BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
|
Alokasi Waktu |
: |
18 JP (6 x Pertemuan) |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Tahun Penyusunan |
: |
2022 |
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Fase |
: |
D |
Mata Pelajaran |
: |
Pendidikan Agama Islam |
Elemen Mapel |
: |
Al-Qur’an dan Hadist |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Melalui pembelajaran tutor sebaya, peserta didik dapat membaca Q.S
anNisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah ilmu tajwid, khususnya hukum
bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah.
·
Melalui pembelajaran praktik, peserta didik dapat menghafal Q.S
anNisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah tajwid.
·
Melalui pembelajaran inquiry, peserta didik dapat menjelaskan
kandungan Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 tentang kedudukan hadis terhadap
Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku semangat dalam
mengamalkan Al-Qur’an dan hadis.
·
Melalui pembelajaran berbasis produk, peserta didik membuat karya
berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple
Mind Lite.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong 3.
Berkebinekaan
global 4.
Mandiri
5.
Bernalar
kritis, dan 6.
Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta
didik dapat membaca Q.S anNisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah ilmu
tajwid, khususnya hukum bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah.
·
Peserta
didik dapat menghafal Q.S anNisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah
tajwid.
·
Peserta
didik dapat menjelaskan kandungan Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 tentang
kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan
perilaku semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis.
·
Peserta
didik membuat karya berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas
Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu
memahami Al-Qur’an, Hadis, dan Kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an.
·
Mampu
memahami Hukum bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah.
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran
·
Bagaimana
membaca Al-qur’an sesuai kaidah Tajwid?
·
Apa pentingny
membaca al-qur’an sesuai kaidah Tajwid?
·
Apa hokum bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām
qamariyyah?
·
Apa itu
Al-Qur’an dan Sunah?
·
Apakah Kalian
hafal Q.S anNisā/4: 59 dan Q.S.
an-Naḥl/16: 64?
·
Apakah kalian
mengetahui arti setiap lafal pada Q.S
anNisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !