BAGI YANG BERMINAT RPP K.13 KELAS 5 REVISI 2017 SILAHKAN HUB. 085768843833
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : V/1
Tema/Sub Tema : Organ Gerak Hewan dan Manusia / Organ Gerak
Hewan
Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Pembelajaran : 1
A.
Kompetensi
Inti
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang Dianutnya
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
- Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
- Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B.
Kompetensai
Dasar
Bahasa
Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam
teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan
fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak
manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat
gerak manusia dan hewan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan
manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
2.
Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide
pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
3.
Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok
menjadi sebuah paragraf secara runtut.
4.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan
pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Membaca
bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia.
2.
Menentukan
ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
3.
Menulis dan
mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
4.
Berdiskusi
menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v Metode :
Ceramah,
diskusi dan tanya jawab
v Pendekatan :
Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/
eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v Model Pembelajaran : Discovery
Learning (DL)
F.
Media,
Alat dan Sumber Pelajaran
Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia,
gambar tentang organ gerak hewan dan manusia
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Pada
awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan
mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum
kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
2. Siswa
mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
3.
Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar
dan percakapan secara cermat.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
2. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam
hati.
3. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta
siswa lain menyimak.
4.
Bacaan tersebut dibaca secara
bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
5. Selesai
membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan
yang telah dibacanya.
6. Pada
kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf
berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
7. Siswa
membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara
menentukan ide pokok bacaan.
8. Pada
kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi.
9. Cara
membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang
disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat-pendapat tersebut.
10. Setelah
membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan
yang dirasa mendekati kebenaran.
11. Siswa
meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
12. Siswa
diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
13. Siswa
mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan
organ gerak manusia dan hewan.
|
175 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru dan siswa mengulang kambali
materi yang sudah dipelajari.
2.
Guru memberi salam penutup. Siswa
boleh pulang.
3.
Guru meminta siswa untuk
berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
|
20 menit
|
H.
Penilaian
Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung
jawab, disiplin
b.
Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Sikap
1)
Disiplin
2)
Tanggung Jawab
3)
Peduli
4)
Percaya Diri
b.
Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis,
remedial, dan pengayaan pada buku siswa.
c.
Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
Catatan:
·
Refleksi
* Hal-hal yang
perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang
perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang
menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
·
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai
kompetensi yang ditetapkan.
·
Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Kepala
Sekolah
...................................................
NIP.
|
............., ………………......20…
Guru
Kelas V
...................................................
NIP.
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !