BAGI YANG BERMINAT RPP DAN PERANGKAT YANG LAIN KELAS 6 DAN 3 REVISI 2018 SILAHKAN HUBUNGI NO. HP. 085768843833 ATAU NO. WA. 089628732540
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1Menyimpulkan
informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
|
3.1.1 Menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya
dalam bentuk diagram.
|
2
|
4.1Menyajikan
simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau
wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
|
4.1.1Mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri
secara rinci menjadi sebuah tulisan.
|
IPS
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
|
3.1.1
Menyebutkan
kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN
terkait kondisi geografisnya
|
2
|
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial
budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
|
4.1.1Menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi
geografisnya
|
IPA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
3.1.1Mengidentifikasi perkembangbiakan
generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya
|
2
|
4.1Menyajikan
karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
|
4.1.1 Melaporkan perkembangbiakan generatif
melalui tabel dan manfaatnya
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks tentang
perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan
ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2.
Setelah menemukan ide pokok
dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri
secara rinci menjadi sebuah tulisan.
3.
Setelah mengamati bunga, siswa
mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif
melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya
dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa
mampu melaporkan perkembangbiakan generatif
melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
5.
Setelah membaca teks tentang
ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa
mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
6.
Setelah berdiskusi, siswa
mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial
budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan
lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan
Makhluk Hidup”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membawa salah satu jenis
tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Misalnya :
singkong, ubi jalar, padi, atau yang lainnya.
§ Guru mengajukan pertanyaan,
misalnya:
· Apa yang kalian ketahui tentang
tanaman ini?
· Apa manfaatnya dalam kehidupanmu?
· Apa yang ingin kalian ketahui
tentang tumbuhan sebagai sumber makanan?’
§ Guru kemudian menuliskan jawaban
siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang tumbuhan dan manusia. Communication
§ Guru mengajak siswa ke luar kelas
untuk mengamati lingkungan dan mendiskusikan tumbuhan sebagai sahabat manusia. Siswa dapat menyampaikan manfaat tumbuhan atau interaksi mereka dengan tumbuhan. Creativity and
Innovation
§ Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§ Setiap siswa kemudian menulis
pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan
mendiskusikan jawabannya. Collaboration
§ Guru membimbing diskusi, berjalan
berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa
setiap anggota berpartisipasi aktif.
Guru
melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa
yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan
diskusi di kesempatan lain. Rubrik dapat dilihat di halaman penilaian. Collaboration
§ Guru mengajak satu atau dua siswa
untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh
siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang
ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada
siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Creativity and
Innovation
Jawaban
yang diharapkan adalah sebagai berikut.
1.
Hewan dan manusia memperoleh manfaat dari tumbuhan.
2.
Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain:
·
Sumber energi bagi manusia.
·
Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
·
Sumber oksigen untuk bernapas.
·
Pengikat air tanah.
·
Peneduh dan memperindah kehidupan di bumi.
3.
Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan.
4.
Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan
sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan
sinar matahari.
5.
Beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan adalah manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan dan bumi
akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan
membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati. Mandiri
Bagaimana
Jagung Berkembang Biak?
Jagung
merupakan salah satu
tanaman
yang dijadikan bahan
makanan
pokok di berbagai
tempat,
juga di Indonesia.
Contohnya,
penduduk Pulau
Madura
menjadikan jagung sebagai
makanan
pokoknya. Jagung
merupakan
salah satu tanaman
penghasil
karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Seorang
petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung.
Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah.
Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah
bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk
seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.
Bunga jagung
memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut
tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika
angin bertiup. Tepung sari
yang terbawa angin, sebagian
akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon
jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.
Bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi
buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah
jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan
bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan
memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia
adalah biji jagung.
Petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung
dari hasil supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia.
panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari
sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh: Nuniek
§ Setiap siswa mengisi diagram
berdasarkan bacaan.
§ Siswa kemudian mendiskusikan
diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila
perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian
mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration
§ Guru menyampaikan daftar periksa penilaian
kepada siswa. Communication
Diagram
Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§
Siswa mengamati gambar bagian-bagian
reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
§
Siswa mengamati proses
perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
§
Siswa mengamati bagian–bagian
bunga sempurna berikut.
§
Siswa mencari informasi dari
berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
1.
Perkembangbiakan generatif (secara
kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
2.
Perkembangbiakan generatif
pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya
serbuk sari ke kepala putik.
3.
Setelah terjadi penyerbukan,
pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji.
Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk
sari.
4.
Di dalam ruang bakal biji
terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau
spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
5.
Hasil dari pembuahan adalah zigot.
6.
Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan
bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
7.
Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
§
Siswa mendiskusikan hasilnya
dengan kelompoknya. Collaboration
§
Siswa mencari bunga di
lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar
bagian-bagian bunga tersebut.
§
Siswa membandingkan hasil
gambarnya dengan gambar teman yang lain.
§
untuk mencari persamaan dan
perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan
tersebut.
§
Siswa kemudian menulis manfaat
dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Guru mensosialisasikan daftar
periksa kepada siswa.
Diagram Venn dinilai dengan
menggunakan daftar periksa yang terdapat di halaman belakang.
§
Setelah siswa membaca teks
tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya
sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu
sekitar tiga menit.
§
Dalam kelompoknya, setiap
siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan
sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang
menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
§
Guru memberikan penguatan
tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
§
Guru meminta siswa memilih dua
negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa
setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis
informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari
informasi secara bertahap. Creativity and Innovation
§
Pada pertemuan ini siswa hanya
membandingkan kehidupan social budaya dari dua negara. Mereka dapat
memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama
sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll).
Diagram Venn dinilai dengan
menggunakan daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§
Siswa melakukan refleks dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa.
§
Guru dapat menambahkan
pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku
Guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡
Melakukan
penilaian hasil belajar
¡
Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”
¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan
Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Selamatkan
Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Tumbuhan.
Mengetahui
Kepala Sekolah
____________________________
NIP. _________________________
|
…………,
………….2018
Guru Kelas VI
____________________________
NIP. _________________________
|
LAMPIRAN 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§
Menemukan informasi dan ide
pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran
yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
§
Mengamati tanaman dengan
perkembangbiakan generative dan manfaatnya.
§ Menemukan
persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial
budaya
G. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
H. Penilaian
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
||||||||||||
2
|
...................
|
||||||||||||
3
|
……………..
|
||||||||||||
4
|
……………..
|
||||||||||||
5
|
……………..
|
||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
Penilaian
1.
Diskusi
Saat
berdiskusi, siswa dinilai dengan rubric
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi criteria
Total Nilai Siswa
Penilaian (penskoran): X10
Total Nilai Maksimal
2+3+1 6
Contoh:
= X10 = 5
12 12
2. Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
3. IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa
4. IPA
Tabel dan tulisan dinilai dengan daftar periksa
5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru)
Pengayaan
Mintalah siswa untuk membawa tanaman bunga yang berbeda dan
memperlihatkannya kepada temannya untuk didiskusikan cara perkembangbiakannya.
Siswa dapat membawa tanaman keesokan hari setelah mereka
belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan.
Remedial
·
Siswa yang belum memahami cara
perkembangbiakan tumbuhan dapat mendiskusikannya dengan guru dengan mengamati
kembali tanaman yang ada di sekitar.
·
Guru membantu siswa untuk
menyebutkan bagian bunga dan cara penyerbukannya.
Kerjasama dengan
Orang Tua
·
Siswa diminta memperhatikan
lingkungan umahnya dan memperhatikan apakah
ada tanaman yang berkembang biak secara generatif.
·
Siswa diminta menyampaikan
hasilnya kepada guru dan teman di sekolah.
================================================
ReplyDeleteGame Slot Pragmatic Indonesia
CLUB388
178.128.118.38
Situs Poker Online Uang Asli
Situs Judi Online Uang Asli
Link Alternatif Fifapoker
================================================