BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
2 x
2 JP |
Mata Pelajaran |
: |
Seni Budaya (Rupa) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Mengalami
dan Menciptakan |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Memahami pengertian menggambar perspektif dengan satu titik
hilang.
·
Menjelaskan hukum perspektif.
·
Menentukan dan menggambar garis horizon beserta satu titik hilang.
·
Menggambar perspektif bangun dengan satu titik hilang.
·
Menggambar garis horizon pada bidang gambar.
·
Membuat dua titik hilang pada garis horizon.
·
Menggambar perspektif bangun majemuk dengan dua titik hilang.
·
Menjelaskan pengertian istilah grid
dalam kegiatan memperbesar gambar.
·
Menjelaskan cara kerja grid
dalam pembesaran gambar.
·
Memperbesar gambar (foto atau peta) dengan bantuan grid.
·
Menjelaskan pengertian menggambar ilustrasi
·
Menganalisis penekanan gambar ilustrasi adalah pada fungsi
menerangkan.
·
Menggambar ilustrasi untuk mata pelajaran tertentu.
·
Menjelaskan pengertian melukis suasana.
·
Menyebutkan contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan waktu.
·
Menganalisis contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan
peristiwa.
·
Menganilisis contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan tempat
tertentu.
·
Melukis suasana lingkungan sekolah.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta didik mampu memahami pengertian menggambar perspektif
dengan satu titik hilang.
·
Menjelaskan hukum perspektif.
·
Menentukan dan menggambar garis horizon beserta satu titik hilang.
·
Menggambar perspektif bangun dengan satu titik hilang.
·
Peserta didik mampu menggambar garis horizon pada
bidang gambar.
·
Peserta didik mampu membuat dua titik hilang pada
garis horizon.
·
Peserta didik mampu menggambar perspektif bangun
majemuk dengan dua titik hilang.
·
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian istilah grid dalam kegiatan memperbesar gambar.
·
Peserta didik mampu menjelaskan cara kerja grid dalam pembesaran gambar.
·
Peserta didik mampu memperbesar gambar (foto atau
peta) dengan bantuan grid.
·
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian menggambar
ilustrasi
·
Peserta didik mampu menganalisis penekanan gambar
ilustrasi adalah pada fungsi menerangkan.
·
Peserta didik mampu menggambar ilustrasi untuk mata
pelajaran tertentu.
·
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian melukis suasana.
·
Peserta didik mampu menyebutkan contoh lukisan suasana
yang berkaitan dengan waktu.
·
Peserta didik mampu menganalisis contoh lukisan
suasana yang berkaitan dengan peristiwa.
·
Peserta didik mampu menganilisis contoh lukisan
suasana yang berkaitan dengan tempat tertentu.
·
Peserta didik mampu mMelukis suasana lingkungan
sekolah.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
Dalam pembahsan unit 1 Berisi
kegiatan-kegiatan pembelajaran tentang pengungkapan ide/gagasan, perasaan,
pengalaman menggunakan alat dan medium seni rupa.
·
kegiatan menggambar perspektif dengan satu titik hilang sebagai
pengenalan aspek ruang dalam gambar.
·
kegiatan menggambar perspektif dengan dua titik hilang, merupakan
pendalaman materi perspektif satu titik hilang.
·
menggambar dengan Grid merupakan kegiatan keterampilan menggambar
menggunakan skala.
·
kegiatan menggambar ilustrasi merupakan kegiatan membuat gambar
yang berfungsi menjelaskan atau menerangkan suatu teks, kejadian, naskah, dan
lain-lain.
·
kegiatan melukis suasana, yaitu kegiatan yang memberi pengalaman
siswa untuk menuangkan ide/gagasan dalam karya seni rupa dua dimensi tentang
suatu objek kondisi/peristiwa di sekitarnya dengan media yang dipilihnya
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
·
Apakah
kalian melihat ada kesan garis di kejauhan sana, garis apakah itu?
·
Apakah
garis itu nyata ada?
·
Apa yang
menyebabkan munculnya kesan garis cakrawala?
·
Mengapa
benda-benda yang jauh itu terlihat lebih kecil dari yang letaknya dekat dengan
kita?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !