BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
4 x 40 Menit |
Mata Pelajaran |
: |
Seni Budaya (Teater) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Mengalami
dan Menciptakan |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Memahami 3 aturan dasar/taktik permainan improvisasi,
·
Menggunakan seluruh anggota tubuh dan suara untuk membangun cerita
dan peran,
·
Mendemonstrasikan 3 aturan dasar improvisasi dalam pertunjukan
berdurasi 3-5 menit,
·
Mengevaluasi karya sendiri dan orang lain,
·
Mengeksplorasi penggunaan tata artistik panggung untuk menunjang
peran dan jalan cerita, dan
·
Mencerminkan sikap bergotong royong dan berpikir kreatif.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta didik mampu memahami 3 aturan dasar/taktik permainan improvisasi,
·
Peserta didik mampu menggunakan seluruh anggota tubuh dan suara untuk membangun cerita
dan peran,
·
Peserta didik mampu mendemonstrasikan 3 aturan dasar improvisasi dalam pertunjukan
berdurasi 3-5 menit,
·
Peserta didik mampu mengevaluasi karya sendiri dan orang lain,
·
Peserta didik mampu mengeksplorasi penggunaan tata artistik panggung untuk menunjang
peran dan jalan cerita, dan
·
Peserta didik mampu mencerminkan sikap bergotong royong dan berpikir kreatif.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Unit Improvisasi ini mencakup kegiatan yang mengasah keterampilan
kerja ensambel dengan prinsip gotong royong dan tiga aturan dasar improvisasi
aksi fisik, aksi objek, dan aksi narasi. Kegiatan-kegiatan yang disajikan dalam
unit ini mengajak peserta didik memelajari dan mengembangkan struktur cerita
dengan memberi, menerima, menerapkan dan mengumpan-balik ide cerita untuk
merangsang gagasan ide kreatif.
·
Mengeksplorasi tubuh fisik dan pemanfaatan properti untuk
menunjang pemeranan. Sebagai konfirmasi, kegiatan asesmen disajikan dalam
rekonstruksi permainan yang menerapkan keterampilan dasar improvisasi dengan
konteks baru.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
·
Apa definisi
improvisasi? Bagaimana kegiatan-kegiatan ini mendidik peserta didik menjadi
pribadi yang saling membantu dan kreatif?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !