BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
10 JP (5
x Pertemuan) |
Mata Pelajaran |
: |
Seni Budaya
(Rupa) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Mengalami, Menciptakan,
Merefleksikan, Berpikir dan Bekerja Artistik, Berdampak |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Menggunakan pensil untuk membuat garis tebal, tipis, lurus,
lengkung.
·
Menggunakan pewarna untuk menciptakan komposisi warna yang menarik
(berdampak bagi dirinya).
·
Menggambarkan komposisi benda sesuai dengan proporsinya
menggunakan alat bantu gambar (grid).
·
Menggunakan pensil untuk menciptakan arsir yang menunjukkan
volume.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong, Berkebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, dan Kreatif |
|
|
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada
kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta didik mampu Menggunakan pensil untuk
membuat garis tebal, tipis, lurus, lengkung.
·
Peserta didik mampu Menggunakan pewarna untuk
menciptakan komposisi warna yang menarik (berdampak bagi dirinya).
·
Peserta didik mampu Menggambarkan komposisi
benda sesuai dengan proporsinya menggunakan alat bantu gambar (grid).
·
Peserta didik mampu Menggunakan pensil untuk
menciptakan arsir yang menunjukkan volume.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu membuat komposisi gambar menggunakan bentuk-bentuk
geometris sederhana.
·
Mampu meningkatkan kepekaan mereka terhadap
keseimbangan dan kesatuan dalam gambar.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran
·
Apa
itu menggambar?
·
Apa
yang kamu ketahui tentang teknik menggambar?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !