BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
18 JP (6 x Pertemuan) |
Mata Pelajaran |
: |
IPA |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Pemahaman IPA,
Keterampilan Proses |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Menyebutkan cabangcabang ilmu Sains disertai bidang yang
dipelajari.
·
Mengumpulkan dan menyajikan informasi untuk membandingkan dua
ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama.
·
Mengidentifikasi alat-alat laboratorium yang biasanya digunakan
berdasarkan kegunaannya.
·
Menyebutkan peraturan untuk menjaga keselamatan di laboratorium
IPA.
·
Mendeskripsikan perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya.
·
Melakukan percobaan sederhana untuk menerapkan peraturan
keselamatan di laboratorium IPA.
·
Mengenal langkahlangkah dalam metode ilmiah.
·
Merumuskan tujuan dan hipotesis.
·
Mengidentifikasi variabel-variabel dalam percobaan.
·
Menuliskan prosedur percobaan.
·
Merancang suatu percobaan dengan menggunakan metode ilmiah.
·
Mengenal besaran dan satuan dalam pengukuran.
·
Memilih alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan.
·
Melakukan pengukuran dan membaca skala dengan benar.
·
Mengevaluasi teknik pengukuran .
·
Menyajikan data percobaan dalam bentuk tabel dan grafik
·
Menulis kesimpulan dari suatu percobaan.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong 3.
Berkebinekaan global 4.
Mandiri 5.
Bernalar
Kritis, dan 6.
Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta
didik mampu Menyebutkan cabangcabang ilmu Sains disertai bidang yang
dipelajari.
·
Mengumpulkan
dan menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan
bidang penelitian yang sama.
·
Peserta
didik mampu Mengidentifikasi alat-alat laboratorium yang biasanya digunakan
berdasarkan kegunaannya.
·
Peserta
didik mampu Menyebutkan peraturan untuk menjaga keselamatan di laboratorium
IPA.
·
Peserta
didik mampu Mendeskripsikan perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya.
·
Peserta
didik mampu Melakukan percobaan sederhana untuk menerapkan peraturan
keselamatan di laboratorium IPA.
·
Peserta
didik mampu Mengenal langkahlangkah dalam metode ilmiah.
·
Peserta
didik mampu Merumuskan tujuan dan hipotesis.
·
Peserta
didik mampu Mengidentifikasi variabel-variabel dalam percobaan.
·
Peserta
didik mampu Menuliskan prosedur percobaan.
·
Peserta
didik mampu Merancang suatu percobaan dengan menggunakan metode ilmiah.
·
Peserta
didik mampu Mengenal besaran dan satuan dalam pengukuran.
·
Peserta
didik mampu Memilih alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan.
·
Peserta
didik mampu Melakukan pengukuran dan membaca skala dengan benar.
·
Peserta
didik mampu Mengevaluasi teknik pengukuran .
·
Peserta
didik mampu Menyajikan data percobaan dalam bentuk tabel dan grafik
·
Peserta
didik mampu Menulis kesimpulan dari suatu percobaan.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu
mengetahui Apa Itu Sains? dan mampu mengetahui apa itu Laboratorium IPA?
·
Mampu
merancang Percobaan serta dapat melakukan Pengukuran.
·
Dapat
melakukan percobaan dan dapat Pelaporan Hasil Percobaan.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran
·
Apakah Sains
itu?
·
Bagaimana
Ilmuan Sains menghasilkan penemuan?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !