Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA SENI BUDAYA (TEATER) SMP KELAS 8

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA SENI BUDAYA (TEATER) SMP KELAS 8

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833


PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2

 


MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

INFORMASI UMUM

 

IDENTITAS MODUL

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

4 x 40 Menit

Mata Pelajaran

:

Seni Budaya (Teater)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Mengalami dan Menciptakan

 

KOMPETENSI AWAL

·         Memahami 3 aturan dasar/taktik permainan improvisasi,

·         Menggunakan seluruh anggota tubuh dan suara untuk membangun cerita dan peran,

·         Mendemonstrasikan 3 aturan dasar improvisasi dalam pertunjukan berdurasi 3-5 menit,

·         Mengevaluasi karya sendiri dan orang lain,

·         Mengeksplorasi penggunaan tata artistik panggung untuk menunjang peran dan jalan cerita, dan

·         Mencerminkan sikap bergotong royong dan berpikir kreatif.

 

SARANA DAN PRASARANA

 

1.

Gawai

4.

Buku Teks

7.

Handout materi

2.

Laptop/Komputer PC

5.

Papan tulis/White Board

8.

Infokus/Proyektor/Pointer

3.

Akses Internet ilmuguru.org

6.

Lembar kerja

9.

Referensi lain yang

 

MODEL PEMBELAJARAN

             Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

TARGET PESERTA DIDIK

 

1.       Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.       Bergotong royong

 

 

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

KOMPETENSI INTI

 

I.               TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Peserta didik mampu memahami 3 aturan dasar/taktik permainan improvisasi,

·         Peserta didik mampu menggunakan seluruh anggota tubuh dan suara untuk membangun cerita dan peran,

·         Peserta didik mampu mendemonstrasikan 3 aturan dasar improvisasi dalam pertunjukan berdurasi 3-5 menit,

·         Peserta didik mampu mengevaluasi karya sendiri dan orang lain,

·         Peserta didik mampu mengeksplorasi penggunaan tata artistik panggung untuk menunjang peran dan jalan cerita, dan

·         Peserta didik mampu mencerminkan sikap bergotong royong dan berpikir kreatif.

 

II.             PEMAHAMAN BERMAKNA

·         Unit Improvisasi ini mencakup kegiatan yang mengasah keterampilan kerja ensambel dengan prinsip gotong royong dan tiga aturan dasar improvisasi aksi fisik, aksi objek, dan aksi narasi. Kegiatan-kegiatan yang disajikan dalam unit ini mengajak peserta didik memelajari dan mengembangkan struktur cerita dengan memberi, menerima, menerapkan dan mengumpan-balik ide cerita untuk merangsang gagasan ide kreatif.

·         Mengeksplorasi tubuh fisik dan pemanfaatan properti untuk menunjang pemeranan. Sebagai konfirmasi, kegiatan asesmen disajikan dalam rekonstruksi permainan yang menerapkan keterampilan dasar improvisasi dengan konteks baru.

 

III.          PERTANYAAN PEMANTIK

·         Apa definisi improvisasi? Bagaimana kegiatan-kegiatan ini mendidik peserta didik menjadi pribadi yang saling membantu dan kreatif?

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template