Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (REKAYASA) SMP KELAS VIII (8)

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA (REKAYASA) SMP KELAS VIII (8)

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833


PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Penyusun

:

 

Kelas / Semester

:

VIII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 JP x 40 Menit

Mata Pelajaran

:

Prakarya (Rekayasa)

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi

 

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan (10 Menit)

1.

Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan posisi, dan tempat duduk peserta didik.

2.

Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.

3.

Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pemebelajaran

4.

Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan pembelajaran

5.

Guru melakukan apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal penting yang mereka ingat dari objek yang menarik.

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dikembangkan dengan cara sebagai berikut.

·         Peserta didik yang didampingi guru mengenali potensi wilayah setempat dan atau kearifan lokal terkait rangkaian lampu penerangan rumah sederhana dengan mengidentiikasi permasalahan di lingkungan sekitar atau tempat produksi. Tabel 1.2 kegiatan pembelajaran observasi berikut dapat digunakan untuk kegiatan observasi yang dilakukan oleh peserta didik.

·         Peserta didik diarahkan guru untuk berlatih membuat pilihan komponen yang digunakan pada rencana pembuatan rangkaian lampu penerangan. Peserta didik memahami fungsi masing-masing komponen dalam pembuatan rangkaian lampu penerangan

·         Peserta didik didampingi guru menunjukkan karakteristik bahan, alat, dan teknik prosedur pembuatan rangkaian lampu penerangan. Sumber listrik yang digunakan dipelajari peserta didik dan gambar rangkaian listrik sebagai panduan dalam pemasangan lampu yang dibuat.

Penutup (10 Menit)

1.

Peserta didik yang difasilitasi guru mengenali potensi wilayah setempat terkait pengembangan lampu penerangan untuk kebutuhan rumah tinggal dan aktivitas masyarakat setempat pada umumnya. Peserta didik telah mengidentiikasi sumber listrik yang digunakan untuk menghindari bahaya yang mungkin timbul.

2.

Peserta didik yang didampingi guru menceritakan kembali rencana pembuatan proyek dengan membuat gambar sketsa sederhana.

3.

Peserta didik yang didampingi guru menjelaskan karakteristik komponen dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan proyek yang telah dipilih.

4.

Peserta didik yang didampingi guru memahami fungsi dari karya yang dibuat dengan mewujudkannya dalam bentuk gambar sketsa, menceritakan, atau melalui deskripsi singkat.

 

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template