Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA SENI RUPA SMP KELAS VIII (8)

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA SENI RUPA SMP KELAS VIII (8)

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833

PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2

 


MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

INFORMASI UMUM

 

IDENTITAS MODUL

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

2 x 2 JP

Mata Pelajaran

:

Seni Budaya (Rupa)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Mengalami dan Menciptakan

 

KOMPETENSI AWAL

·         Memahami pengertian menggambar perspektif dengan satu titik hilang.

·         Menjelaskan hukum perspektif.

·         Menentukan dan menggambar garis horizon beserta satu titik hilang.

·         Menggambar perspektif bangun dengan satu titik hilang.

·         Menggambar garis horizon pada bidang gambar.

·         Membuat dua titik hilang pada garis horizon.

·         Menggambar perspektif bangun majemuk dengan dua titik hilang.

·         Menjelaskan pengertian istilah grid dalam kegiatan memperbesar gambar.

·         Menjelaskan cara kerja grid dalam pembesaran gambar.

·         Memperbesar gambar (foto atau peta) dengan bantuan grid.

·         Menjelaskan pengertian menggambar ilustrasi

·         Menganalisis penekanan gambar ilustrasi adalah pada fungsi menerangkan.

·         Menggambar ilustrasi untuk mata pelajaran tertentu.

·         Menjelaskan pengertian melukis suasana.

·         Menyebutkan contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan waktu.

·         Menganalisis contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan peristiwa.

·         Menganilisis contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan tempat tertentu.

·         Melukis suasana lingkungan sekolah.

 

SARANA DAN PRASARANA

 

1.

Gawai

4.

Buku Teks

7.

Handout materi

2.

Laptop/Komputer PC

5.

Papan tulis/White Board

8.

Infokus/Proyektor/Pointer

3.

Akses Internet ilmuguru.org

6.

Lembar kerja

9.

Referensi lain yang

 

MODEL PEMBELAJARAN

             Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

TARGET PESERTA DIDIK

 

1.       Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.       Bergotong royong

 

 

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

KOMPETENSI INTI

 

I.               TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Peserta didik mampu memahami pengertian menggambar perspektif dengan satu titik hilang.

·         Menjelaskan hukum perspektif.

·         Menentukan dan menggambar garis horizon beserta satu titik hilang.

·         Menggambar perspektif bangun dengan satu titik hilang.

·         Peserta didik mampu menggambar garis horizon pada bidang gambar.

·         Peserta didik mampu membuat dua titik hilang pada garis horizon.

·         Peserta didik mampu menggambar perspektif bangun majemuk dengan dua titik hilang.

·         Peserta didik mampu menjelaskan pengertian istilah grid dalam kegiatan memperbesar gambar.

·         Peserta didik mampu menjelaskan cara kerja grid dalam pembesaran gambar.

·         Peserta didik mampu memperbesar gambar (foto atau peta) dengan bantuan grid.

·         Peserta didik mampu menjelaskan pengertian menggambar ilustrasi

·         Peserta didik mampu menganalisis penekanan gambar ilustrasi adalah pada fungsi menerangkan.

·         Peserta didik mampu menggambar ilustrasi untuk mata pelajaran tertentu.

·         Peserta didik mampu menjelaskan pengertian melukis suasana.

·         Peserta didik mampu menyebutkan contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan waktu.

·         Peserta didik mampu menganalisis contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan peristiwa.

·         Peserta didik mampu menganilisis contoh lukisan suasana yang berkaitan dengan tempat tertentu.

·         Peserta didik mampu mMelukis suasana lingkungan sekolah.

 

II.             PEMAHAMAN BERMAKNA

Dalam pembahsan unit 1 Berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran tentang pengungkapan ide/gagasan, perasaan, pengalaman menggunakan alat dan medium seni rupa.

·         kegiatan menggambar perspektif dengan satu titik hilang sebagai pengenalan aspek ruang dalam gambar.

·         kegiatan menggambar perspektif dengan dua titik hilang, merupakan pendalaman materi perspektif satu titik hilang.

·         menggambar dengan Grid merupakan kegiatan keterampilan menggambar menggunakan skala.

·         kegiatan menggambar ilustrasi merupakan kegiatan membuat gambar yang berfungsi menjelaskan atau menerangkan suatu teks, kejadian, naskah, dan lain-lain.

·         kegiatan melukis suasana, yaitu kegiatan yang memberi pengalaman siswa untuk menuangkan ide/gagasan dalam karya seni rupa dua dimensi tentang suatu objek kondisi/peristiwa di sekitarnya dengan media yang dipilihnya

 

III.          PERTANYAAN PEMANTIK

·         Apakah kalian melihat ada kesan garis di kejauhan sana, garis apakah itu?

·         Apakah garis itu nyata ada?

·         Apa yang menyebabkan munculnya kesan garis cakrawala?

·         Mengapa benda-benda yang jauh itu terlihat lebih kecil dari yang letaknya dekat dengan kita?

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template