Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA IPA SMP KELAS 7

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA IPA SMP KELAS 7

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833


PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI

 


MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

INFORMASI UMUM

 

IDENTITAS MODUL

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 JP (6 x Pertemuan)

Mata Pelajaran

:

IPA

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Pemahaman IPA, Keterampilan Proses

 

KOMPETENSI AWAL

·                Menyebutkan cabangcabang ilmu Sains disertai bidang yang dipelajari.

·                Mengumpulkan dan menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama.

·                Mengidentifikasi alat-alat laboratorium yang biasanya digunakan berdasarkan kegunaannya.

·                Menyebutkan peraturan untuk menjaga keselamatan di laboratorium IPA.

·                Mendeskripsikan perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya.

·                Melakukan percobaan sederhana untuk menerapkan peraturan keselamatan di laboratorium IPA.

·                Mengenal langkahlangkah dalam metode ilmiah.

·                Merumuskan tujuan dan hipotesis.

·                Mengidentifikasi variabel-variabel dalam percobaan.

·                Menuliskan prosedur percobaan.

·                Merancang suatu percobaan dengan menggunakan metode ilmiah.

·                Mengenal besaran dan satuan dalam pengukuran.

·                Memilih alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan.

·                Melakukan pengukuran dan membaca skala dengan benar.

·                Mengevaluasi teknik pengukuran .

·                Menyajikan data percobaan dalam bentuk tabel dan grafik

·                Menulis kesimpulan dari suatu percobaan.

 

SARANA DAN PRASARANA

 

1.

Gawai

4.

Buku Teks

7.

Handout materi

2.

Laptop/Komputer PC

5.

Papan tulis/White Board

8.

Infokus/Proyektor/Pointer

3.

Akses Internet ilmuguru.org

6.

Lembar kerja

9.

Referensi lain yang

 

MODEL PEMBELAJARAN

             Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

TARGET PESERTA DIDIK

 

1.       Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.       Bergotong royong

3.       Berkebinekaan global

4.       Mandiri

5.       Bernalar Kritis, dan

6.       Kreatif

 

 

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 


 

KOMPETENSI INTI

 

I.               TUJUAN PEMBELAJARAN

·                Peserta didik mampu Menyebutkan cabangcabang ilmu Sains disertai bidang yang dipelajari.

·                Mengumpulkan dan menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama.

·                Peserta didik mampu Mengidentifikasi alat-alat laboratorium yang biasanya digunakan berdasarkan kegunaannya.

·                Peserta didik mampu Menyebutkan peraturan untuk menjaga keselamatan di laboratorium IPA.

·                Peserta didik mampu Mendeskripsikan perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya.

·                Peserta didik mampu Melakukan percobaan sederhana untuk menerapkan peraturan keselamatan di laboratorium IPA.

·                Peserta didik mampu Mengenal langkahlangkah dalam metode ilmiah.

·                Peserta didik mampu Merumuskan tujuan dan hipotesis.

·                Peserta didik mampu Mengidentifikasi variabel-variabel dalam percobaan.

·                Peserta didik mampu Menuliskan prosedur percobaan.

·                Peserta didik mampu Merancang suatu percobaan dengan menggunakan metode ilmiah.

·                Peserta didik mampu Mengenal besaran dan satuan dalam pengukuran.

·                Peserta didik mampu Memilih alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan.

·                Peserta didik mampu Melakukan pengukuran dan membaca skala dengan benar.

·                Peserta didik mampu Mengevaluasi teknik pengukuran .

·                Peserta didik mampu Menyajikan data percobaan dalam bentuk tabel dan grafik

·                Peserta didik mampu Menulis kesimpulan dari suatu percobaan.

 

II.             PEMAHAMAN BERMAKNA

·                Mampu mengetahui Apa Itu Sains? dan mampu mengetahui apa itu Laboratorium IPA?

·                Mampu merancang Percobaan serta dapat melakukan Pengukuran.

·                Dapat melakukan percobaan dan dapat Pelaporan Hasil Percobaan.

 

III.          PERTANYAAN PEMANTIK

1.             Pertanyaan Pemantik Pembelajaran

·         Apakah Sains itu?

·         Bagaimana Ilmuan Sains menghasilkan penemuan?

 

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template