BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM MERDEKA
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
18 JP |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya (Pengolahan) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi dan Eksplorasi |
Pertemuan Ke-1 |
||
Pendahuluan
(10 Menit) |
||
1. |
Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan
kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan
posisi, dan tempat duduk peserta didik. |
|
2. |
Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar
proses pembelajaran berlangsung menyenangkan. |
|
3. |
Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses
pemebelajaran |
|
4. |
Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan
pembelajaran |
|
5. |
Guru melakukn apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat
objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal
penting yang mereka ingat dari objek yang menarik. |
|
|
||
Kegiatan Inti (90 Menit) |
·
Peserta
didik bersama guru menyepakati rencana pembelajaran pada Unit 1 Kegiatan
Pembelajaran 1 dilaksanakan secara kelompok. ·
Peserta
didik melihat gambar/ video/contoh asli serealia (beras) dan mengeksplorasi
beragam jenis serealia (beras) yang ditunjukkan guru seperti beras putih,
beras merah, beras hitam, dan beras cokelat ·
Peserta
didik memperhatikan jenis beras yang berbeda. ·
Peserta
didik menyampaikan beragam pertanyaan maupun pernyataan berdasarkan
pengalaman mengenai berbagai macam jenis beras yang pernah dikonsumsi ataupun
dilihat. ·
Peserta didik memberikan pendapatnya serta
menanggapi informasi mengenai beragam jenis beras yang disampaikan sesama
peserta didik ·
Peserta
didik mendiskusikan informasi yang didapatkan di dalam kelas dengan bahan
bacaan peserta didik mengenai jenis beras. Kemudian, peserta didik melakukan
observasi untuk pembuktian. ·
Perwakilan
peserta didik diminta menyampaikan simpulan hasil diskusi. |
|
Penutup (10 Menit) |
||
1. |
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini. |
|
2. |
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen,
dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan
perbaikan. |
|
3. |
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. |
|
4. |
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa. |
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !