BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Alokasi Waktu |
: |
4 x 40 Menit |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Tahun Penyusunan |
: |
2023 |
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Fase |
: |
D |
Mata Pelajaran |
: |
Seni
Budaya (Musik) |
Elemen Mapel |
: |
Mengalami |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Mengenal dan memberikan apresiasi terhadap keanekaragaman budaya
dan musik daerah di Indonesia.
·
Menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi/musik, dan
konteks sederhana dari sajian musik seperti: nada, tempo, teknik vokal yang
benar, lirik, dan makna lagu.
·
Berlatih untuk berpikir kritis terhadap musik dan lagu daerah baik
secara musikal maupun non musikal.
·
Berlatih teknik vokal yang baik secara bertahap dalam membawakan
lagu-lagu daerah baik dalam bentuk bernyanyi solo maupun vokal group serta
memiliki kebiasaan baik dan rutin ketika berpraktik musik.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta didik mampu mengenal dan memberikan apresiasi terhadap
keanekaragaman budaya dan musik daerah di Indonesia.
·
Peserta didik mampu menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur
bunyi/musik, dan konteks sederhana dari sajian musik seperti: nada, tempo,
teknik vokal yang benar, lirik, dan makna lagu.
·
Peserta didik mampu berlatih untuk berpikir kritis terhadap musik
dan lagu daerah baik secara musikal maupun non musikal.
·
Peserta didik mampu berlatih teknik vokal yang baik secara bertahap
dalam membawakan lagu-lagu daerah baik dalam bentuk bernyanyi solo maupun vokal
group serta memiliki kebiasaan baik dan rutin ketika berpraktik musik.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
Dalam
pemebelajaran unit 1 dengan judul Lukisan Tanah Airku dengan tema Apresiasi
Terhadap Keragaman Lagu Daerah, terdiri dari 4 kegiatan pembelajaran (KB) yakni
Lukisan Indonesia, Ragam Lagu dan Karya Musik Daerah, Gaya dan Teknik Bernyanyi
Lagu Daerah, serta Bernyanyi Bersama Lagu Daerah.
Tahapan pembelajaran unit 1 yaitu:
1.
Aktivitas yang dilakukan pada kegiatan belajar 1 adalah kegiatan
mengapresiasi terhadap lagu "Lukisan Indonesia", baik menyangkut
unsur musikalitas (nada, tempo, warna nada, melodi, dinamika, dan harmoni),
maupun non musikalitas (bahasa dan kostum) ditengah perkembangan musik dunia
yang begitu pesatnya.
2.
Aktivitas yang dilakukan pada kegiatan belajar 2 adalah mengenal
lebih jauh mengenai bentuk, fungsi dan ciri khas lagu daerah.
3.
Aktivitas yang dilakukan pada kegiatan belajar 3 adalah menghargai
dan mencintai keanekaragaman lagu-lagu daerah Indonesia, mengenal dan memahami
gaya dan teknik lagu daerah yang benar secara bertahap.
4.
Aktivitas yang dilakukan pada kegiatan belajar 4 adalah
menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia secara bersama sama dan mengekpresikan lagu
sesuai dengan makna lagu, menghargai dan mencintai keanekaragaman lagu-lagu
daerah dan, memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berlatih olah vokal.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
·
Bagaimana cara kita meng apresiasi terhadap keanekaragaman budaya dan
musik daerah di Indonesia?
·
Apa yang dimaksud dengan musik tradisional?
·
Apa saja fungsi dan ciri khas lagu daerah?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !