Headlines News :

Lomba Blog BPJS Ketenagakerjaan

Home » » RPP K.13 KELAS 5 REVISI 2017

RPP K.13 KELAS 5 REVISI 2017



BAGI YANG BERMINAT RPP K.13 KELAS 5 REVISI 2017 SILAHKAN HUB. 085768843833

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   :   
Kelas/Semester          :    V/1
Tema/Sub Tema       :    Organ Gerak Hewan dan Manusia / Organ Gerak Hewan
Waktu                        :    1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Pembelajaran            :    1

A.    Kompetensi Inti
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang Dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
  3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
  4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.     Kompetensai Dasar
Bahasa Indonesia
3.1   Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1   Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
IPA
3.1   Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1   Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
2.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
3.      Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
4.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia.
2.      Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
3.      Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
4.      Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v  Metode                       :            Ceramah, diskusi dan tanya jawab
v  Pendekatan                 :            Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v  Model Pembelajaran   :            Discovery Learning (DL)

F.     Media, Alat dan Sumber Pelajaran
Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
2.      Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
3.      Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
2.      Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
3.      Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
4.      Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
5.      Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
6.      Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
7.      Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
8.      Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
9.      Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat-pendapat tersebut.
10.  Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.
11.  Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
12.  Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
13.  Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak manusia dan hewan.
175 menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru dan siswa mengulang kambali materi yang sudah dipelajari.
2.      Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
3.      Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
20 menit

H.    Penilaian Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
b.      Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja
2.      Instrumen Penilaian
a.      Sikap
1)      Disiplin
2)      Tanggung Jawab
3)      Peduli
4)      Percaya Diri

b.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa.
c.       Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja


Catatan:
·         Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..

·         Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

·         Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.


Kepala Sekolah




...................................................
            NIP.
............., ………………......20…
Guru Kelas V




...................................................
           NIP.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

Search This Blog

Blogger Themes

Random Post

Bagaimana Pendapat Anda dengan Blog ini?

Trending Topik

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified
SELAMAT DATANG
script>
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Berbagai Kumpulan Makalah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template