BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DAN PERANGKAT PELENGKAPNYA DAPAT MENGHUBUNGI NO. WA. 085768843833
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA |
Nama penyusun : _______________________________ Nama Sekolah : _______________________________ Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Fase A, Kelas / Semester : II (Dua)
/ I (Ganjil)
|
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
BAHASA INDONESIA FASE A SD KELAS 2
INFORMASI UMUM |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. IDENTITAS MODUL |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyusun Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase / Kelas Bab 1 Tema
Elemen Capaian Pembelajaran
Elemen Capaian Pembelajaran
Elemen Capaian Pembelajaran
Elemen Capaian Pembelajaran
Alokasi Waktu |
: : : : : : : :
: :
: :
: :
: :
: |
..................................... SD ............................... Tahun 20… SD Bahasa
Indonesia A /
II (Dua) Mengenal
Perasaan Mengenal
Berbagai Jenis Perasaan dan Penyebabnya Menyimak §
Peserta didik mampu
bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan
dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan
instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Membaca dan Memirsa §
Peserta didik mampu
bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami
informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan,
narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi. Berbicara dan
Mempresentasikan §
Peserta didik mampu
melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan
intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang
sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang
dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu
mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau
didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca
dengan topik diri dan lingkungan. Menulis § Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan
benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan
garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta
didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis
teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang
pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca
atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan
menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari. 6
Minggu |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. KOMPETENSI AWAL |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§ Kompetensi awal yang harus dimiliki oleh peserta
didik sebelum mempelajari topik ini adalah kemampuan dan pemahaman mengenal berbagai
jenis perasaan dan penyebabnya. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§ Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, § Berpikir kritis, § Mandiri, § Kreatif, § Bergotong royong, dan § Berkebinekaan global |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia, 2021 Bahasa Indonesia, Aku Bisa! Buku Siswa SD
Kelas II, Penulis: Widjati Hartiningtyas; Eni
Priyanti. § Poster nama peserta didik; § Karton putih lebar; § Potongan gambar dari majalah; § Sumber pembelajaran atau buku bacaan lain tentang
perasaan, contohnya: Ira Tidak Takut https://reader.letsreadasia.org/read/9d6d2a26-ead5-4a0b-88ff-87c0775046c7?uiLang=6260074016145408 Barani di Danau
Raksasa https://literacycloud.org/stories/893-barani-di-danauraksasa/ Alia
Juga Berani http://repositori.kemdikbud.go.id/18243/1/Alia%20Juga%20Berani%20%28Liza%20Erfiana%29.pdf § Lembar kerja peserta didik, laptop, handphone, LCD
proyektor. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§ Peserta didik reguler/tipikal |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. JUMLAH PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. MODEL PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§ Tatap muka. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPONEN INTI |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alur Tujuan Pembelajaran Bab Ini :
Alur Konten Capaian Pembelajaran : Kegiatan Pembelajaran Ke-1 dan 2 Mengamati
Bercerita
Menulis
Kegiatan Pembelajaran Ke-3 dan 4 Membaca
Menulis
Membaca
Berbicara
Kegiatan Pembelajaran Ke-5 dan 6 Membaca
Menulis
Berdiskusi
Menulis
Alur Tujuan Pembelajaran : Kegiatan
Pembelajaran Ke-1 dan 2 Mengamati 1.1
Melalui mengamati
gambar, peserta didik dapat menemukenali berbagai jenis perasaan dengan
tepat. Bercerita 1.2
Melalui mengamati
gambar, peserta didik dapat mempresentasikan informasi tentang mimik berbagai
perasaan dengan suara jelas dan penekanan intonasi. 1.3
Melalui mengingat
pengalaman pribadi, peserta didik dapat menceritakan perasaannya terkait
pengalaman pribadi dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi. Menulis 1.4
Melalui menyimak
puisi, peserta didik dapat mengingat kembali informasi dalam puisi dengan
tepat.
Kegiatan Pembelajaran Ke-3 dan 4 Membaca 1.5
Melalui membaca
bersama guru, peserta didik dapat menyebutkan fungsi tanda baca titik. Menulis 1.6
Melalui latihan
berulang, peserta didik dapat menggunakan tanda baca titik dan huruf kapital
dalam menulis kalimat. 1.7
Melalui membaca
berulang, peserta didik dapat menyimpulkan perasaan tokoh cerita. 1.8
Melalui membaca
berulang, peserta didik dapat menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan
mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya. Membaca 1.9
Melalui membaca
bersama teman, peserta didik dapat mengenali kata-kata baru pada tabel dengan
menggunakan petunjuk visual. Berbicara 1.10
Melalui pengamatan
terhadap pengalaman diri sendiri, peserta didik dapat menyatakan pendapatnya
tentang cara menenangkan diri dan memberikan argumentasi. 1.11
Melalui diskusi,
peserta didik dapat menghubungkan cara menenangkan diri ketika marah dengan
akibat yang akan terjadi.
Kegiatan Pembelajaran Ke-5 dan 6 Membaca 1.12
Melalui membaca
bersama teman secara bergantian, peserta didik dapat menyebutkan kata yang
sering ditemui sehari-hari. Menulis 1.13
Melalui latihan
berulang, peserta didik dapat menulis huruf kapital pada unsur nama dalam
penulisan kalimat. Berdiskusi 1.14
Melalui membaca
bersama teman secara bergantian, peserta didik dapat menemukan informasi pada
sebuah bacaan. Menulis 1.15
Melalui membuat peta
berpikir, peserta didik dapat menuliskan kata-kata penyebab rasa takut. 1.16
Melalui latihan
berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca
titik, huruf kapital, dan spasi dengan tepat. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
§ Apakah peserta didik pernah merasa senang,
kaget, malu, atau bangga? § Apakah peserta didik ingat apa yang
menyebabkan munculnya perasaan itu? § Bagaimana cara kalian menunjukkan rasa
marah? § Bagaimana cara kalian menenangkan diri? § Menurut kalian, tepatkah cara kalian
menunjukkan marah? § Pernahkah kalian merasa takut pada sesuatu? § Apa saja yang membuat kalian takut? § Apa yang kalian lakukan untuk mengatasi rasa takut? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pembelajaran Ke-1 dan 2 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Tunjukkan
gambar ekspresi wajah yang
ada di halaman pembuka bab. ·
Mintalah peserta didik menebak nama perasaan yang tampak pada gambar. ·
Ulang kembali nama-nama perasaan di
akhir kegiatan Kegiatan Pendahuluan ·
Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan
pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum
memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa
di kelas. ·
Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur
Pembelajaran pada hari itu. ·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa terkait tema mengenal berbagai jenis
perasaan dan penyebabnya
Kegiatan Inti ·
Ajaklah peserta didik mengamati gambar di halaman ini. ·
Tanyakan kepada peserta didik tentang jumlah anak dalam gambar dan
kegiatan yang sedang mereka lakukan. ·
Tanyakan kepada peserta didik tentang nama-nama perasaan yang terlihat
pada gambar (tahu atau tidak tahu). ·
Tanyakan kepada peserta didik tentang penyebab dari perasaan yang
dialami anak-anak
pada gambar tersebut. Dampingi
peserta didik saat membaca nama-nama perasaan yang ada di halaman ini. Minta
peserta didik menjelaskan definisi perasaan-perasaan tersebut. Kemudian,
jelaskan definisi kata-kata berikut berdasarkan KBBI kepada peserta didik: senang : puas
dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, berbahagia, gembira takut :
merasa
gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana;
tidak berani, khawatir sedih :
merasa
sangat pilu dalam hati; susah hati marah :
sangat
tidak senang; berang; gusar kaget : terkejut malu :
segan
melakukan sesuatu karena agak takut bangga : besar
hati karena mempunyai keunggulan sedih :
merasa
sangat pilu dalam hati; susah hati marah :
sangat
tidak senang; berang; gusar kaget :
terkejut malu :
segan
melakukan sesuatu karena agak takut bangga : besar
hati karena mempunyai keunggulan
·
Ajak peserta didik untuk mengamati gambar sekali lagi. ·
Minta peserta didik untuk menjelaskan mimik tiap-tiap perasaan. ·
Minta peserta didik berpasangan untuk berlatih
tanya-jawab.
·
Ajaklah peserta didik untuk mengingat pengalaman masing-masing. ·
Apakah peserta didik pernah merasa senang, kaget, malu, atau bangga? ·
Apakah peserta didik ingat apa yang menyebabkan munculnya perasaan itu? ·
Mintalah peserta didik untuk memilih dua perasaan saja. ·
Kemudian, minta peserta didik untuk menyampaikan pengalaman masing-masing di
depan kelas.
·
Ajaklah
para peserta didik untuk bermain “Perasaanku Hari Ini”. ·
Mintalah
mereka membentuk lingkaran besar. Sesuaikan jumlah pemain dengan ruang yang
tersedia. ·
Sebutkan
kalimat “Hari ini aku merasa ….”. ·
Jika
Anda menyebutkan kata “sedih”, peserta didik harus menunjukkan wajah sedih.
Variasikan permainan ini. Peserta didik boleh menunjukkan bahasa tubuh yang
lain. Misalnya menutup wajah untuk menunjukkan “sedih” atau mengentakkan kaki
untuk menunjukkan “marah”. ·
Sebutkan
juga nama-nama perasaan yang lain. ·
Mainkan
permainan ini selama 5 menit.
Jelaskan
arti kosakata baru kepada peserta didik. Kunci
Jawaban 1.
Pindah 2.
Berpisah ·
Minta para peserta didik untuk mengerjakan soal latihan agar mereka memahami makna kosakata baru. ·
Bacakan puisi “Sampai Jumpa” sekali lagi. ·
Kemudian, mintalah peserta didik menuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang puisi di buku tulis masing-masing. Kunci Jawaban 1. Ia
pindah rumah 2.
Kota Jakarta 3.
Kawannya 4.
Tiga tahun
Kegiatan Penutup ·
Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan
materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. ·
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pembelajaran 3 dan 4 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Tunjukkan
judul dan gambar sampul cerita “Mimi Marah”. ·
Tanyakan
hal yang menyebabkan Mimi marah. ·
Minta
peserta didik untuk menebak jumlah tokoh dalam cerita. ·
Lalu,
minta para peserta didik untuk mengepalkan erat-erat tangan mereka dan
menggertakkan gigi selama lima detik. ·
Tanyakan,
apa yang mereka rasakan. ·
Kemudian
minta mereka melepaskan genggaman, melemaskan pundak dan rahang, serta
mencoba bersantai. ·
Tanyakan,
keadaan mana yang menurut mereka terasa lebih nyaman?
Kegiatan Pendahuluan ·
Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan
pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum
memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa
di kelas. ·
Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur
Pembelajaran pada hari itu. ·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa terkait tema mengenal berbagai jenis
perasaan dan penyebabnya.
Kegiatan Inti
Kunci Jawaban 1. Memperbaiki 2. Mengalah 3. Lega ·
Minta
para peserta didik mengerjakan soal latihan agar mereka memahami makna
kosakata baru.
·
Jelaskan
kepada peserta didik bahwa tanda titik digunakan pada akhir kalimat
pernyataan. ·
Lalu,
jelaskan bahwa huruf kapital digunakan pada awal kalimat. ·
Dampingi
peserta didik untuk membaca ulang cerita “Mimi Marah”. ·
Minta
peserta didik untuk menemukan tanda titik di dalam cerita. ·
Minta
peserta didik untuk mengambil napas setelah tanda titik, sebelum memulai
kalimat berikutnya. Cara ini akan membiasakannya membaca tanda titik dalam
kalimat dengan benar. ·
Kemudian,
minta peserta didik untuk menemukan huruf kapital di dalam cerita..
Dampingi peserta didik
untuk mengamati dua kalimat tidak sempurna di buku mereka. ·
Kemudian, mintalah peserta didik untuk
menyunting kalimat tersebut dengan menambahkan huruf kapital dan tanda titik
yang tepat. Kunci Jawaban 1.
Boneka penguin rusak. 2.
Mimi tidak lagi marah. Dampingi peserta didik
untuk membaca cerita “Mimi Marah” sekali lagi. ·
Kemudian,
mintalah peserta didik untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan tentang
cerita itu di buku tulis masing-masing. Kunci Jawaban 1. Karena mereka
sama-sama ingin bermain boneka. 2. Marah, sedih,
menyesal, lega, senang. 3. Mimi masuk ke kamar, berteriak,
lalu menangis. 4. Jawaban tergantung
pendapat peserta didik. Misal: Setuju, karena dia
tidak memukul adiknya. 5. Jawaban tergantung
pendapat peserta didik. Misal: Aku akan minta
maaf kepada kakakku.
·
Beri peserta didik waktu untuk mengamati tabel “Caraku Menenangkan Diri” bersama-sama temannya. ·
Dampingi peserta didik dalam memahami kata-kata baru dengan melihat gambar ilustrasi.
Alur Konten Capaian Pembelajaran Menjelaskan hubungan
sebabakibat sederhana tentang sesuatu secara runtut. ·
Beri waktu bagi peserta didik untuk mengamati tabel sekali lagi. ·
Minta peserta didik memilih satu cara yang disetujuinya dan satu cara
yang tidak
disetujuinya. ·
Lalu, minta peserta didik untuk menyertakan
alasannya. ·
Sesudahnya, minta peserta didik untuk bergantian menyampaikan pendapat dan argumen masing-masing di depan kelas. ·
Jika ada peserta didik yang kesulitan mengingat argumennya, izinkan ia menuliskan argumen tersebut, lalu dibacakan di depan kelas.
·
Minta
peserta didik membentuk
kelompok yang terdiri dari empat anak. ·
Beri mereka waktu untuk berdiskusi mengenai cara menunjukkan kemarahan dan menenangkan diri. ·
Setelahnya minta setiap kelompok untuk membagikan hasil diskusi mereka. ·
Tekankan kepada peserta didik bahwa rasa marah merupakan perasaan yang wajar. Namun, kita harus berhati-hati ketika menunjukkannya agar tidak menyakiti diri sendiri ataupun orang lain. Fokuskan diskusi pada
cara menenangkan diri
ketika merasa marah.
Kegiatan Penutup ·
Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan
materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. ·
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pembelajaran 5 dan 6 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Tunjukkan
judul cerita “Kiki dan Cici”. Tanyakan kepada peserta didik, siapakah Kiki
dan Cici? ·
Apa
yang kira-kira terjadi pada mereka berdua? Kegiatan Pendahuluan ·
Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan
pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum
memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa
di kelas. ·
Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur
Pembelajaran pada hari itu. ·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa terkait tema mengenal berbagai jenis
perasaan dan penyebabnya.
Kegiatan Inti ·
Mintalah
peserta didik membaca cerita “Kiki dan Cici” bersama teman secara bergantian. ·
Berkelilinglah
untuk membantu peserta didik yang kesulitan membaca. Jelaskan
arti kosakata baru kepada peserta didik.
·
Minta para peserta didik mengerjakan soal latihan agar mereka memahami makna kosakata baru. Kunci
Jawaban 1.
Usil 2.
Dekorasi ·
Ingatkan pada Bahas Bahasa sebelumnya, yaitu tentang penggunaan huruf kapital pada awal kalimat. ·
Lalu, jelaskan bahwa huruf kapital juga digunakan pada huruf pertama
unsur nama. ·
Tegaskan bahwa ini tetap berlaku meskipun unsur
nama berada di tengah atau
akhir kalimat. ·
Dampingi peserta didik untuk membaca ulang cerita. ·
Minta peserta didik untuk menemukan huruf kapital di setiap unsur nama. ·
Minta peserta didik untuk menyebutkan banyaknya nama Kiki disebut dalam wacana. ·
Minta peserta didik untuk menyebutkan banyaknya nama Cici disebut dalam wacana.
·
Dampingi peserta didik untuk mengamati dua kalimat tidak sempurna di
buku ·
mereka. ·
Kemudian, mintalah peserta didik untuk menyunting kalimat tersebut
dengan menambahkan
huruf kapital pada awal unsur nama. Kunci Jawaban 1. Riri anak yang usil. 2. Titu main dengan Tuti.
·
Minta peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari empat anak. ·
Beri mereka waktu untuk berdiskusi mengenai rasa takut dan penyebabnya. ·
Berkelilinglah untuk mengamati jalannya diskusi tiap-tiap kelompok.
Catatlah cara
peserta didik menyampaikan pendapat, menanggapi komentar teman, dan menunggu giliran berbicara.
1. Minta peserta didik mengamati gambar peta
berpikir di Buku Siswa. 2. Kemudian, beri tahu para peserta didik bahwa
mereka akan bersama-sama membuat peta berpikir tentang penyebab rasa takut. 3. Buatlah empat kelompok penyebab rasa takut:
keadaan, benda, suara, dan binatang. 4. Anda boleh membuat peta berpikir di papan tulis
atau di selembar karton besar. 5. Minta peserta didik bergantian menuliskan
penyebab rasa takut masin-gmasing pada peta berpikir. 6. Bila ada peserta didik yang kesulitan menulis,
bantulah dengan mengeja suku kata.
Alur Konten Capaian
Pembelajaran Menulis
kalimat dengan tanda titik sesuai dengan fungsinya. Menggunakan spasi
antarkata. Menulis kalimat dengan huruf kapital pada awal kalimat dan pada
unsur nama. ·
Tanyakan kepada masing-masing peserta didik cara mereka mengatasi perasaan sedih. ·
Kemudian, minta peserta didik menemukan cara untuk membantu temannya yang merasakan hal serupa. ·
Minta peserta didik menuliskannya ke dalam dua kalimat.
·
Jurnal
Membaca adalah catatan yang
dibuat peserta didik setelah membaca buku. ·
Kegiatan ini secara berkala dilakukan di rumah dengan pendampingan
orang tua/wali. ·
Tulislah surat kepada orang tua untuk
mengunduh buku berjudul Ira Tidak Takut di (https://reader.letsreadasia.org/read/9d6d2a26-ead5-4a0b-88ff-87c0775046c7?uiLang=6260074016145408)
·
Setelah membaca, peserta didik menulis jurnal
di buku tulisnya. Berikut
adalah contoh surat untuk orang tua peserta didik. Anda bisa menggunakannya
untuk Jurnal Membaca di bab-bab berikutnya, hanya dengan mengganti judul buku
dan tautan untuk mengunduh buku. Anda juga boleh membuat surat dengan format
berbeda. ·
Tulislah surat kepada orang tua untuk menyampaikan informasi terkait proyek ini. ·
Ajak orang tua untuk mendampingi peserta didik dalam menuliskan satu perasaan yang paling istimewa dalam minggu ini beserta alasannya. ·
Kemudian, peserta didik dan orang tua bebas berkreasi untuk
mengilustrasikan perasaan tersebut. ·
Sediakan waktu di kelas agar semua peserta didik bisa menunjukkan
proyek ·
masing-masing. Pajanglah hasil karya mereka di kelas. Berikut
adalah contoh surat untuk orang tua peserta didik. Anda bisa menggunakannya
untuk kegiatan kreativitas di bab-bab berikutnya. Anda juga boleh membuat
surat dengan format berbeda.
Kegiatan Penutup ·
Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan
materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. ·
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam. ·
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. ASESMEN /
PENILAIAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen dan Instrumen
Penilaian 1. Asesmen Diagnosis Asesmen Diagnosis dilakukan pada
minggu-minggu awal tahun pembelajaran untuk memetakan kemampuan para peserta
didik sehingga mereka mendapatkan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan
masing-masing. Pada bulan pertama, guru kelas dua idealnya telah dapat
memetakan peserta didik yang dapat mengenal huruf, mengenal suku kata,
mengenal kata, serta membaca dan menulis kalimat sederhana. Berikut ini adalah contoh soal Asesmen
Diagnosis. Anda bisa membuat soal sesuai dengan kompetensi yang Anda anggap
perlu untuk diketahui sebagai guru kelas dua pada awal tahun pembelajaran. Asesmen Diagnosis Kelas Dua Contoh soal pengenalan huruf Memasangkan huruf kapital dengan huruf
kecil yang sesuai. B – b M - m Contoh soal pengenalan suku kata Lengkapi titik-titik dengan suku kata yang
sesuai. Contoh soal menulis kalimat sederhana Peserta didik diminta menulis namanya. Peserta didik diminta menulis warna
kesukaannya dengan kalimat lengkap, misalnya: Aku suka warna biru. Contoh soal membaca kalimat sederhana Aku senang main sepeda. Adik kalian berapa orang?* Instrumen Penilaian Tabel 1.1. Pemetaan Asesmen Diagnosis pada Awal Tahun
1: Kurang (dapat menjawab sebagian kecil
soal dengan benar) 2: Cukup (dapat menjawab separuh bagian
soal dengan benar) 3: Baik (dapat menjawab sebagian besar
soal dengan benar) 4: Sangat Baik (dapat menjawab semua soal
dengan benar)
Peserta didik yang memperoleh nilai 1 akan
mendapatkan pendampingan dalam bentuk kegiatan perancah, sementara peserta
didik yang memperoleh nilai 4 akan mendapatkan kegiatan pengayaan.
2. Asesmen Formatif Asesmen formatif hanya dilakukan pada beberapa Alur Konten Capaian
Pembelajaran yang memiliki tanda seperti di samping. Kegiatan lain dilakukan sebagai latihan; tidak diujikan. Instrumen Penilaian Tabel 1.2 Contoh
Pemetaan Peserta Didik Berdasarkan Kemampuan Presentasi
Nilai 1: Kurang 2: Cukup 3: Baik 4: Sangat Baik
Rubrik Tabel 1.3 Contoh
Rubrik Penilaian Presentasi
Instrumen Penilaian Tabel 1.4 Contoh
Pemetaan Peserta Didik Berdasarkan Kemampuan Membaca
Nilai 1: Kurang 2: Cukup 3: Baik 4: Sangat baik Rubrik Tabel 1.5
Contoh Rubrik Penilaian Membaca
Catatan: Ini adalah tes formatif pertama di kelas dua untuk kecakapan
membaca/mengamati. Perhatikan peserta didik yang mendapatkan skor kurang,
apakah ada kendala penglihatan yang menghambat kecakapan
membaca/mengamatinya. Konsultasikan dengan kepala sekolah atau ahli jika
diperlukan.
3. Asesmen Sumatif Asesmen dilakukan pada akhir semester untuk mengetahui capaian
peserta didik pada akhir tahun ajaran. Jenis dan format Asesmen Sumatif dapat
merujuk pada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Asesmen Sumatif untuk kelas
dua mencakup penilaian kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Sudahkah kalian membaca buku hari ini? Mintalah orang tua kalian mengunduh buku berjudul Ira Tidak Takut. Ira harus berobat ke rumah sakit. Namun, ia merasa takut. Apa yang akan Ira lakukan? Bacalah sendiri buku tersebut. Bila mengalami kesulitan, mintalah bantuan orang tua. Kemudian, salinlah jurnal berikut di buku tulis kalian.
Beri bintang untuk buku ini: ____________
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. REFLEKSI |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Pada bagian ini peserta didik mengisi refleksi tentang hal-hal yang telah dipelajari di sepanjang bab.
Sebagai guru, Anda bisa menambahkan poin-poin yang dirasa perlu. ·
Jika memungkinkan,
perbanyak lembar refleksi untuk masing-masing peserta didik. Jika tidak, minta
peserta didik menyalin di buku tulis masing-masing. Izinkan peserta didik berkreasi dengan menggambari sisa ruang putih
yang tersedia di lembaran
tersebut. ·
Jika ada peserta
didik yang mengisi kolom “Masih Perlu Belajar Lagi”, berikan kepadanya kegiatan
pengayaan yang menyenangkan. Jika perlu, komunikasikan dengan orang tua.
REFLEKSI PEMBELAJARAN A. Memetakan Kemampuan
Peserta didik 1. Pada akhir bab ini Anda telah memetakan peserta didik sesuai
dengan kemampuan masing-masing dalam: ·
Menceritakan
pengalamannya; ·
Menyimpulkan perasaan
tokoh; · Menyampaikan pendapat terhadap cerita
dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya; Informasi ini menjadi acuan untuk merumuskan strategi pembelajaran
pada bab berikutnya. 2. Rumuskan kemampuan peserta didik tersebut dalam data pemetaan
sebagai berikut. 1: Kurang 2: Cukup 3: Baik 4: Sangat Baik Tabel 1.6 Contoh Pemetaan Peserta Didik Berdasarkan
B. Merefleksi Strategi
Pembelajaran: Apa yang Sudah Baik dan Perlu Ditingkatkan Beri tanda centang.
Tabel 1.7 Contoh Refleksi Strategi Pembelajaran di Bab 1
Tabel 1.8 Contoh
Refleksi Guru di Bab 1
Asyik! Bab 1 sudah selesai. Apa saja yang sudah kalian pelajari? Salinlah tabel berikut di buku tulis kalian. Kemudian isi dengan tanda centang, ya.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Pengayaan : ·
Bagi siswa yang memiliki minat tinggi terhadap topik materi ini, Guru dapat
menginformasikan kepada siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber.
Di antaranya informasi berbagai media atau website resmi dibawa nauangan
kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi tentang mengenal
perasaan. Remedial : ·
Remedial dilakukan dengan diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan
bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang siswa yang belum mecapai CP. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama : Kelas : Petunjuk! Pilih satu perasaan dalam minggu ini yang
paling kalian ingat. Tuliskan nama perasaan itu
dan penyebabnya. Gambarlah mimik perasaan itu
bersama orang tua kalian. Bawa gambar tersebut ke
sekolah, lalu ceritakan di depan kelas. Lihat contoh berikut.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Guru dan peserta didik mencari berbagai
informasi tentang mengenal perasaan media atau website resmi dibawa nauangan kementerian
pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. ·
Buku Panduan Guru dan Siswa Bahasa
Indonesia | Keluargaku Unik untuk SD Kelas II : Kemendikbudristek 2021.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. GLOSARIUM |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
GLOSARIUM alur konten capaian pembelajaran :
elemen turunan dari capaian pembelajaran
yang menggambarkan pencapaian kompetensi secara berjenjang alat peraga :
alat bantu yang digunakan guru dalam
pembelajaran agar materi yang diajarkan mudah dipahami oleh peserta didik asesmen :
upaya untuk mendapatkan data dari proses
dan hasil pembelajaran untuk mengetahui pencapaian peserta didik di kelas pada materi pembelajaran
tertentu asesmen diagnosis :
asesmen yang dilakukan pada awal tahun
ajaran guna memetakan kompetensi para peserta didik agar mereka mendapatkan
penanganan yang tepat asesmen formatif :
pengambilan data kemajuan belajar yang
dapat dilakukan oleh guru atau peserta didik dalam proses pembelajaran asesmen sumatif :
penilaian hasil belajar secara menyeluruh
yang meliputi keseluruhan aspek kompetensi yang dinilai dan biasanya
dilakukan pada akhir periode belajar capaian pembelajaran : kemampuan
pada akhir masa pembelajaran yang diperoleh melalui serangkaian proses pembelajaran eco brick :
botol plastik yang diisi dengan sampah
plastik hingga padat fakta :
hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan
kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi fiksi :
cerita rekaan (roman, novel, dan
sebagainya) gawai :
alat elektronik atau mekanik dengan fungsi
praktis grafik :
lukisan pasang surut suatu keadaan dengan
garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya) intonasi :
ketepatan pengucapan dan irama dalam
kalimat agar pendengar memahami makna kalimat tersebut dengan benar kata ajaib :
sebutan untuk ungkapan santun yang wajib
dikenal dan digunakan peserta didik dalam kesehariannya kartu Snellen :
poster yang berisi deretan huruf untuk
mendeteksi tajam penglihatan seseorang kompetensi :
kemampuan atau kecakapan seseorang untuk
mengerjakan pekerjaan tertentu membaca nyaring :
membacakan buku atau kutipan dari buku
kepada orang lain secara nyaring dengan tujuan untuk menarik minat membaca nonfiksi :
teks yang berdasarkan kenyataan atau fakta perancah :
teknik pemberian dukungan belajar secara
terstruktur dan bertahap agar peserta didik dapat belajar secara mandiri peta berpikir :
diagram dengan struktur hierarkis yang
digunakan untuk menyajikan informasi atau pemikiran secara visual pojok baca kelas :
bagian dari kelas yang dilengkapi dengan
rak buku berisikan buku-buku pengayaan sesuai jenjang untuk dibaca peserta
didik selama berada di kelas presentasi :
penyajian atau pertunjukan proyek kelas :
tugas pembelajaran yang kompleks dan
melibatkan beberapa kegiatan untuk dilakukan peserta didik secara kolaboratif dengan serangkaian
proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan sampah anorganik :
sampah yang terdiri atas benda tidak hidup sampah organic :
berkaitan dengan zat yang berasal dari
makhluk hidup seperti hewan atau tumbuhan teks deskripsi :
teks yang melukiskan sesuatu sesuai dengan
keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan
merasakan apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya teks eksposisi :
teks yang bertujuan untuk memberikan informasi
tertentu, misalnya maksud dan tujuan sesuatu
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. DAFTAR PUSTAKA |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DAFTAR
PUSTAKA Adams, Christine. 2004. Menjadi Teman
yang Baik. Yogyakarta: PT Kanisius. Bingham, Jane. 2006. Semua Bisa Sedih.
Solo: Tiga Serangkai. Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan
Literasi di Ruang Kelas. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius. Fisher, Douglas, dkk. 2019. This is
Balanced Literacy. Thousand Oaks: Corwin. Fountas, Irene C. & Gay Su Pinnell.
2010. The Continuum of Literacy Learning. Grades PreK to 8. New
Portsmouth: Heinemann. Gudgel, Dan. 2019. Screen Use for Kids. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/screen-use-kids. Diakses pada tanggal 11 Februari
2021. Imron, Maurilla. 2019. Eco bricks. https://zerowaste.id/manajemen-sampah/ecobricks/. Diunduh pada tanggal 11
Februari 2021 Kaiser, Barbara & Judy Sklar Rasminsky.
2007. Challenging Behaviour in Young Children. New York City: Pearson. McGraw-Hill Reading Wonders. 2014. Balanced
Literacy Guide. New York City: McGraw Hill Education. Mukamal, Reena. 2019. 20 Things to Know
About Children’s Eyes and Vision. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/tips-children-eyes-vision. Diunduh pada tanggal 11
Februari 2021. Nofu, Blandina Damayanti. 2018. “Analisis
Perilaku Menyeberang Jalan Anak Sekolah di Yogyakarta” (skripsi).
Yogyakarta: Universitas Atma Jaya. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2020. Modul
Asesmen Diagnosis di Awal Pembelajaran. Jakarta: Pusmenjar Kemendikbud
RI. Rasinski, Timothy dkk. (Eds.). 2012. Fluency
Instruction: Research-Based Best Practices. New York: The Guilford Press. Robb. Laura. 2003. Teaching Reading in
Social Studies, Science, and Math. New York City: Scholastic Teaching
Resources. |
BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DAN PERANGKAT PELENGKAPNYA DAPAT MENGHUBUNGI NO. WA. 085768843833
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !