Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA KERAJINAN SMP KELAS 7

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PRAKARYA KERAJINAN SMP KELAS 7

 BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833

PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 -

 


MODUL AJAR

KURIKULUM MERDEKA

 

INFORMASI UMUM

 

IDENTITAS MODUL

 

Nama Penyusun

:

-

Kelas / Semester

:

VII/Ganjil

Satuan Pendidikan

:

SMP Negeri

Alokasi Waktu

:

18 JP (6 x Pertemuan)

Mata Pelajaran

:

Prakarya Kerajinan

Fase

:

D

Elemen Mapel

:

Observasi dan Eksplorasi, Desain/Perencanaan, Produksi, dan Refleksi dan Evaluasi.

 

KOMPETENSI AWAL

·         Menunjukkan berbagai produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasannya berdasarkan karakteristik bentuk, bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan. Sementara cara pemasarannya berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal.

·         Menganalisis produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasan yang dibuat berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal untuk menentukan produk kerajinan yang dimodifikasi, bernilai praktis, ekonomis, dan bernilai budaya.

·         Merancang produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasannya berdasarkan pilihan bentuk, bahan, alat, teknik, prosedur pembuatan secara ergonomis dan berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dalam bentuk gambar sketsa.

·         Merencanakan promosi berdasarkan produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasannya dari hasil rancangan yang telah dibuat.

·         Membuat produk kerajinan bahan alam lunak berdasarkan hasil rancangan.

·         Membuat displai atau kemasan yang menarik produk kerajinan bahan alam lunak berdasarkan hasil rancangan.

·         Mempromosikan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah didisplai atau dikemas.

·         Merefleksikan proses kerja dari mulai kegiatan eksplorasi hingga pembuatan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah dibuat.

·         Mengevaluasi praktik promosi yang telah dilakukan secara kelompok dan hasil praktik teman kelompok lainnya yang bernilai ekonomis berdasarkan potensi lingkungan dan/atau kearifan lokal.

 

SARANA DAN PRASARANA

 

1.

Gawai

4.

Buku Teks

7.

Handout materi

2.

Laptop/Komputer PC

5.

Papan tulis/White Board

8.

Infokus/Proyektor/Pointer

3.

Akses Internet ilmuguru.org

6.

Lembar kerja

9.

Referensi lain yang

 

MODEL PEMBELAJARAN

             Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

TARGET PESERTA DIDIK

 

1.       Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

2.       Bergotong royong, Berkebinekaan global, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif

 

 

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 


 

KOMPETENSI INTI

 

I.               TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Peserta didik menunjukkan berbagai produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasannya berdasarkan karakteristik bentuk, bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan. Sementara cara pemasarannya berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal.

·         Peserta didik menganalisis produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasan yang dibuat berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal untuk menentukan produk kerajinan yang dimodifikasi, bernilai praktis, ekonomis, dan bernilai budaya.

·         Peserta didik mampu Merancang produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasannya berdasarkan pilihan bentuk, bahan, alat, teknik, prosedur pembuatan secara ergonomis dan berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dalam bentuk gambar sketsa.

·         Peserta didik mampu Merencanakan promosi berdasarkan produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau kemasannya dari hasil rancangan yang telah dibuat.

·         Peserta didik mampu Membuat produk kerajinan bahan alam lunak berdasarkan hasil rancangan.

·         Peserta didik mampu Membuat displai atau kemasan yang menarik produk kerajinan bahan alam lunak berdasarkan hasil rancangan.

·         Peserta didik mampu Mempromosikan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah didisplai atau dikemas.

·         Peserta didik mampu Merefleksikan proses kerja dari mulai kegiatan eksplorasi hingga pembuatan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah dibuat.

·         Peserta didik mampu Mengevaluasi praktik promosi yang telah dilakukan secara kelompok dan hasil praktik teman kelompok lainnya yang bernilai ekonomis berdasarkan potensi lingkungan dan/atau kearifan lokal.

 

II.             PEMAHAMAN BERMAKNA

·         Mampu mencari Tahu Bahan Alam Lunak

·         Mampu membuat Desain Produk Kerajinan Bahan Alam Lunak

·         Mampu Membuat Kerajinan Bahan Alam Lunak

·         Mampu merefleksi dan Evaluasi Produk Kerajinan bahan Alam Lunak

 

III.          PERTANYAAN PEMANTIK

1.             Pertanyaan Pemantik Pembelajaran

·         Apa yang membuat orang suka pada produk kerajinan bahan alam lunak?

 

 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template