BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM MERDEKA
Nama Penyusun |
: |
|
Kelas / Semester |
: |
VIII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
18 JP x 40 Menit |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya (Rekayasa) |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi
dan eksplorasi, Desain/perencanaan, Produksi, Releksi dan evaluasi |
Pertemuan Ke-1 |
||
Pendahuluan
(10 Menit) |
||
1. |
Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan
kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan
posisi, dan tempat duduk peserta didik. |
|
2. |
Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar
proses pembelajaran berlangsung menyenangkan. |
|
3. |
Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses
pemebelajaran |
|
4. |
Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan
pembelajaran |
|
5. |
Guru melakukan apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat
objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal
penting yang mereka ingat dari objek yang menarik. |
|
|
||
Kegiatan Inti (90 Menit) |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran dikembangkan dengan cara sebagai berikut. ·
Peserta
didik yang didampingi guru mengenali potensi wilayah setempat dan atau
kearifan lokal terkait rangkaian lampu penerangan rumah sederhana dengan
mengidentiikasi permasalahan di lingkungan sekitar atau tempat produksi.
Tabel 1.2 kegiatan pembelajaran observasi berikut dapat digunakan untuk
kegiatan observasi yang dilakukan oleh peserta didik. ·
Peserta
didik diarahkan guru untuk berlatih membuat pilihan komponen yang digunakan
pada rencana pembuatan rangkaian lampu penerangan. Peserta didik memahami
fungsi masing-masing komponen dalam pembuatan rangkaian lampu penerangan ·
Peserta
didik didampingi guru menunjukkan karakteristik bahan, alat, dan teknik
prosedur pembuatan rangkaian lampu penerangan. Sumber listrik yang digunakan
dipelajari peserta didik dan gambar rangkaian listrik sebagai panduan dalam
pemasangan lampu yang dibuat. |
|
Penutup (10 Menit) |
||
1. |
Peserta didik yang difasilitasi guru
mengenali potensi wilayah setempat terkait pengembangan lampu penerangan
untuk kebutuhan rumah tinggal dan aktivitas masyarakat setempat pada umumnya.
Peserta didik telah mengidentiikasi sumber listrik yang digunakan untuk
menghindari bahaya yang mungkin timbul. |
|
2. |
Peserta didik yang didampingi guru
menceritakan kembali rencana pembuatan proyek dengan membuat gambar sketsa
sederhana. |
|
3. |
Peserta didik yang didampingi guru
menjelaskan karakteristik komponen dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan
proyek yang telah dipilih. |
|
4. |
Peserta didik yang didampingi guru memahami
fungsi dari karya yang dibuat dengan mewujudkannya dalam bentuk gambar
sketsa, menceritakan, atau melalui deskripsi singkat. |
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !