasi yang didapatkan di dalam kelas dengan bahan bacaan peserta didik mengenai jenis beras. Kemudian, peserta didik melakukan observasi untuk pembuktian.

·         Perwakilan peserta didik diminta menyampaikan simpulan hasil diskusi.

Penutup (10 Menit)

1.

Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

2.

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

3.

Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

4.

Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template