BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Alokasi Waktu |
: |
18 JP (6 x Pertemuan) |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Tahun Penyusunan |
: |
2022 |
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Fase |
: |
D |
Mata Pelajaran |
: |
Matematika |
Elemen Mapel |
: |
Bilangan |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Menjelaskan hubungan antara bilangan bulat positif dan bilangan
bulat negatif dengan memodelkannya pada garis bilangan (arah dan jarak)
·
Menggunakan notasi yang tepat untuk menyatakan bilangan bulat
·
Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat dan meletakkan pada
garis bilangan
·
Mengenal dan menggunakan hubungan antara bilangan dan kebalikannya
(invers penjumlahan) untuk menyelesaikan masalah
·
Menentukan hasil dari operasi hitung penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan bulat
·
Menentukan faktor dari bilangan bulat
·
Mengenal dan menggunakan fakta bahwa bilangan cacah dapat ditulis
tepat satu cara sebagai hasil kali bilangan prima
·
Menghubungkan faktorisasi prima dari dua bilangan dengan KPK dan
FPB
·
Menyelesaikan permasalahan mengenai bilangan bulat yang terkait
dengan kehidupan sehari-hari
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong 3.
Berkebinekaan global 4.
Mandiri 5.
Bernalar
Kritis, dan 6.
Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta
didik mampu Menjelaskan hubungan antara bilangan bulat positif dan bilangan
bulat negatif dengan memodelkannya pada garis bilangan (arah dan jarak)
·
Peserta
didik mampu Menggunakan notasi yang tepat untuk menyatakan bilangan bulat
·
Peserta
didik mampu Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat dan meletakkan pada
garis bilangan
·
Peserta
didik mampu Mengenal dan menggunakan hubungan antara bilangan dan kebalikannya
(invers penjumlahan) untuk menyelesaikan masalah
·
Peserta
didik mampu Menentukan hasil dari operasi hitung penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan bulat
·
Peserta
didik mampu Menentukan faktor dari bilangan bulat
·
Peserta
didik mampu Mengenal dan menggunakan fakta bahwa bilangan cacah dapat ditulis
tepat satu cara sebagai hasil kali bilangan prima
·
Peserta
didik mampu Menghubungkan faktorisasi prima dari dua bilangan dengan KPK dan
FPB
·
Peserta
didik mampu Menyelesaikan permasalahan mengenai bilangan bulat yang terkait
dengan kehidupan sehari-hari
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu
memahami konsep Bilangan Bulat, dan memahami Operasi hitung Bilangan Bulat
·
Mampu memahami
Faktor Bilangan Bulat
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran
·
Bilangan
bulat mana yang nilainya lebih besar atau lebih kecil?
·
Bagaimana
hasil operasi hitung antara bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif?
·
Berapa hasil
estimasi pada operasi hitung bilangan bulat?
·
Apa
perbedaan dari faktor bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !