BAGI YANG BERMINAT RPP DAN PERANGKAT YANG LAIN KELAS 3 DAN 6 REVISI 2018 SILAHKAN HUB. NO. HP. 085768843833 / NO. WA 089628732540
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4
Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.4.1 Menyebutkan minimal 4
ciri-ciri makhluk hidup.
|
2
|
4.4
Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk
hidup yang ada di
lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam
kalimat efektif.
|
4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri
makhluk hidup.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
|
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1.000 sampai
dengan 10.000.
3.1.2 Membilang secara
loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.
|
2
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1 Membilang dan
menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan,
ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan).
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.2
Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
|
3.2.1 Mengidentifikasi
bentuk pola irama sederhana.
|
2
|
4.2
Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
|
4.2.1 Memeragakan pola irama
sederhana.
4.2.2 Membuat pola irama
sederhana.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
2.
Setelah mengamati, siswa dapat
memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat
membuat pola irama sederhana dengan benar.
4.
Setelah mengamati, siswa dapat
memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
5.
Setelah mengamati gambar,
siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
6.
Setelah kegiatan membandingkan
gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
7.
Setelah bermain mencari
pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan
1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
8.
Setelah bermain mencari
pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat
bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
9.
Setelah mengamati contoh,
siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara
panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa.
¡
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡
Pembiasaan Membaca
15 menit. Literasi
¡
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak hewan atau
bercerita pengalaman pergi ke kebun binatang untuk mengawali pembahasan
tentang ciriciri makhluk hidup.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.
§
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada
pada teks lagu. Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
§
Siswa mengamati tanda
dan yang ada pada syair
lagu.
§
Jika ada tanda artinya
menyanyi dengan bunyi pendek.
§
Jika ada tanda artinya
menyanyi dengan bunyi panjang.
§
Misalnya : ci-cak-ci-cak-di-din-diiing.
§
Siswa berlatih menyanyi secara bergantian.
§
Guru menyampaikan bahwa lagu Cicak di Dinding termasuk
lagu yang memiliki pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris
hampir sama.
§
Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola
sama dan pola yang berbeda.
§
Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi
panjang dan bunyi pendek.
§
Buat pola dengan berbagai macam variasi.
§
Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibuat
dengan suara ta (pendek) dan taaa (suara panjang). Creativity
and Innovation
§
Siswa mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama
setiap barisnya (panjang semua atau pendek semua)
§
Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu
sama.
§
Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu
terdengar lebih asyik tidak membosankan.
§
Siswa mengamati gambar.
§
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
berdasarkan gambar. Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan
guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup.
§
Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada
gambar. Mandiri
§
Gambar cicak:
§
Cicak hidup di darat
§
Cicak bergerak merayap di dinding
§
Cicak makan nyamuk
§
Cicak suka memutuskan ekornya
§
Gambar ikan di aquarium
»
Ikan hidup di air.
»
Ikan bergerak berenang menggunakan sirip.
»
Dan lain-lain.
§
Kesimpulannya ikan dan cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri
makhluk hidup dari kedua hewan tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan
lain-lain.
§
Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas,
tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang.
§
Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah
tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Manusia berjalan atau
berlari menggunakan kaki. Burung terbang menggunakan sayap. Ikan berenang
menggunakan sirip, dan lain-lain.
§
Makhluk hidup bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam.
§
Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan
insang. Serangga bernapas dengan trakea. Tumbuhan bernapas dengan stomata.
§
Makhluk hidup tumbuh. Manusia ketika bayi tubuhnya kecil
lalu berangsur-angsur tumbuh menjadi besar. Begitupun hewan dan tumbuhan
mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran tubuh.
§
Makhluk hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia, ibu
melahirkan bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Berkembang biak
artinya menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak. Ada hewan yang
berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur. Begitupun tumbuhan juga
berkembang biak. Tujuan berkembangbiak adalah melestarikan jenisnya agar
tidak punah.
§
Memerlukan makanan dan air. Setiap makhluk hidup
memerlukan makanan dan air. Karena kalau tidak makan dan minum, makhluk hidup
akan mati.
§
Makhluk hidup memiliki ciri peka terhadap rangsangan.
Rangsang adalah sesuatu yang dapat memengaruhi kerja organ tubuh. Misalnya
ketika melihat sinar matahari, secara spontan kita akan menutup mata.
§
Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya
sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur sampai
dengan ribuan.
§
Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan.
Communication
§
Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu
bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000
sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan
pembelajaran.
a.
Apa saja yang
sudah dipelajari pada hari ini?
b.
Bagaimana
perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi
panjang dan bunyi pendek?
c.
Apa kegiatan
yang paling disukai?
d.
Informasi apa
yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara
siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan
atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan
refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Sinanggar
Tulo”
¡ Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan
masing-masing oleh dipimpin oleh siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.
¡ Berbagai poster pertumbuhan manusia, hewan, dan tanaman.
¡ Berbagai aktivitas makhluk hidup.
¡ Teks lagu Cicak atau jika memungkinkan alat audio agar siswa
dapat mendengarkan langsung.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Iwan
Setiawan, S.Pd.
NIP. 19570709 197803 1 001
|
…………,
………….2018
Guru Kelas III
Nina
Nurhayati, S.Pd.
NIP. 19730101 198703 2 005
|
LAMPIRAN 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Menyanyi lagu yang
memiliki pola irama sederhana.
§ Membaca pola irama
sederhana pada lagu.
§ Membaca dan menjawab
pertanyaan sesuai teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
§ Menulis ciri-ciri
makhluk hidup.
§ Menulis nama dan
lambang bilangan.
§ Mengurutkan
bilangan.
G. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
||||||||||||
2
|
...................
|
||||||||||||
3
|
……………..
|
||||||||||||
4
|
……………..
|
||||||||||||
5
|
……………..
|
||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
2.
Pengetahuan:
tes tertulis
a.
Membuat
pola irama menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek.
Skor maksimal 100.
Skor setiap baris 25.
Nilai = Banyaknya pola/baris × 25
Jawaban dapat beragam sesuai
imajinasi siswa.
Kunci jawaban/contoh pola
b.
Menyebutkan
ciri-ciri makhluk hidup minimal 4.
Skor maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar :
4) × 100
Kunci jawaban.
Ciri-ciri makhluk hidup diantaranya:
·
Membutuhkan
makanan dan air
·
Bernafas
·
Berkembang
biak
·
Bergerak
·
Peka
terhadap rangsang
c.
Membilang
secara urut dan loncat serta mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 19.
Skor maksimal 100.
Nilai = (Banyaknya jawaban benar :
19) × 100
Jawaban bagian 1 membilang secara
urut
1)
1.000,
2.000, 3.000, 4.000, 5.000
2)
1.500,
2.500, 3.500, 4.500
3)
2.000,
4.000, 6.000, 8.000, 10.000
Jawaban bagian II urutan bilangan.
1)
1.250,
2.250, 3.250, 4.250, 5.250
2)
1.300,
2.300, 3.300, 4.300, 5.300
3)
1.100,
2.250, 3.050, 4.200, 5.400
d.
Membilang
dan menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 8.
Nilai maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar :
8) × 100
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Keterampilan
siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat dilihat dari
cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan
lambang bilangan.
b.
Rubrik Menulis Ciri-Ciri
Makhluk Hidup Berdasarkan Gambar.
c.
Rubrik
Kegiatan Bernyanyi
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !