Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » KISI-KISI PENULISAN SOAL (IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR)

KISI-KISI PENULISAN SOAL (IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR)





 
KISI-KISI PENULISAN SOAL

Mata Pelajaran            :  Akidah Akhlak                                Alokasi Waktu            :  90 menit
Kelas/Semester            :  VII/1                                                            Penulis                         :  Supriyatini
Kurikulum Acuan       :  KTSP
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1.
Meningkatkan keimanan kepada Qadla dan Qadar
1.1  Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla dan qadar
1.2  Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla dan qadar
1.3  Menjelaskan berbagai tanda peristiwa yang berhubungan dengan qadla dan qadar
1.4  Menunjukkan cirri-ciri-orang yang beriman kepada qadla dan qadar
1.5  Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada qadla dan qadar
IMAN KEPADA QADLA DAN QADAR
A.    Pengertian Qadla dan Qadar
Qadla menurut bahasa memiliki beberapa pengertian, yaitu, hokum, ketetapan, perintah, kehendak, pemberitahuan dan penciptaan. Menurut istilah aqidah, qadla adalah ketetapan Allah sejak zaman azali sesuai dengan irodah-Nya tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan makhluk.
Qadar menurut bahasa adalah kepastian, peraturan, ukuran. Adapun pengertian qodar menurut aqidah adalah perwujudan ketetapan Allah terhadap semua makhluk dalam kadar dan bentuk tertentu sesuai dengan irodah-Nya.
Untuk memperjelas pengertian qadla dan qadar berikut ini dikemukakan contoh. Saat ini Salman melanjutkan pelajarannya di MTs. Sebelum Salman lahir, bahkan sejak zaman azali, Allah telah menentukan, bahwa seorang anak bernama Salman akan melanjutkan pelajarannya di MTs. Ketetapan Allah sejak zaman azali itu disebut qadla. Kenyataannya bahwa saat ini Salman melanjutkan pelajarannya di MTs disbut qadar atau taqdir.
B.     Kewajiban beriman kepada Qadla dan Qadar
Beriman kepada Qadla dan Qadar berarti kita meyakini adanya Qadla dan Qadar Allah yang berlaku bagi manusia, sebagai bukti dari kekuasaan Allah, agar manusia bertambah kuat aqidahnya dan kesadarannya untuk taat dan tunduk kepada Allah.
Rela kepada ketentuan dan kehendak Allah adalah wajib hukumnya dan merupakan tanda adanya iman pada diri seseorang. Hal ini sebagaimana yang terdapat pada hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani sebagai berikut:
قَالَ تَعَالَي: مَنْ لَمْ يَرْضَ بِقَضَائِ وَقَدَرِي وَلَمْ يَصْبِرْ عَلَي بَلاَئِ فَلْيَتَمِسْ رَبًّاسِوَايَ
Siapa yang tidak ridlo dengan Qodla-Ku dan tidak sabar terhadap bencana yang Aku timpakan atasnya, maka baiklah ia mencari Tuhan selain daripada-Ku”. (HR. At-Thabrani)
Allah zat yang maha Kuasa menentukan apa yang bakal terjadi terhadap manusia di dunia ini. Baik itu ketentuan yang baik maupun ketentuan yang buruk bagi manusia adalah semata-mata ketentuan Allah. Firman Allah dalam surat A-Hadid ayat 22:
!$tB z>$|¹r& `ÏB 7pt6ŠÅÁB Îû ÇÚöF{$# Ÿwur þÎû öNä3Å¡àÿRr& žwÎ) Îû 5=»tGÅ2 `ÏiB È@ö6s% br& !$ydr&uŽö9¯R 4 ¨bÎ) šÏ9ºsŒ n?tã «!$# ׎Å¡o ÇËËÈ  
Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”
Sikap manusia yang benar kemauannya adalah yang sabar dalam menerima ujian dan cobaan dari Allah. Keimanan itu akan diuji oleh Allah dengan cobaan-cobaan. Siapa yang benar kemauannya, dia akan menerima bahwa Allah memang menguji dirinya dengan cobaan-cobaan itu.
C.    Bukti akan adanya Qadla dan Qadar
1.      Surat Al-Furqan ayat 2:
t,n=yzur ¨@à2 &äóÓx« ¼çnu£s)sù #\ƒÏø)s? ÇËÈ  
“dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.”
2.      Surat Ar-Ra’du ayat 8:
( @à2ur >äóÓx« ¼çnyYÏã A#yø)ÏJÎ/ ÇÑÈ  
“dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.”
3.      Surat Ar-Ra’du ayat 39
(#qßsôJtƒ ª!$# $tB âä!$t±o àMÎ6÷Vãƒur ( ÿ¼çnyYÏãur Pé& É=»tGÅ6ø9$# ÇÌÒÈ  
“Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuzh).”
4.      Surat Al-Hijr ayat 21
bÎ)ur `ÏiB >äóÓx« žwÎ) $tRyYÏã ¼çmãYͬ!#tyz $tBur ÿ¼ã&è!Íit\çR žwÎ) 9ys)Î/ 5Qqè=÷è¨B ÇËÊÈ  
“Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.”
D.    Peristiwa yang berhubungan dengan Qadla dan Qadar
Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa Qadla adlaah ketentuan dari Allah swt yang merupakan garis perencanaan yang akan diberlakukan terhadap manusia.
Qadar adalah pelaksanaan dari rencana pelaksanaan dari rencana yang telah digariskan Allah swt. Yang sering disebut taqdir. Maka hubungan antara Qadla dan Qadar ibarat hubugnan antara rencana Allah dengan pelaksanaan rencana.
Berkaitan dengan Qadla dan Qadar, Rasulullah saw bersabda yang artinya: “Sesungguhnya seseorang itu diciptakan dalam perut ibunya selama empat puluh hari dalam bentuk Nuthfah, empat puluh hari menjadi segumpal darah, empat puluh hari menjadi segumpal daging. Kemudian Allah mengutus Malaikat untuk meniup ruh kedalamnya dan menuliskan empat ketentuan, yaitu tentang rizqinya, ajalnya, amal perbuatannya dan (jalan hidupnya) sengsara atau bahagia”. (HR. Bukhari dan Muslim dari Abdullah Bin Mas’ud)
Dari hadist diatas, dapat kita ketahui bahwa nasib manusia telah ditentukan Allah sejak sebelum ia dilahirkan. Walaupun setiap manusia telah ditentukan nasibnya, tetapi tidak berarti manusia hanya bisa tinggal diam menunggu nasib tanpa berusaha atau berikhitar. Manusia tetap berkewajiban untuk berusaha, sebab keberhasilan tidak datang dengan sendirinya.
Dalam hubungan antara Qadla dan Qadar serta ikhtiar ini, para Ulama berpendapat bahwa taqdir ini terbagi menjadi dua yaitu: taqdir mu’allaq dan taqdir mubram:
1.      Taqdir Mu’allaq
Yaitu taqdir yang erat hubungannya dengan usaha manusia. Contohnya keadaan manusia yang ingin menjadi kaya, dia harus bekerja keras. Firman Allah:
3 žcÎ) ©!$# Ÿw çŽÉitóム$tB BQöqs)Î/ 4Ó®Lym (#rçŽÉitóム$tB öNÍkŦàÿRr'Î/
“Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. “ (QS. Ar-Ra’du: 11)
Begitu pula tertuang dalam firman Allah:
br&ur }§øŠ©9 Ç`»|¡SM~Ï9 žwÎ) $tB 4Ótëy ÇÌÒÈ  
“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,” (QS. An-Najm: 39)
2.      Taqdir Mubram
Yaitu taqdir yang terjadi pada diri manusia dan tidak bisa diusahakan. Contoh kematian, walaupun sudah berbagai dokter mengobatinya, tetapi kalau Allah menentukan dia harus mati, maka tidak ada yang dapat menolongnya. Firman Allah:
4 #sŒÎ) uä!%y` óOßgè=y_r& Ÿxsù tbrãÏø«tFó¡tƒ Zptã$y ( Ÿwur tbqãBÏø)tFó¡o ÇÍÒÈ  
“ apabila telah datang ajal mereka, Maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).” (QS. Yunus 49)
E.     Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qadla dan Qadar
Iman kepada Qadla dan Qadar hendaklah benar-benar ditanamkan dalam hati kita. Kita harus yakin dengan sepenuh hati, bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, baik yagn menyenangkan, ataupun yang menyedihkan adalah atas kehendak Allah.
Oleh sebab itu, taqdir tidak selalu sesuai dengan keinginan kita. Tatkala taqdir atas diri ktia sesuai dengan keinginan kita, hendaklah kita bersyukur, karena itu adalah nikmat. Karena taqdir yang ktia alami tidak menyenangkan atau merupakan musibah, maka hendaklah kita terima dengan sabar dan ikhlas. Kita harus yakin bahwa dibalik musibah itu ada hikmah yang kita belum mengetahuinya.
Sebagai orang yang beriman kepada Qadla dan Qadar, kita harus mempunyai perilaku sebagai berikut;
1.     Bersyukur dan bersabar
Apabila mendapat kebeuntungan maka kita bersyukur. Sebaliknya apabila terkena musibah maka kita akan bersabar, karena hal tersebut merupakan ujian baginya dan sudah merupakan kehendak dari Allah.
$tBur Nä3Î/ `ÏiB 7pyJ÷èÏoR z`ÏJsù «!$# ( ¢OèO #sŒÎ) ãNä3¡¡tB ŽØ9$# Ïmøs9Î*sù tbrãt«øgrB ÇÎÌÈ  
“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, Maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, Maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.” (QS. An-Nahl: 53)
2.     Menjauhkan diri dari sifat sombong dan putus asa
Orang yang tidak beriman kepada Qadla dan Qadar, apabila memperoleh suatu keberhasilan menganggap keberhasilan itu adalah semata-mata karena usahanya sendiri. Ia pun merasa dirinya hebat. Apabila ia mengalami kegagalan, ia mudah berkeluh kesah dan berputus asa, karena ia tidak menyadari bahwa kegagalan itu sebenarnya ketentuan Allah.
¢ÓÍ_t7»tƒ (#qç7ydøŒ$# (#qÝ¡¡¡ystFsù `ÏB y#ßqムÏmŠÅzr&ur Ÿwur (#qÝ¡t«÷ƒ($s? `ÏB Çy÷r§ «!$# ( ¼çm¯RÎ) Ÿw ߧt«÷ƒ($tƒ `ÏB Çy÷r§ «!$# žwÎ) ãPöqs)ø9$# tbrãÏÿ»s3ø9$# ÇÑÐÈ  
“Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". (QS. Yusuf: 87)
Sabda Rasulullah saw
لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ اِنْسَانٌ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ مِّنْ كِبْرٍ (رواه مسلم)
Tidak akan masuk surga orang yang didalam hatinya terdapat sebiji sawi dari sifat kesombongan”. (HR. Muslim)
3.     Optimis dan giat bekerja
Manusia tidak mengetahui taqdir apa yang akan menimpa dirinya. Semua orang tentu menginginkan bernasib baik dan beruntung. Keberuntungan itu tidak datang begitu saja, tetapi harus diusahakan. Oleh sebab itu kita harus optimis dan giat bekerja untuk meraih kebahagiaan dan keberuntungan itu.
Æ÷tGö/$#ur !$yJÏù š9t?#uä ª!$# u#¤$!$# notÅzFy$# ( Ÿwur š[Ys? y7t7ŠÅÁtR šÆÏB $u÷R9$# (ÇÐÐÈ  
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi “ (QS. Al-Qashosh: 77)
4.     Ketenangan Jiwa
Orang yang beriman kepada Qadla dan Qadar senantiasa mengalami ketenangan jiwa dalam hidupnya. Sebab ia selalu merasa puas dengan apa yang telah ditentukan Allah kepadanya. Jika beruntung atau berhasil, ia bersyukur. Jika terkena musibah atau gagal, ia bersabar dan berusaha lagi.
$pkçJ­ƒr'¯»tƒ ߧøÿ¨Z9$# èp¨ZÍ´yJôÜßJø9$# ÇËÐÈ   ûÓÉëÅ_ö$# 4n<Î) Å7În/u ZpuŠÅÊ#u Zp¨ŠÅÊó£D ÇËÑÈ   Í?ä{÷Š$$sù Îû Ï»t6Ïã ÇËÒÈ   Í?ä{÷Š$#ur ÓÉL¨Zy_ ÇÌÉÈ  
“Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku, Masuklah ke dalam syurga-Ku.” (QS. Al-Fajr: 27-30)
5.     Memperkuat Tawakkal kepada Allah
Dengan iman kepada Qadla dan Qadar manusia akan sadar bahwa dirinya harus senantiasa tawakkal atas segala yang telah ditentukan.
@è% Hw à7Î=øBr& ÓŤøÿuZÏ9 #uŽŸÑ Ÿwur $·èøÿtR žwÎ) $tB uä!$x© ª!$#
“Katakanlah: "Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan dan tidak (pula) kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah” (QS. Yunus; 49)
v     Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla dan qadar
v     Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla dan qadar
v     Menjelaskan berbagai tanda peristiwa yang berhubungan dengan qadla dan qadar
v     Menunjukkan cirri-ciri-orang yang beriman kepada qadla dan qadar
v     Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada qadla dan qadar
30 PG
10 Esay
40


SOAL-SOAL
A.    Soal Pilihan Ganda
1.      Hubungan antara Qadla dan Qadar ibarat hubungan antara …
a.       rencnaa dengan rencana
b.      pelaksanaan dengan rencana
c.       rencana dengan pelaksanaan rencana
d.      rencana dengan ikhtiar
2.      Hukum manusia berikhtiar adalah …
a.  sunah                                                 b.  wajib                                           c.  sunah mu’akad                                                               d.  mubah
3.      Dunia dan isinya merupakan makhluk Allah, Makhluk artinya …
a.  Pencipta                                             b.  hamba                                          c.  ciptaan                                                               d.  utusan
4.      Orang ingin pandai, maka dia harus berusaha dengan belajar, hal tersebut merupakan contoh …
a.  qadla                                                  b.  ikhtiar                                          c.  qadar                                                               d.  tawakkal
5.      Taqdir yang erat kaitannya dengan usaha manusia disebut …
a.  taqdir mu’allaq                                  b.  taqdir mutlak                               c.  taqdir mubram                                                               d.  taqdir mu’allaq dan mubram
6.      اِنَّ اللهَ لاَيُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّي يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْ
Dalil diatas berkaitan dengan taqdir …
a. mu’allaq                                              b.  mutlak                                         c.  mubram                                                               d.  ‘am
7.      Taqdir yang tidak bisa diusahakan oleh manusia disebut …
a.  taqdir mutlak                                     b.  taqdir mubram                             c.  taqdir mu’allaq                                                               d.  taqdir ‘am
8.      Dalil dibawah ini merupakan dalil yang berkaitan dengan taqdir …
4 #sŒÎ) uä!%y` óOßgè=y_r& Ÿxsù tbrãÏø«tFó¡tƒ Zptã$y ( Ÿwur tbqãBÏø)tFó¡o
a.  mutlak                                               b.  mu’allaq                                      c.  mubram                                                               d.  ‘am
9.      Keyakinan terhadap qadla dan qadar dapat menumbuhkan perasaan …
a.  was-was                                             b.  optimis                                        c.  takut                                                               d.  ragu-ragu
10.  Setelah berusaha dengan maksimal, bagi orang yang beriman sikap selanjutnya yang dilakukan adalah berserah diri kepada Allah yang disebut …
a.  taqwa                                                 b.  ikhtiar                                          c.  tawakkal                                                               d.  tawadlu’
11.  Allah memberikan ujian cobaan kepada manusia sudah disesuaikan dengan …
a.  kekuatannya                                      b.  kedudukannya                            c.  kekuasaannya                                                               d.  kekayaannya
12.  Perilaku orang yang beriman kepada Qadla dan Qadar salah satunya adalah berlaku sabar. Sabar artinya …
a.       tahan menerima yang disenangi
b.      menyerahkan diri kepada Allah
c.       tabah dalam menerima yang dicita-citakan
d.      tahan menghadapi cobaan
13.  اَلصَّبْرُ ضِيأٌ ... (رواه مسلم)
Arti dalil diatas adalah …
a.       sabar adalah kebaikan
b.      sabar adalah cahaya yang terang benderang
c.       sabar adalah keimanan
d.      sabar adalah cahaya yang menyinari dunia
14.  Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menuliskan empat ketentuan pada manusia, ketentuan itu antara lain …
a.  jodoh                                                 b.  ajal                                               c.  rizki                                                               d.  amal perbuatan
15.  Orang yang beriman kepada Qadla dan Qadar apabila mendapat keberuntungan maka ia …
a.  bersedih                                             b.  senang                                         c.  terima apa adanya                                                               d.  bersyukur
16.  Rukun iman ke-enam adalah iman kepada …
a.  Allah                                                  b.  Kitab                                           c.  Rasul                                                               d.  Qadla dan Qadar
17.  Qadla menurut bahasa berarti …
a.  kepastian                                           b.  penciptaan                                   c.  peraturan                                                               d.  ukuran
18.  Sedang Qadar menurut bahasa berarti …
a.  perintah                                             b.  pemberitahuan                             c.  ukuran                                                               d.  penciptaan
19.  Sejak zaman ajali Allah telah menetapkan bahwa seseorang yang bernama Abdullah akan melanjutkan pelajaran di MTs. Contoh tersebut termasuk …
a.  qadla                                                  b.  qadar                                           c.  qadla dan qadar                                                               d.  taqdir
20.  وَعَلَي اللهِ فَلْيَتَوَكَّل الْمُؤْمِنُوْنَ
Lafadz yang bergaris bawah mempunyai arti …
a.  kepastian                                           b.  maka bertawakkallah                  c.  kehidupan                                                               d.  maka berserah dirilah
21.  Orang yang mengingkari Qadla dan Qadar disebut …
a.  كافر                                                  b.  منافق                                           c.  مشرك                                                               d.  فاسق
22.  Segala sesuatu yang akan terjadi pada makhluk-Nya telah tertulis di …
a.  kitab zabur                                         b.  kitab injil                                     c.  kitab taurot                                                               d.  lauhil mahfudz
23.  Zaman azali adalah suatu masa sebelum terjadinya …
a.  manusia                                             b.  gunung                                        c.  benda langit                                                               d.  segala sesuatu
24.  Segala sesuatu yang berkaitan dengan nasib manusia telah ditentukan Allah sejak …
a.  lahir                                                   b.  dalam kandungan                        c.  balita                                                               d.  di alam ruh
25.  Dalam mencapai keinginan atau cita-cita, manusia wajib berikhtiar, ikhtiar artinya …
a.  sungguh-sungguh                              b.  belajar                                          c.  berusaha                                                               d.  pantang menyerah
26.  Malaikat yang bertugas membagi rizqi kepada manusia adalah …
a.  Isro’il                                                 b.  Isrofil                                          c.  Mika’il                                                               d.  Malik
27.  وَبَشِّرِ الصَّابِرِيْنَ
Penggalan ayat tersebut menunjukkan keutamaan orang yang …
a.  bertaqwa                                            b.  hemat                                          c.  beriman                                                               d.  sabar
28.  وَلاَتَيْئَسُوْا مِنْ رُّوْحِ اللهِ
artinya; “Janganlah kalian … dari belas kasih Allah swt.
a.  berdoa                                               b.  berputus asa                                c.  bertujuan                                                               d.  berharap
29.  Orang yang beriman disebut …
a.  مؤمن                                                 b.  متقين                                           c.  مسلم                                                               d.  مقربين
30.  Manusia diwajibkan untuk berusaha, namun putusan akhir ada pada kekuasaan …
a.  Ulama                                                b.  Malaikat                                      c.  Allah                                                               d.  Rasul


B.     Soal Esay
1.      Bagaimana hubungan antara Qadla dan Qadar?
2.      Sebutkan Dalil Naqli adanya Qadla dan Qadar?
3.      Jelaskan pengertian:
a.       Taqdir Mu’allaq
b.      Taqdir Mubram
4.      Berikan contoh taqdir mubram dan taqdir mu’allaq!
5.      Sebutkan dua perilaku orang yang beriman kepada Qadla dan Qadar!
6.      Tuliskan Dalil Naqli tentang taqdir mubram!
7.      Tuliskan pula Dalil Naqli yang berkaitan dengan taqdir mubram!
8.      Apa yang dimaksud dengan:
a.       Ikhtiar
b.      Tawakal
9.      Jelaskan pengertian iman kepada Qadla dan Qadar!
10.  وَكُلُّ شَئْ ٍعِنْدَهُ بِمِقْدَارٍ
Jelaskan dalil naqli diatas!



Share this article :

1 comment:

kirimkan komentar anda di sini

Blog Archive

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template