Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » makalah pengenalan beberapa media pembelajaran

makalah pengenalan beberapa media pembelajaran



BAB I
PENDAHULUAN

Dalam perkembangan, media  pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi yang paling tua dimanfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang bekerja atas dasar prinsip mekanis. Kemudian lahir teknologi audio-visual yang menggabungkan penemuan mekanis dan elektronis untuk tujuan pembelajaran. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi mikroproseso yang melahirkan pemakaian komputer dan kegiatan ineraktif (Seels & Richey, 1994). Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu, media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio-visual, media hasil teknologi yang berdasarkan komputer, media hasil gabungan teknologi cetak, media, dan komputer. Teknologi adalah alat yang mampu mempercepat proses kerja manusia dengan bantuan sebuah alat peraga yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Kami akan mengenalkan beberapa media pembelajaran, dan ciri-cirinya.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Jenis Media Pembelajaran
            Media pembelajaran memiliki beberapa jenis, diantaranya teknologi cetak, teknologi audio visual, teknologi berbasis komputer, teknologi gabungan. Kemp & Dayton  (1985) mengelompokkan media pembelajaran kedalam delapan jenis, yaitu, media cetakan, media pajang, proyektor transparansi, rekaman audio tape, slide, film dan video, televisi, penyajian multi-image, dan komputer.[1] Dengan beberapa jenis media pembelajaran tersebut, pengajar dapat menggunakan yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Beberapa jenis media pembelajaran tersebut, mempunyai keunggulan dan kelemahan.

B.     Pengertian dan Ciri dari Beberapa Media Pembelajaran
1.      Teknologi Cetak
            Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan meteri, seperti buku dan materi visual statis, terutama melalui proses percetakan mekanis atau fotografis. Kelompok media hasil teknologi cetak meliputi teks, grafik, foto atau representasi fotografik dan reproduksi. Ciri-ciri teknologi cetak yaitu, teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang, baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif, teks dan visual ditampilkan statis (diam), baik teks maupun visual berorientasi pada siswa.
2.      Teknologi Audio-Visual
            Teknologi audio-visual yaitu, produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran dan tidak tergantung pada pemahaman kata atau symbol-simbol yang serupa. Ciri-ciri utama teknologi media audio-visual adalah, biasanya bersifat linear, biasanya menyajikan visual yang dinamis, digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebalumnya oleh pembuat, berorientasi pada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murit yang rendah.
3.      Teknologi Berbasis Komputer
            Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro-prosesor. Beberapa ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis komputer adalah, dapat digunakan secara acak, non-sekuensi, atau secara acak, dapat digunakan berdasarkan keinginan, biasanya gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata, symbol, dan grafik, prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini, pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi.
4.      Teknologi Gabungan
            Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk  media yang dikendalikan oleh komputer. Ciri-ciri utamanya yaitu, dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear, dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bahan-bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa, bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.
            Sedangkan menurut Kemp & Dayton ada delapan yaitu, media cetak, media pajang, transparansi proyektor, rekaman audio tape, slide, film, televise, dan komputer.[2]
1.      Media Cetakan
            Media cetakan meliputi bahan-bahan yang disiapkan diatas kertas untuk pengajar dan informasi. Di samping buku teks dan buku ajar, termasuk pula lembaran penuntun berupa daftar cek tentang langkah-langkah yang harus diikuti ketika mengoperasikan suatu peralatan. Lembaran ini berisi gambar atau foto disamping teks penjelasan. Beberapa kelebihan media cetak adalah, siswa dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing, di samping dapat mengulangi materi dalam media cetak, siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis, perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak sudah merupakan hal lumrah, dan ini dapat menambah daya tarik, serta dapat memperlancar pemahaman informasi yang disajikan dalam dua format, verbal dan visual. Dan keterbatasan dari media cetak yaitu, sulit menampilkan gerak dalam halaman media cetak, biaya percetakan akan lebih mahal apabila ingin menampilkan ilustrasi, gambar, atau foto yang berwarna, proses pencetakan media seringkali memakan waktu beberapa hari sampai berbulan-bulan, tergantung pada peralatan percetakan dan kerumitan informasi pada halaman cetak, jika tidak dirawat dengan baik, media cetakan cepat rusak atau hilang.
2.      Media Pajang
            Media pajang pada umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi didepan kelompok kecil. Media ini meliputi papan tulis, papan magnet, papan kain, papan buletin, dan, pameran. Media pajang yang paling sederhana dan hampir tersedia adalah papan tulis. Kelebihan media ini adalah, bermanfaat di ruang manapun tanpa harus ada penyesuaian khusus, mudah dipersiapkan dan materinya mudah digunakan, fasilitas papan tulis atau  white board selalu tersedia di ruang-ruang kelas. Dan keterbatasannya adalah, terbatas penggunaannya pada kelompok kecil, memerlukan keahlian khusus dari penyajinya (apalagi jika memerlukan penjelasan verbal), mungkin tidak dianggap penting jika dibandingkan media-media yang diproyeksikan.
3.      Proyektor Transparan (OHP)
            Transparansi yang diproyeksikan adalah visual baik berupa huruf, lambang gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastic yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar dinding melalui sebuah proyektor. Kelebihan OHP adalah, dapat menjangkau kelompok yang besar, guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan kelas, memiliki kemampuan untuk menampilkan warna, dapat disimpan dan digunakan berulang kali. Keterbatasannya yaitu, fasulitas OHP harus tersedia, listrik pada ruang harus tersedia, harus memiliki tehnik khusus untuk pengaturan urutan baik dalam penyajian maupun penyimpanan.
4.      Rekaman Audio Tape
            Rekaman audio tape adalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau jenis informasi tertentu. Rekaman dapat disiapkan untuk sekelompok siswa , dan sekarang ini sudah lumrah rekaman dipersiapkan untuk menggunakan perorangan. Keuntungannya yaitu, rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat berada di beberapa tempat pada waktu bersamaan, merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian, atau rekaman pekerjaan siswa sendiri dengan media audio, pengoperasian radio tape/ tape recorder relafif mudah. Keterbatasan dari rekaman audio tape adalah dalam suatu rekaman sulit menentukan lokasi suatu pesan atau informasi, kecepatan merekam dan pengaturan trek yang bermacam-macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya.
5.      Slide
            Slide adalah suatu film transparansi yang berukuran 35mm dengan bingkai 2x2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton atau plastic. Film bingkai diproyeksikan melalui slide proyektor. Keuntungan dari menggunakan media slide yaitu, urutan gambar (film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, film bingkai dapat ditayangkan pada ruangan masih terang, film bingkai dapat digunakan sendiri atau digabung dengan suara / rekaman, film bingkai dapat menyajikan peristiwa masa lalu.
            Pengelompokan berbagai jenis media pembelajaran apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi, menurut Seels & Galsgow (1990:181-183) dibagi dalam dua kategori yaitu, pilihan media tradisional dan pilihan media mutakhir.[3]
1.      Pilihan Media Tradisional
a.       Visual diam yang diproyeksikan
-          Proyeksi opaque (tak tembus pandang)
-          Proyeksi overhead, slide
-          Filmstrips
b.      Visual yang tidak diproyeksikan
-          Gambar, poster, foto
-          Charts, grafik, diagram
-          Pameran, papan info, papan bulu
c.       Audio
-          Rekaman piringan, pita kaset, reel,
d.      Penyajian Multimedia
-          Slide plus suara (tape)
-          Multi image
e.       Visual Dinamis yang diproyeksikan
-          Film, televisi. Video
f.       Cetak
-          Buku teks
-          Modul, teks terprogram
-          Workbook
-          Majalah ilmiah
g.      Permainan
-          Teka-teki
-          Simulasi
-          Permainan papan
2.      Pilihan Media Teknologi Mutakhir
a.       Media Berbasis Komputer
-          Telekonferen
-          Kuliah jarak jauh
a.       Media Berbasis Mikroprosesor
-          Permainan komputer
-          Sistem tutor intelijen, interaktif
Pengelompokan berbagai jenis media pembelajaran telah dikemukakan oleh Leshin, Pollock & Reigeluth (1992), mengklasifikasikan media ke dalam lima kelompok yaitu, media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, kegiatan kelompok), media berbasis cetak (buku, penuntun, workbook), media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta), media berbasis audio visual (video, film, program slide, tape, televisi), media berbasis komputer (interaktif video, pengajaran dengan bantuan komputer). Salah satu ciri dari media ini adalah bahwa ia membawa pesan atau informasi kepada penerima.[4]
Ada beberapa jenis pula media pembelajaran yang biasa digunakan dalam proses belajar mengajar, antara lain:
1)      Media Grafis
         Media grafis termasuk media visual, sebagaimana halnya media yang lain, media grafis berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan dalm simbol-simbol komunikasi visual. Banyak media grafis diantaranya:
a)      Gambar atau Foto
         Diantara media pendidikan, gambar atau foto adalah media yang paling umum dipakai. Gambar atau foto merupakan bahasa yang paling umum, yang dapat dimengerti dan dapat dinikmati dimana-mana.
b)      Sketsa
         Sketsa adalah gambar yang sederhana atau draf kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail. Karena setiap orang normal dapat belajar menggambar, maka setiap guru dapatlah menuangkan ide-idenya kedalam bentuk sketsa. Sketsa selain dapat menarik perhatian murid, menghindari verbalisme dan dapat memperjelas penyampaian pesan, harganya pun tidak perlu dipersoalkan sebab media ini dibuat langsung oleh guru.
c)      Diagram
         Sebagai suatu gambar sederhana yang menggunakan garis-garis dan simbol-simbol, diagram atau skema menggambarkan struktur dari obyek secara garis besar. Diagram menunjukkan hubungan yang ada antar komponennya atau sifat-sifat proses yang ada. Diagram biasanya berisi petunjuk-petunjuk. Diagram menyederhanakan hal yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan.
d)      Bagan
         Seperti halnya media grafis yang lain, bagan atau carta termasuk media visual. Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Bagan juga mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu persentasi. Pesan yang disampaikan biasanya berupa ringkasan visual atau proses, perkembangan atau hubungan-hubungan penting.
e)      Grafik
         Sebagai suatu media visual, grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar. Untuk melengkapinya sering kali simbol-simbol verbal digunakan dalam grafik. Fungsi grafik adalah untuk menggambar data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan suatu obyek atau peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Berbeda dengan bagan, grafik disusun berdasarkan prinsip-prinsip matematik dan menggunakan data-data komparaktif.
2)      Teks
         Media ini membantu pembelajaran fokus pada materi yang disiswai karena pembelajar cukup mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi, serta sangat cocok bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
3)      Audio
         Media audio memudahkan dalam mengidentifikasi obyek, mampu menunjukkan hubungan spatial dari suatu obyek, membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret. Contoh dari media audio adalah radio dan tape recorder.


4)      Animasi
         Media animasi mampu menunjukkan suatu proses abstrak di mana pengguna ingin melihat pengaruh suatu variable terhadap proses tersebut. Namun media animasi menyediakan suatu tiruan yang bila dilakukan pada peralatan yang sesungguhnya terlalu mahal untuk mendapatkannya atau berbahaya dan berbagai macam kendala lainnya.

BAB III
KESIMPULAN

         Makalah ini ditujukan untuk mengenalkan beberapa media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran, selain itu untuk memenuhi tugas mata kuliah media pembelajaran. Dan dalam pembuatan makalah ini, kami dapat mengetahui beberapa media pembelajaran. Demikian makalah ini kami buat, tentunya penulis menyadari bahwa makalah inu masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis mohon kritik dan saran dari pembaca agar dapat lebih baik lagi dalam pembuatan makalah selanjurnya. Semoga makakah ini daoat bermanfaat bagi kita semua. Amin.


DAFTAR PUSTAKA


Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003)



[1] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003), hal.37
[2] Ibid, hal. 37
[3] Ibid, hal. 33
[4] Ibid, hal. 36
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template