BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
16 JP (4 x Pertemuan) |
Mata Pelajaran |
: |
Seni Budaya
(Musik) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Mengalami, Menciptakan,
Merefleksikan, Berpikir Dan Bekerja Artistik, Berdampak |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Meninjau, mengumpulkan, dan merekam pengalaman dari beragam
praktik bermusik di industri musik saat ini, khususnya kompetisi bernyanyi
seperti Indonesian Idol, Dangdut Academy, The Voice Indonesia dan lain
sebagainya yang memiliki tingkat popularitas dan minat yang tinggi dikalangan
remaja dan usia peserta didik saat ini.
·
Menggali proses yang harus dilalui untuk menjalani kompetisi
bernyanyi dan mengidentifikasikan hal yang harus dilakukan agar berhasil dalam
lomba.
·
Mampu menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi/ musik
dan konteks sederhana dari sajian musik seperti: Nada, tempo, teknik vokal yang
benar, genre musik, lirik lagu, dan lain sebagainya.
·
Berlatih teknik vokal yang benar secara bertahap, sejak dari
persiapan, saat maupun usai berpraktik musik.
·
Memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik.
·
Mampu menerapkan hasil latihan teknik vokal pada berbagai jenis
genre dan gaya musik yang diketahuinya.
·
Berlatih teknik vokal yang benar secara bertahap, sejak dari
persiapan, saat maupun usai berpraktik musik.
·
Memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik.
·
Mampu menerapkan hasil latihan teknik vokal pada berbagai jenis
genre dan gaya musik yang diketahuinya.
·
Menghargai dan mencintai keanekaragaman lagu-lagu daerah, Nasional
dan lagu popular.
·
Berlatih teknik vokal yang benar secara bertahap, sejak dari
persiapan, saat maupun usai berpraktik musik
·
Memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik
·
Mampu menerapkan hasil latihan teknik vokal pada berbagai jenis
genre dan style musik yang diketahuinya
·
Menghargai dan mencintai keanekaragaman genre musik yang ada
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong, Berkebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, dan Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta
didik meninjau, mengumpulkan, dan merekam pengalaman dari beragam praktik bermusik
di industri musik saat ini, khususnya kompetisi bernyanyi seperti Indonesian
Idol, Dangdut Academy, The Voice Indonesia dan lain sebagainya yang memiliki
tingkat popularitas dan minat yang tinggi dikalangan remaja dan usia peserta
didik saat ini.
·
Peserta
didik menggali proses yang harus dilalui untuk menjalani kompetisi bernyanyi
dan mengidentifikasikan hal yang harus dilakukan agar berhasil dalam lomba.
·
Peserta
didik mampu menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi/ musik dan
konteks sederhana dari sajian musik seperti: Nada, tempo, teknik vokal yang
benar, genre musik, lirik lagu, dan lain sebagainya.
·
Peserta
didik berlatih teknik vokal yang benar secara bertahap, sejak dari persiapan,
saat maupun usai berpraktik musik.
·
Peserta
didik memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik.
·
Peserta
didik mampu menerapkan hasil latihan teknik vokal pada berbagai jenis genre dan
gaya musik yang diketahuinya.
·
Peserta
didik berlatih teknik vokal yang benar secara bertahap, sejak dari persiapan,
saat maupun usai berpraktik musik.
·
Peserta
didik memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik.
·
Peserta
didik mampu menerapkan hasil latihan teknik vokal pada berbagai jenis genre dan
gaya musik yang diketahuinya.
·
Peserta
didik menghargai dan mencintai keanekaragaman lagu-lagu daerah, Nasional dan
lagu popular.
·
Peserta
didik berlatih teknik vokal yang benar secara bertahap, sejak dari persiapan,
saat maupun usai berpraktik musik
·
Peserta
didik memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik
·
Peserta
didik mampu menerapkan hasil latihan teknik vokal pada berbagai jenis genre dan
style musik yang diketahuinya.
·
Peserta
didik menghargai dan mencintai keanekaragaman genre musik yang ada.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu
mengamati, mengumpulkan, dan merekam pengalaman dari beragam praktik bermusik
di industri musik saat ini, khususnya kompetisi bernyanyi yang ada di tanah air
maupun di mancanegara melalui televise juga media sosial. Hal ini diharapkan
dapat memberikan inspirasi, motivasi dan kesadaran bagi para peserta didik
pentingnya memiliki dan mengasah salah satu talenta dalam hal berkesenian yaitu
bernyanyi solo.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran
·
Apa
Bernya Solo itu?
·
Bagaimana
cara berlatih teknik vokal?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !