BAGI YANG BERMINAR RPP REVISI KELAS 2 TAHUN 2017 SILAHKAN HUB. 085768843833
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun
|
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang
santun
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan makna bilangan
cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret serta cara membacanya
|
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah.
3.1.2 Menyebutkan kumpulan
objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
|
4.1
|
Membaca dan menyajikan
bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret
|
1.1.1 Membaca lambang bilangan
sampai dengan 999 dengan tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
3.2.1 Mengetahui panjang pendek bunyi pada lagu anak
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
4.2.1 menampilkan panjang pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
D. MATERI
- Teks bacaan yang di dalamnya terdapat kalimat ungkapan.
- Cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
- Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
- Berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus.
- Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang
dibacakan guru.
Ø Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan.
Ø Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi
penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.
Ø Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan
dan buah hati.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti
ungkapan yang terdapat pada teks.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang
terdapat pada teks cerita.
Ayo Berlatih
Ø Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks
percakapan.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat
tersebut.
Ø Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan
percakapan yang terdapat pada buku.
Ø Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat
berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya.
Ayo Bermain Peran
Ø Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya,
bergantian dengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswa
dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1
dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap
percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya.
Ayo Berlatih
Ø Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa.
Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku
yang banyaknya ratusan.
Ø Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati
pengelompokan buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian
lain. Dengan cara seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5
puluhan sama dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.
Ayo Mengamati
Ø Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok
100 kubus.
Ø Siswa mengamati
kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak
kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Ayo Berlatih
Ø Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan
gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau
stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan
tiga angka.
Ø Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan
tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.
![]() ![]() ![]()
Ø Siswa membaca
bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca
bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah
teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal.
Ayo Bernyanyi
Ø Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan
Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu
dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek.
![]()
Ayo Berlatih
Ø Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan
bersama-sama dengan guru. Siswa merasakan
panjang dan pendeknya nada.
Ø Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang
dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek.
Ø Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang pendek
bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang
pendek bunyi.
Ø Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh
menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan
panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang
diamati adalah percaya diri.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999 dipelajari
kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua. Bilangan cacah sampai 999
dapat ditemui pada barang-barang di sekitar rumah, misalnya pada kemasan
makanan, nomor rumah, halaman buku, dan lain-lain.
Ø Orang tua membantu siswa menyebut bilangan-bilangan
yang ada di sekitar rumah.
|
140 menit
|
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian Sikap:
Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk Kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
![](file:///C:\Users\USER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image010.jpg)
b. Pengetahuan dan
Keterampilan
![](file:///C:\Users\USER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.jpg)
Contoh Rubrik:
1) Bahasa
Indonesia
Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam teks (KD
3.1 dan 4.1)
![](file:///C:\Users\USER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image014.jpg)
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya
diri.
![](file:///C:\Users\USER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image016.jpg)
2) Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1 dan
4.1)
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.
3) SBdP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada
Lagu (KD 3.2 dan 4.2)
![](file:///C:\Users\USER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image018.jpg)
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya
diri.
Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan guru untuk
mengamati kemampuan siswa. Tidak harus setiap hari nilai dicatat dalam daftar
nilai. Guru menggunakan hasil penilaiaan sebagai pedoman untuk memahamkan siswa
tentang materi yang sedang dipelajari.
H. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1. Guru membimbing siswa secara
rutin bagi siswa yang belum dapat membaca denganlancar karena akan berpengaruh
pada proses pembelajaran selanjutnya.
2. Guru membimbing siswa yang
belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.
3. Guru membahas kembali materi
tentang pembacaan dan penyajian lambang bilangan sampai 999.
- Pengayaan
1. Guru memberikan tugas untuk
menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat dalam teks hidup rukun.
2. Guru memberikan soal-soal yang
lebih bervariasi bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal latihan tentang
pembacaan bilangan cacah dengan tiga angka.
3. Guru memberikan latihan
lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu
menggunakan simbol.
I. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1
Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
·
Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 2 semester 1 dari JGC/SCI Media.
·
Video/slide/gambar tentang Hidup rukun.
·
Gambar kerukunan keluarga di rumah
·
Teks lagu “Peramah dan Sopan”
Refleksi
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………, ...............
Guru Kelas 2 ,
………………………………
NIP………………………….
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !