BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
PEMERINTAH
KABUPATEN LEBAK
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2
-
MODUL AJAR
KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI UMUM |
|
IDENTITAS MODUL |
Nama Penyusun |
: |
- |
Kelas / Semester |
: |
VII/Ganjil |
Satuan Pendidikan |
: |
SMP Negeri |
Alokasi Waktu |
: |
18 JP (6 x Pertemuan) |
Mata Pelajaran |
: |
Prakarya
Kerajinan |
Fase |
: |
D |
Elemen Mapel |
: |
Observasi dan Eksplorasi,
Desain/Perencanaan, Produksi, dan Refleksi dan Evaluasi. |
|
KOMPETENSI AWAL |
·
Menunjukkan berbagai produk kerajinan bahan alam lunak beserta
displai atau kemasannya berdasarkan karakteristik bentuk, bahan, alat, teknik,
dan prosedur pembuatan. Sementara cara pemasarannya berdasarkan potensi
lingkungan/kearifan lokal.
·
Menganalisis produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai
atau kemasan yang dibuat berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal untuk
menentukan produk kerajinan yang dimodifikasi, bernilai praktis, ekonomis, dan
bernilai budaya.
·
Merancang produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau
kemasannya berdasarkan pilihan bentuk, bahan, alat, teknik, prosedur pembuatan
secara ergonomis dan berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dalam bentuk
gambar sketsa.
·
Merencanakan promosi berdasarkan produk kerajinan bahan alam lunak
beserta displai atau kemasannya dari hasil rancangan yang telah dibuat.
·
Membuat produk kerajinan bahan alam lunak berdasarkan hasil
rancangan.
·
Membuat displai atau kemasan yang menarik produk kerajinan bahan
alam lunak berdasarkan hasil rancangan.
·
Mempromosikan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah
didisplai atau dikemas.
·
Merefleksikan proses kerja dari mulai kegiatan eksplorasi hingga
pembuatan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah dibuat.
·
Mengevaluasi praktik promosi yang telah dilakukan secara kelompok
dan hasil praktik teman kelompok lainnya yang bernilai ekonomis berdasarkan
potensi lingkungan dan/atau kearifan lokal.
|
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Gawai |
4. |
Buku Teks |
7. |
Handout materi |
2. |
Laptop/Komputer PC |
5. |
Papan tulis/White Board |
8. |
Infokus/Proyektor/Pointer |
3. |
Akses Internet ilmuguru.org |
6. |
Lembar kerja |
9. |
Referensi lain
yang |
|
MODEL PEMBELAJARAN |
Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi
|
PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
TARGET PESERTA DIDIK |
|
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa 2.
Bergotong royong, Berkebinekaan global, Mandiri, Bernalar
kritis dan Kreatif |
|
|
Peserta
didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar. |
KOMPETENSI INTI |
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Peserta
didik menunjukkan berbagai produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai
atau kemasannya berdasarkan karakteristik bentuk, bahan, alat, teknik, dan
prosedur pembuatan. Sementara cara pemasarannya berdasarkan potensi
lingkungan/kearifan lokal.
·
Peserta
didik menganalisis produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau
kemasan yang dibuat berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal untuk
menentukan produk kerajinan yang dimodifikasi, bernilai praktis, ekonomis, dan
bernilai budaya.
·
Peserta
didik mampu Merancang produk kerajinan bahan alam lunak beserta displai atau
kemasannya berdasarkan pilihan bentuk, bahan, alat, teknik, prosedur pembuatan
secara ergonomis dan berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dalam bentuk
gambar sketsa.
·
Peserta
didik mampu Merencanakan promosi berdasarkan produk kerajinan bahan alam lunak
beserta displai atau kemasannya dari hasil rancangan yang telah dibuat.
·
Peserta
didik mampu Membuat produk kerajinan bahan alam lunak berdasarkan hasil
rancangan.
·
Peserta
didik mampu Membuat displai atau kemasan yang menarik produk kerajinan bahan
alam lunak berdasarkan hasil rancangan.
·
Peserta
didik mampu Mempromosikan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah
didisplai atau dikemas.
·
Peserta
didik mampu Merefleksikan proses kerja dari mulai kegiatan eksplorasi hingga
pembuatan produk kerajinan bahan alam lunak yang telah dibuat.
·
Peserta
didik mampu Mengevaluasi praktik promosi yang telah dilakukan secara kelompok
dan hasil praktik teman kelompok lainnya yang bernilai ekonomis berdasarkan
potensi lingkungan dan/atau kearifan lokal.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
·
Mampu
mencari Tahu Bahan Alam Lunak
·
Mampu
membuat Desain Produk Kerajinan Bahan Alam Lunak
·
Mampu
Membuat Kerajinan Bahan Alam Lunak
·
Mampu
merefleksi dan Evaluasi Produk Kerajinan bahan Alam Lunak
III.
PERTANYAAN PEMANTIK |
1.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran
·
Apa yang
membuat orang suka pada produk kerajinan bahan alam lunak?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !