BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Alokasi Waktu |
: |
18 JP (6 x Pertemuan) |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Tahun Penyusunan |
: |
2023 |
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Fase |
: |
D |
Mata Pelajaran |
: |
Bahasa Indonesia |
Elemen Mapel |
: |
Membaca dan Menulis |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan
menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat.
·
Mengidentifikasi gaya penulisan teks deskripsi di media social
dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik.
·
Mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul
dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat.
·
Berlatih mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan
memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan
menemukenali kalimat majas personifikasi.
·
Memaparkan gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap
gambar secara lisan menggunakan kalimat perincian yang memikat.
·
Memaparkan gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap
gambar secara lisan menggunakan kalimat perincian yang memikat.
·
Menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan objek
yang dijelaskan, ragam sapaan menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan
baik.
·
Menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan
ciri-ciri kalimat yang menjelaskan objek yang berbeda dengan baik.
·
Menyajikan teks deskripsi dengan baik melalui latihan menyunting
penggunaan huruf kapital, tanda titik, tanda koma, serta kata depan dalam
kalimat dengan tepat.
·
Menulis teks deskripsi sederhana dengan berlatih menjelaskan benda
kesukaannya dengan baik, sesuai dengan konteks dan pembaca.
·
Memahami paparan orang lain
dengan gestur yang baik dan menghargai dengan berlatih menilai paparan lisan
teman.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet mendukung |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia 2.
Berkebinekaan global 3.
Bergotong
Royong 4.
Mandiri 5.
Bernalar
Kritis, dan 6.
Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI
INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
· Peserta didik mampu menemukan
informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan
menjawab pertanyaan dengan tepat.
· Peserta didik mampu
mengidentifikasi gaya penulisan teks deskripsi di media social dengan
menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik.
· Peserta didik mampu mengembangkan
pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata
pada kamus secara mandiri dan tepat.
· Peserta didik mampu berlatih
mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca
sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat
majas personifikasi.
· Peserta didik mampu memaparkan
gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap gambar secara lisan
menggunakan kalimat perincian yang memikat.
· Peserta didik mampu memaparkan
gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap gambar secara lisan
menggunakan kalimat perincian yang memikat.
· Peserta didik mampu menganalisis
ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan objek yang dijelaskan, ragam
sapaan menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan baik.
· Peserta didik mampu menganalisis
ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan ciri-ciri kalimat yang
menjelaskan objek yang berbeda dengan baik.
· Peserta didik mampu menyajikan
teks deskripsi dengan baik melalui latihan menyunting penggunaan huruf kapital,
tanda titik, tanda koma, serta kata depan dalam kalimat dengan tepat.
· Peserta didik mampu menulis teks
deskripsi sederhana dengan berlatih menjelaskan benda kesukaannya dengan baik,
sesuai dengan konteks dan pembaca.
· Peserta didik mampu memahami
paparan orang lain dengan gestur yang baik dan menghargai dengan berlatih
menilai paparan lisan teman.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu memahami Isi Teks Deskripsi Tulis, Memahami Unsur Bahasa dalam Teks Deskripsi, dan Menganalisis Teks
Deskripsi dalam Sajian Visual.
·
Menganalisis Informasi Lisan, dan Menyunting Teks Deskripsi.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1
·
Mengapa teks
deskripsi penting bagi kita?
·
Apa saja
unsur teks deskripsi yang baik?
·
Bagaimana
menyajikan teks deskripsi yang baik?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !