BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
16 JP (8 x Pertemuan) |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya
(Rekayasa) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi dan Eksplorasi,
Desain/ perencanaan, Produksi, Refleksi dan Evaluasi |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Menunjukkan karakteristik bahan, alat, teknik, dan prosedur
pembuatan miniatur rumah tahan gempa sebagai alternatif menciptakan produk
rekayasa yang kreatif dan inovatif.
·
Membuat rancangan/dumi rekayasa teknologi tepat guna miniatur
rumah tahan gempa dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan yang siap
dikembangkan menjadi model.
·
Membuat rancangan/dumi rekayasa teknologi tepat guna miniatur
rumah tahan gempa dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan yang siap
dikembangkan menjadi model.
·
Membuat rancangan/dumi rekayasa teknologi tepat guna miniatur
rumah tahan gempa dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan.
·
Memberikan penilaian produk rekayasa teknologi tepat guna teman
sendiri ataupun dari sumber lain dan merefleksikan terhadap karya ciptaannya
berdasarkan fungsi dan nilai guna yang dihasilkan secara lisan dan tertulis,
visual, ataupun virtual.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong, Berkebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, dan Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta
didik mampu Menunjukkan karakteristik bahan, alat, teknik, dan prosedur
pembuatan miniatur rumah tahan gempa sebagai alternatif menciptakan produk
rekayasa yang kreatif dan inovatif.
·
Peserta
didik mampu Membuat rancangan/dumi rekayasa teknologi tepat guna miniatur rumah
tahan gempa dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan yang siap
dikembangkan menjadi model.
·
Peserta
didik mampu membuat rancangan/dumi rekayasa teknologi tepat guna miniatur rumah
tahan gempa dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan yang siap
dikembangkan menjadi model.
·
Peserta
didik mampu membuat rancangan/dumi rekayasa teknologi tepat guna miniatur rumah
tahan gempa dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan.
·
Peserta
didik mampu memberikan penilaian produk rekayasa teknologi tepat guna teman
sendiri ataupun dari sumber lain dan merefleksikan terhadap karya ciptaannya
berdasarkan fungsi dan nilai guna yang dihasilkan secara lisan dan tertulis,
visual, ataupun virtual.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu
Menunjukkan karakteristik bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan miniatur
rumah tahan gempa sebagai alternatif menciptakan produk rekayasa yang kreatif
dan inovatif.
·
Mampu
membuat rancangan/dumi rekayasa teknologi tepat guna miniatur rumah tahan gempa
dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan yang siap dikembangkan
menjadi model.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran
·
Apa yang
kalian ketahui tentang rumah tahan gempa?
·
Mengapa rumah
tahan gempa perlu dikembangkan?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !