BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM MERDEKA
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
4 x 2JP |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya (Kerajinan) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi
dan eksplorasi |
Pertemuan Ke-1 |
||
Pendahuluan
(10 Menit) |
||
1. |
Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan
kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan
posisi, dan tempat duduk peserta didik. |
|
2. |
Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar
proses pembelajaran berlangsung menyenangkan. |
|
3. |
Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses
pemebelajaran |
|
4. |
Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan
pembelajaran |
|
5. |
Guru melakukan apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat
objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal
penting yang mereka ingat dari objek yang menarik. |
|
|
||
Kegiatan Inti (90 Menit) |
1.
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) · Peserta didik menonton video yang ditayangkan oleh
guru tentang permasalahan limbah organik yang ada di lingkungan sekitar. · Peserta didik menyimak dan menerima pertanyaan yang
diajukan oleh guru seputar limbah organik, untuk kemudian dapat didiskusikan
bersama (bergotong-royong). · Peserta didik melihat bentuk media permainan yang
akan dimainkan bersama-sama. 2.
Mengidentiikasi
Masalah (Problem Statement) · Peserta didik bersama dengan kelompok
mengidentifikasi permasalahan yang terdapat dalam tayangan video. · Peserta didik menemukan berbagai permasalahan
limbah organik (bernalar kritis). · Peserta didik mengidentifikasikan komponen-komponen
yang terdapat dalam permainan. 3.
Mengumpulkan
Data (Data Collection) · Peserta didik mengamati gambar dan membaca
teks-teks pada peta (bernalar kritis). · Peserta didik mengasosiasi temuan permasalahan
limbah organik pada permainan “teka-teki silang” secara bersama-sama dengan
teman kelas (bergotong-royong). · Peserta didik mendapatkan pertanyaan dari guru pada
saat melakukan permainan, Contoh:
“Sebutkan salah satu jenis limbah organik di sekitar kita?” 4.
Mengolah
Data (Data Processing) · Peserta didik bersama kelompok mendiskusikan
jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru (bernalar kritis dan bergotong-royong). · Peserta didik dapat mengakses informasi
seluas-luasnya tentang ragam produk kerajinan dari internet tentang limbah
organik (berkebinekaan global). · Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan hasil
pencarian informasi dan diskusi yang telah dilakukan bersama kelompok (berkebinekaan global). 5.
Membuktikan
(Veriication) ·
Peserta
didik mendapatkan validasi jawaban soal pertanyaan dari guru. ·
Peserta
didik melakukan pemeriksaan secara teliti untuk membuktikan jawaban soal yang
diberikan guru dengan berbagai sumber bacaan. |
|
Penutup
(10 Menit) |
||
1. |
Guru
menyamakan pandangan dengan peserta didik tentang materi yang disampaikan. |
|
2. |
Guru
bertanya tentang materi apa yang masih dirasa sulit dipahami, dan atau
menjawab pertanyaan peserta didik. |
|
3. |
Peserta
didik menjawab dan menyampaikan pendapat atau kesulitan dalam proses belajar
di kelas. |
|
4. |
Peserta
mereleksikan proses belajar materi permasalahan lingkungan limbah organik
pada kegiatan di kelas. |
|
5. |
Guru
memberikan informasi tentang permainan yang akan digunakan dalam kegiatan
pembelajaran selanjutnya dan meminta peserta didik membawa alat, dan bahan
yang akan digunakan. |
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !