BAGI YANG MEMBUTUHKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SILANGKAH HUBUNGI NO. WA 085768843833
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA |
Sekolah Dasar (sd/mi) Nama penyusun : _______________________________ Nama Sekolah : _______________________________ Mata Pelajaran : Matematika (Volume 1) Fase
B, Kelas / Semester : IV (Empat) / I (Ganjil) |
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA
MATEMATIKA SD KELAS 4 (VOLUME 1)
INFORMASI
UMUM |
||||||||
A.
IDENTITAS
MODUL |
||||||||
Penyusun Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase / Kelas Unit 1 Subunit 1 Capaian Pembelajaran Fase B Sesuai domain Alokasi Waktu |
: : : : : : : : : : |
..................................... SD ............................... Tahun 2022 SD Matematika (Volume 1) B / 4 Bilangan Cacah Besar Bilangan Cacah Besar Bilangan Pada akhir fase B,
peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai
tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan
komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan
masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik
dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah
sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan
faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan
dengan pembilang satu (misalnya, 3 x Pertemuan (setiap pertemuan 1
jam pelajaran) |
||||||
B. KOMPETENSI
AWAL |
||||||||
v Siswa dapat membaca dan menulis angka hingga 100 juta. v Siswa dapat membaca dan menulis angka hingga
triliun. v Siswa dapat
memahami mekanisme bilangan yang dipisahkan setiap tiga digit. |
||||||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||
v Bernalar Kreatif |
||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||||||
v Sumber Belajar : (Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Belajar Bersama
Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim
Gakko Tosho dan Internet),
Lembar kerja peserta didik v Persiapan : Tabel notasi posisi,
bahan/data terbaru, perangkat lunak terlampir. v Persiapan : Tabel notasi nilai tempat |
||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||
v Peserta didik
reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi
ajar. v Peserta didik dengan
pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin |
||||||||
F. MODEL PEMBELAJARAN |
||||||||
v Pembelajaran Tatap Muka |
||||||||
KOMPNEN INTI |
||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||
v Alur Tujuan Pembelajaran Unit : ·
Siswa
mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bilangan cacah
dinyatakan dalam notasi desimal. [A(1)] ·
Pelajari
tentang satuan 100 juta dan triliun, dan merangkum sistem notasi desimal.
[A(1)] ·
Disebutkan
bahwa ketika menyatakan bilangan besar, pemisah dapat digunakan setiap tiga
digit. [3(1)] v Alur Tujuan Pembelajaran Subunit : ·
Siswa dapat membaca dan menulis angka hingga 100 juta. ·
Siswa
dapat membaca dan menulis angka hingga triliun. · Siswa dapat memahami mekanisme bilangan
yang dipisahkan setiap tiga digit. v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-1 · Mengetahui cara menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta berdasarkan komposisi bilangan. v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-2 ·
Dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar,
memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 4 digit angka. v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-3 · Dapat membaca bilangan sampai
nilai tempat triliun dengan benar, memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 3
digit angka. |
||||||||
B.
PEMAHAMAN
BERMAKNA |
||||||||
v Meningkatkan
kemampuan siswa dalam mengetahui cara menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta
berdasarkan komposisi bilangan. v Meningkatkan
kemampuan siswa dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar,
memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 4 digit angka. v Meningkatkan
kemampuan siswa dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar,
memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 3 digit angka. |
||||||||
C.
PERTANYAAN
PEMANTIK |
||||||||
v Bagaimanakah kita membaca bilangan yang menyatakan jumlah penduduk tersebut? |
||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||
Pertemuan Ke-1 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Peserta didik bersama dengan
guru membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran. 4. Peserta didik dan guru
berdiskusi melalui pertanyaan pemantik. -
Bagaimanakah kita membaca bilangan yang menyatakan jumlah penduduk
tersebut? Kegiatan Inti 1. Mengamati gambar pada hal. 6
– 7, kemudian berdiskusi. §
Dengan memikirkan populasi penduduk negara mana yang bisa dibaca, siswa
akan mampu mengingat yang sudah dipelajari hingga tahun 3. §
Jika Anda memiliki data terbaru, Anda dapat menggunakannya. §
Memprediksi "bilangan apa" dengan melihat angka yang
menyatakan populasi penduduk negara lain. §
Tidak hanya berfokus pada populasi masing-masing negara (7 negara),
tetapi juga memanfaatkannya dalam bidang pemahaman internasional dengan
membandingkan salam dari masing-masing negara dan berbicara tentang
masing-masing negara. 2. Pertimbangkan cara membaca populasi penduduk Jepang dan perhatikan
nilai tempat 10 juta. §
Meninjau kembali cara membaca bilangan dengan nilai tempat kurang atau
sama dengan 10 juta. §
Menekankan pada posisi notasi (skala) 10.000 10 kumpulan 10 ribu, 100.000 10 kumpulan 100 ribu, 1.000.000 10 kumpulan 1 juta, 10.000.000 3. Mempertimbangkan nilai tempat
angka 1 yang paling kiri merupakan berapa kumpulan dari 10 juta. §
Menekankan pada 10 kumpulan 10 juta, menghasilkan 100.000.000 dengan
menggunakan pemikiran di nomer 2. 4. Mengkonfirmasikan istilah 100
juta.. §
Dengan memperhatikan cara membaca populasi penduduk Jepang,
informasikan bahwa bilangan hasil dari 10 kumpulan 10 juta disebut dengan 100
juta, dan ditulis 100000000. 5. Membaca populasi penduduk
Jepang. 6. Membaca populasi penduduk
masing-masing negara selain Jepang. §
Menulis dan membaca bilangan sampai nilai tempat 100 juta dengan
menggunakan pemikiran notasi nilai tempat. §
Menuliskan bilangan besar menggunakan tabel notasi nilai tempat, dan
memanfaatkan kelebihan pemisahan per-3 digit untuk membaca bilangan tersebut. 7. Mengetahui bagaimana cara
menulis milyaran, puluhan milyar, dan ratusan milyar. §
10 kumpulan 100 juta adalah 1.000.000.000 (1 miliar) §
10 kumpulan 1 miliar adalah 10.000.000.000 (10 miliar) §
10 kumpulan 10 miliar adalah 100.000.000.000 (100 miliar) Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
Pertemuan Ke-2 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti
tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi
dan motivasi. 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 1. Mempertimbangkan jarak yang
ditempuh cahaya dalam satu tahun, dan memperhatikan nilai tempat 100 miliar. §
Melatih kembali cara membaca bilangan kurang atau sama dengan 100
miliar dengan mencari tahu dari nilai tempat berapa dapat membacanya. §
Menekankan notasi nilai tempat 100 juta. 10 kumpulan 100 juta, 1.000.000.000 10 kumpulan 1 miliar, 10.000.000.000 10 kumpulan 10 miliar, 100.000.000.000. 2. Memikirkan nilai tempat ke-9 di paling kiri, berapa kumpulan 100
miliar. §
Dengan memanfaatkan pemikiran pada nomer 1, menekankan bahwa 10
kumpulan 100 miliar akan menghasilkan 1.000.000.000.000. 3. Mengkonfimasi istilah 1
triliun. § Dengan memikirkan cara
membaca jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, memberitahukan ke siswa
10 kumpulan 100 miliar disebut dengan 1 triliun, dan ditulis dengan 1.000.000.000.000. 4. Bacalah jarak tempuh cahaya
dalam setahun.. 5. Baca jarak dari Bumi ke
Matahari. § Membaca jarak dari Bumi ke
Matahari dengan berdasarkan pada pemisahan tiap 3 digit angka. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
Pertemuan Ke-3 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti
tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi
dan motivasi. 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 1. Mempertimbangkan jarak yang
ditempuh cahaya dalam satu tahun, dan memperhatikan nilai tempat 100 miliar. §
Melatih kembali cara membaca bilangan kurang atau sama dengan 100
miliar dengan mencari tahu dari nilai tempat berapa dapat membacanya. §
Menekankan notasi nilai tempat 100 juta. 10 kumpulan 100 juta, 1.000.000.000 10 kumpulan 1 miliar, 10.000.000.000 10 kumpulan 10 miliar, 100.000.000.000 2. Memikirkan nilai tempat ke-9 di paling kiri, berapa kumpulan 100
miliar. §
Dengan memanfaatkan pemikiran pada nomer 1, menekankan bahwa 10
kumpulan 100 miliar akan menghasilkan 1.000.000.000.000 3. Mengkonfimasi istilah 1
triliun. § Dengan memikirkan cara
membaca jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, memberitahukan ke siswa
10 kumpulan 100 miliar disebut dengan 1 triliun, dan ditulis dengan
1.000.000.000.000. 4. Bacalah jarak tempuh cahaya
dalam setahun.. 5. Baca jarak dari Bumi ke
Matahari. § Membaca jarak dari Bumi ke
Matahari dengan berdasarkan pada pemisahan tiap 3 digit angka. 6. Membaca jumlah kertas yang
digunakan di Jepang dalam satu tahun (2007) dan jumlah minyak yang ada di
bumi (2007). § Gunakan cara berpikir notasi
nilai tempat untuk membaca bilangan hingga nilai tempat triliunan. Pada saat
itu, Buat supaya siswa mengenali bahwa bilangan tersebut lebih mudah dibaca
dengan memisahkan setiap 3 digit, dengan memperhatikan adanya celah kecil di
setiap 3 digit. § Tulis bilangan besar
menggunakan tabel notasi nilai tempat dan manfaatkan kelebihan pembagian 3
digit tersebut agar anak dapat membaca bilangan tersebut. 7. Mengerjakan Soal Latihan 8. Memahami cara kerja bilangan
cacah besar dan cara membacanya. § Memahami kelebihan dari
pemisahan setiap 3 digit angka. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
E. REFERENSI |
||||||||
Berdasarkan alur ketika
berpikir tentang cara membaca populasi penduduk Jepang dan poin yang perlu
diingat dari apa yang sudah dipelajari, saat siswa mengerjakan tugas dan soal
baru, perlu selalu mempertimbangkan bahwa ada perbedaan tiap individu dalam
menyimpan pengalaman yang sudah dipelajari. Dengan kata lain, penting untuk
diketahui bahwa anak-anak memiliki pemahan yang berbada satu sama lainnya. Oleh karena itu,
penting untuk memantau sejauh mana setiap anak dapat membaca nilai bilangan
dengan pertanyaan awal (Sajikan sekitar 10 pertanyaan yang memperhitungkan
apa yang telah dipelajari di kelas sebelumnya dan analisis jawaban yang
salah. Ini dapat digunakan sebagai penilaian formatif.) untuk melakukan
bimbingan dari meja ke meja dan melaksanakan unit ini di kelas. Selanjutnya, untuk
menanggapi hal di atas, perlu meninjau kembali pembelajaran hingga tahun
ketiga dan mengajar menggunakan kartu tambahan (Kartu petunjuk untuk memandu
jawaban yang benar pada bagian yang sulit bagi siswa) saat membaca angka
hingga urutan 10 juta (Bagian ini adalah review sampai tingkat sebelumnya).
Terakhir, dengan memanfaatkan gagasan di atas, kita dapat mendorong siswa
untuk menyatakan bahwa 10 kumpulan 1 juta adalah 10 juta. Pada saat itu,
penting juga untuk meminta siswa untuk menanggapi metode penulisan dan cara
membaca. Selain itu, untuk menumbuhkan pandangan yang beragam tentang
bilangan, diharapkan untuk menekankan bahwa 10 ribu kumpulan dari 10 ribu
adalah 100 juta. Untuk pembuatan bahan Jika Anda mengundang
instruktur asing untuk melakukan pendidikan pemahaman internasional di
sekolah, atau jika Anda ingin menggunakan populasi negara asal instruktur
sebagai referensi, Anda dapat memperoleh materi dari homepage "Statistik
Dunia" dari "Pusat Statistik, Biro Statistik, Kementerian Dalam
Negeri dan Komunikasi". http://www.stat.go.jp/data/sekai/index.htm Cara Menggunakan Notasi Nilai Tempat Untuk anak-anak yang
tidak bisa membaca angka besar dengan benar, gunakan kartu notasi nilai
tempat atau tabel notasi nilai tempat terlebih dahulu untuk berlatih membaca
angka dengan benar. Sangat efektif untuk menyiapkan cetakan kartu notasi
nilai tempat. Kelebihan dari tabel
notasi nilai tempat adalah dapat membaca angka besar tanpa kesalahan. Selain itu, pada saat membandingkan angka besar
secara paralel, anak dapat memahami dengan baik hubungan antara bilangan
besar dan kecil, sehingga siswa akan memiliki persuasif secara visual. Namun, alih-alih
menggunakan tabel notasi nilai tempat untuk menulis angka selamanya, setelah
siswa terbiasa sampai batas tertentu, diharapkan untuk meminta siswa menulis
bilangan tanpa menggunakan tabel notasi nilai tempat. Kelebihan dalam Melihat Satuan 10 Ribuan, 100 Jutaan
dan Triliunan Pada buku ajar ini p,
kami memposisikan pemahaman sistem notasi desimal sebagai inti/pusat dari
pembimbingan. Dengan kata lain,
penekanannya ada pada pandangan kelebihan dari notasi nilai tempat 10.000,
100 juta, dan triliun. Misalnya, jika jarak yang ditempuh cahaya dalam satu
tahun dinyatakan sebagai bilangan aritmatika, maka akan menjadi
9.460.000.000.000. Namun jika dilihat
dari satuan jutaan, milyaran, dan triliunan maka bisa dinyatakan dengan 9
triliun 460 miliar. Seperti yang dapat
Anda lihat dari metode notasi di atas, lebih mudah dibaca jika ditulis dalam
satuan 10 ribu, 100 juta, dan 1 triliun. Ini karena hanya ada sedikit angka
0. Dengan kata lain, jika kita mengadopsi pandangan 10 ribu, 100 juta, atau 1
triliun, itu akan lebih mudah dibaca, dan kita tidak perlu menulis banyak
angka 0. Penting untuk mengutamakan pembimbingan yang menitikberatkan pada
kelebihan tersebut. Selain itu, karena
ini juga mengarah pada situasi berpikir bagaimana menghitungan empat operasi
aritmatika dalam kisaran satuan 10 ribu, 100 juta dan 1 triliun di dalam
subunit "3. Perhitungan Bilangan Besar", maka diharapkan untuk
melaksanakannya dengan hati-hati. Bagaimana Memisahkan Bilangan Cacah Besar Dalam Sistem
Bilangan, kita menyatakan bilangan besar dengan beberapa satuan nilai tempat,
yaitu dengan memasukkan satuan nilai tempat baru ribuan, jutaan, milliaran,
dan trilliunan pada setiap 3 digit angka, untuk menyadari hal ini, tabel
notasi nilai tempat sangatlah efektif. Saat menggunakan tabel notasi nilai
tempat, diharapkan guru membuat siswa sadar bahwa di samping satuan nilai
tempat baru akan muncul setiap tiga digit. Selain itu, jika
siswa menguasai cara baca dengan pemisah setiap 3 digit, Anda tidak perlu
memberikan notasi nilai tempat satu persatu seperti satuan, puluhan, ribuan
dan seterusnya. Dengan memadukan angka sebagai bagian dari 3 digit Selain
itu, menurut kebijaksanaan umum, bilangan dapat dinyatakan dengan menggunakan
tanda "." setiap 3 digit. Mengenai penerapan pembatas 3 digit ini,
diharapkan untuk memperlakukannya sebagai pengantar singkat agar siswa bisa
memikirkan kelebihan dari pembatas 3 digit tersebut. <contoh> Dalam kasus 9387416000000000 ·
Jika dipisahkan oleh 3 digit,
maka 9.387.416.000.000.000 Bagaimana Memisahkan Bilangan Cacah Besar Dalam Sistem
Bilangan, kita menyatakan bilangan besar dengan beberapa satuan nilai tempat,
yaitu dengan memasukkan satuan nilai tempat baru 10 ribuan, jutaan,
milliaran, trilliunan pada setiap 3 digit angka, untuk menyadari hal ini,
tabel notasi nilai tempat sangatlah efektif. Saat menggunakan tabel notasi
nilai tempat, diharapkan guru membuat siswa sadar bahwa di samping satuan
nilai tempat baru akan muncul setiap tiga digit. Jika siswa menguasai
cara baca dengan pemisah setiap 3 digit, Anda tidak perlu memberikan notasi nilai
tempat satu persatu seperti satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya. Dengan
memahami angka sebagai bagian dari tiga digit, angka besar dapat dibaca
secara efisien. Selain itu, menurut
kebijaksanaan umum, bilangan dapat dinyatakan dengan menggunakan tanda
"." setiap 3 digit. Mengenai penerapan pembatas 3 digit ini,
diharapkan untuk memperlakukannya sebagai pengantar singkat agar siswa bisa
memikirkan kelebihan dari pembatas 3 digit tersebut. <contoh> Dalam kasus 9387416000000000 ·
Jika dipisahkan oleh 3 digit,
maka 9.387.416.000.000.000 |
||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||
Penilaian Pertemuan Ke-1 Pertemuan Ke-2 Jarak tempuh cahaya dalam satu
tahun 9.460.000.000.000 km. ·
Coba pikirkan seperti saat kalian membaca nilai tempat
100 juta. Lipatlah tabelnya terlebih dahulu,
dan saat diperlukan kalian dapat memperlihatkan kolom yang lebih dari 10 triliun. Rahasia tabel notasi nilai tempat ·
Satu, sepuluh, seratus, dan seribu akan keluar berulang
kali. ·
Satu, sepuluh, seratus, dan seribu berpadu pada satu
unit. ·
Setelah nilai tempat ribuan akan muncul penamaan yang
baru. Cara Membaca Bilangan Cacah Besar. ·
Jika kalian menggunakan nilai tempat 10 ribuan, 100
jutaan, dan 1 triliunan dengan baik, maka kalian akan mudah untuk membacanya. ·
Pisahkan bilangan pada setiap tiga digit, lalu berilah
tanda pada seribu, 1 juta, 1 milliar, dan 1 trilliun. Pertemuan Ke-3 Jarak tempuh cahaya dalam satu tahun 9.460.000.000.000
km · Coba pikirkan seperti
saat kalian membaca nilai tempat 100 juta. Temukan rahasia dalam tabel notasi nilai tempat
dan buat bilangan besar jadi lebih mudah dibaca. Lipatlah tabelnya terlebih dahulu, dan saat diperlukan
kalian dapat memperlihatkan kolom yang lebih dari 10 triliun. Rahasia Tabel Notasi Nilai Tempat · Satu, sepuluh, seratus,
dan seribu akan keluar berulang kali. · Satu, sepuluh, seratus,
dan seribu berpadu pada satu unit. · Setelah nilai tempat
ribuan akan muncul penamaan yang baru. Cara Membaca Bilangan Cacah Besar · Jika kalian menggunakan
nilai tempat 10 ribuan, 100 jutaan, dan 1 triliunan dengan · baik, maka kalian akan
mudah untuk membacanya. · Pisahkan bilangan pada
setiap tiga digit, lalu berilah tanda pada seribu, 1 juta, 1 miliar, dan 1
triliun |
||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||
Pengayaan §
Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata mengikuti pembelajaran
dengan pengayaan. Remedial § Diberikan kepada peserta didik yang
membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang
kepada siswa yang belum mecapai CP. |
||||||||
LAMPIRAN |
||||||||
A. LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK |
||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-1 Nama :
............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk! LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-2 Nama :
............................................................................. Kelas : ............................................................................. Petunjuk! LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-3 Nama :
............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk!
|
||||||||
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
||||||||
· Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik
Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas IV – Vol 1, Penulis : Tim Gakko Tosho, Penyadur :
Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-540-1 · Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah
Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul
Putra, ISBN : 978-602-244-542-5 |
||||||||
C. GLOSARIUM |
||||||||
·
Bilangan cacah adalah bilangan yang terdiri dari
bilangan asli dan bilangan nol (0). Seperti : 1, 2, 3, 10, 100, dan lainnya.
Bilangan positif yang termasuk ratusan, ribuan, jutaan, hingga triliunan
dengan jumlah yang tidak terbatas adalah bilangan cacah besar. |
||||||||
D. DAFTAR PUSTAKA |
||||||||
Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN :
978-602-244-540-1, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah
Dasar Kelas IV – Vol 1 Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN :
978-602-244-542-5, Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1 |
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA
MATEMATIKA SD KELAS 4 (VOLUME 1)
INFORMASI
UMUM |
||||||||
A.
IDENTITAS
MODUL |
||||||||
Penyusun Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase / Kelas Unit 1 Subunit 2 Capaian Pembelajaran Fase B Sesuai domain Alokasi Waktu |
: : : : : : : : : : |
..................................... SD ............................... Tahun 2022 SD Matematika (Volume 1) B / 4 Bilangan Cacah Besar Sistem Bilangan untuk
Bilangan Bulat Besar Bilangan Pada akhir fase B,
peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai
tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan
komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan
masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik
dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah
sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan
faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan
dengan pembilang satu (misalnya, 3 x Pertemuan (setiap pertemuan 1
jam pelajaran) |
||||||
B. KOMPETENSI
AWAL |
||||||||
v
Memahami bagaimana mengekspresikan menggunakan mekanisme angka. v Dapat menyatakan bilangan
dengan benar sambil membandingkannya dengan tabel notasi nilai tempat. |
||||||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||
v Bernalar Kreatif |
||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||||||
v Sumber Belajar : (Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Belajar Bersama
Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim Gakko
Tosho dan Internet), Lembar
kerja peserta didik v Persiapan : Kartu 6, 1, 9 masing-masing 1 lembar, Kartu 2
sebanyak 2 lembar, kartu 0 sebanyak 11 lembar. v Persiapan : Tabel notasi nilai tempat |
||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||
v Peserta didik reguler/tipikal:
umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. v Peserta didik dengan
pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin |
||||||||
F. MODEL PEMBELAJARAN |
||||||||
v Pembelajaran Tatap Muka |
||||||||
KOMPNEN INTI |
||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||
v Alur Tujuan Pembelajaran Unit : ·
Siswa
mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bilangan cacah
dinyatakan dalam notasi desimal. [A(1)] ·
Pelajari
tentang satuan 100 juta dan triliun, dan merangkum sistem notasi desimal.
[A(1)] ·
Disebutkan
bahwa ketika menyatakan bilangan besar, pemisah dapat digunakan setiap tiga
digit. [3(1)] v Alur Tujuan Pembelajaran Subunit : · Memahami bagaimana mengekspresikan menggunakan
mekanisme angka. · Dapat menyatakan bilangan dengan benar sambil
membandingkannya dengan tabel notasi nilai tempat. v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-4 ·
Mengetahui bahwa bilangan bulat dapat diwakili oleh 10 angka dari 0
sampai 9. ·
Dapat melihat komposisi bilangan besar. ·
Dapat memahami mekanisme bilangan besar dengan mempertimbangkan ukuran relatif bilangan. v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-5 ·
Dapat melihat hubungan antara bilangan 10 kali lipat, 100 kali lipat,
dan 1/10 bagian. ·
Dapat melihat hubungan dari bilangan hasil 10.000 kali lipat.. v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-6 ·
Memikirkan tentang bagaimana merepresentasikan bilangan besar pada
garis bilangan. ·
Dapat melihat cara membandingkan angka besar. · Mengetahui satuan nilai
tempat bilangan yang lebih besar dari triliun. |
||||||||
B.
PEMAHAMAN
BERMAKNA |
||||||||
v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui bahwa
bilangan bulat dapat diwakili oleh 10 angka dari 0 sampai 9. v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam dapat melihat
komposisi bilangan besar. v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mekanisme
bilangan besar dengan mempertimbangkan
ukuran relatif bilangan. v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam dapat melihat hubungan antara
bilangan 10 kali lipat, 100 kali lipat, dan 1/10 bagian. v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam dapat melihat hubungan dari
bilangan hasil 10.000 kali lipat.. v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam memikirkan tentang
bagaimana merepresentasikan bilangan besar pada garis bilangan. v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam dapat melihat cara
membandingkan angka besar. v Meningkatkan
kemampuan siswa dalam mengetahui satuan nilai tempat bilangan yang lebih besar dari triliun. |
||||||||
C.
PERTANYAAN
PEMANTIK |
||||||||
v Mengapa bilangan cacah bisa dikatakan bagian dari bilangan bulat? |
||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||
Pertemuan Ke-4 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan membaca/ menulis/
mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh
dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi dan
motivasi. 4. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran Kegiatan Inti 1. Dari tabel notasi nilai
tempat, memikirkan nilai tempat apa dan memahami arti setiap nilai tempat. §
Ada dua angka 4, siswa mencoba memikirkan berapa nilai tempat dari masing-masing
angka tersebut. §
Memikirkan angka 4 yang bernilai tempat 100 triliunan yang ada di
sebelah kiri menunjukkan berapa kali dari 4 yang bernilai tempat 10 triliunan
yang ada di sebelah kanan. 2. Mengetahui hubungan satuan nilai tempat yang ada di kiri dan kanan
bilangan, kemudian meringkas mekanisme bagaimana merepresentasikan bilangan
bulat. §
Mencoba untuk menemukan mekanisme tentang nilai angka yang akan
meningkat 10 kali lipat untuk setiap gerakan ke posisi kiri (atas) dan 1/10
untuk setiap gerakan ke posisi kanan (bawah). 3. Memahami cara kerja bilangan
cacah. §
Memahami bahwa 10 angka dari 0 sampai 9 dapat mewakili bilangan bulat
besar apa pun. 4. Memahami Angka
30.980.000.000.000 dengan berbagai cara dengan mengubah satuan nilai tempatnya §
Membuat siswa mengerti dengan berbagai cara. §
Memahami 1 triliun dan 100 juta, 10 triliun dan 1 miliar, 100 juta saja
dan seterusnya. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
Pertemuan Ke-5 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti
tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi
dan motivasi. 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 1. Memikirkan tentang bagaimana
menulis dan membaca bilangan hasil 10 kali dan 100 kali lipat dari 3.256.900. Memahami bahwa dengan membandingkan arti 10 kali dengan bilangan asli
(3.256.900) menggunakan tabel notasi nilai tempat, nilai tempat bilangan akan
dinaikkan satu. §
Di sini, tujuannya adalah untuk memahami struktur desimal daripada
pemrosesan 0. §
Sama halnya dengan 10kali lipat, siswa memahami bahwa dengan
membandingkan arti 100 kali dengan bilangan asli (3.256.900) menggunakan
tabel notasi nilai tempat, nilai tempat bilangan akan dinaikkan dua. 2. Memikirkan tentang pandangan sebaliknya. §
memahami bahwa dengan membandingkan arti 1/10 bagian dari bilangan asli
(3.256.900) menggunakan tabel notasi nilai tempat, nilai tempat bilangan akan
diturunkan satu. 3. Dengan mempertimbangkan hasil
10.000 kali dari 10.000 dan 10.000 kali lipat dari 100 juta, siswa menyadari
bahwa jika suatu bilangan dikali 10.000, maka akan muncul nama satuan nilai
tempat yang baru. §
Dengan mengetahui bahwa dengan mengalikan 1000, maka satuan nilai
tempatnya berubah setiap 3 digit, menjadi ribuan, jutaan, milliaran, dan triliunan,
siswa akan menyadari keunggulan dari sistem pemisahan angka per-3 digit. 4. Mengerjakan Soal Latihan §
harus ditulis hanya dalam angka dan dinyatakan sebagai 20 triliun 250
miliar dan 40 trilun 70 miliar 300 ribu. §
Mampu memahami bahwa nilai tempat naik satu tempat. §
Mampu menangkap bahwa nilai tempat naik dua tempat. §
Mampu menangkap bahwa nilai tempat naik satu tempat. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
Pertemuan Ke-6 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti
tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi
dan motivasi. 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 1. Membaca pertanyaan,
mengkonfirmasi, dan menyatakan berapakah satu skala pada masing-masing garis bilangan. §
Nomor ① menekankan pada: satu skala
menunjukkan 10 juta. Nomor ② menekankan pada: satu skala
bernilai 100 juta, nomor ③ satu skala bernilai 1
miliar, nomor ④ satu skala bernilai 10
miliar, dan nomor ⑤ satu skala bernilai 100
miliar. §
Setelah mengkonfirmasi nilai satu skala, meminta siswa untuk memikirkan
bilangan pada ____. 2. Menggambar garis bilangan
yang menunjukkan tiga angka, dan menyatakan tiga angka pada garis bilangan
tersebut. §
Memikirkan tentang berapa banyak 1 skala pada garis bilangan tersebut. §
Buat mereka berpikir tentang seberapa besar satu skala dari garis
bilangan yang dapat mewakili tiga bilangan tersebut harus sesuai dengan lebar
buku catatan. 3. Membandingkan besar kecil
dari bilangan cacah besar. §
Memahami nilai tempat terbesar dari masing-masing bilangan, dan jika
jumlah digitnya sama, maka besar kecilnya bilangan ditentukan dengan
membandingkan secara berurutan dari nilai tempat teratas. 4. Mengerjakan soal latihan. §
Memikirkan tentang berapa banyak bilangannyang diwakili oleh 1 skala. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
E. REFERENSI |
||||||||
Mengenai 10 kali, 100 kali, Jika menuliskan "Mengalikan 10 dan
mengalikan 100" dalam kalimat matematika, maka masing-masing adalah a ×
10 dan a × 100. Namun, pada adegan pengajaran komposisi bilangan,
penting untuk memahamkan siswa bahwa karakteristik sistem notasi desimal
adalah "jika dikalikan dengan 10, nilai tempat akan naik satu tempat"
karena x10 berada setelah x9. Dalam hal ini, 10 kali dan 100 kali tidak ditulis
sebagai x10 dan x100, tetapi ditulis sebagai "10 kali dari 3.256.900,
100 kali dari 3.256.900" untuk menekankan bahwa kita mengajarkan
komposisi numerik. Selain itu, jika kita menulis "buat jadi
1/10" ke dalam kalimat matematika, maka akan menjadi a x 1/10. Saat
mengajarkan komposisi bilangan, penting untuk membuat siswa paham bahwa
karakteristik sistem notasi desimal adalah "jika Anda membagi dengan 10,
nilai tempat akan turun satu tempat". Mengenai Pembimbingan Garis Bilangan Garis bilangan sangat cocok untuk menyatakan besarnya
angka. Sulit untuk memahami ukuran dengan menghitung angka, tetapi jika
menyusun garis bilangan, kita dapat memahami hubungan ukuran dalam sekilas.
Jika ukuran satu skala ditentukan dengan tepat, kita akan dapat menyatakan
bilangan sebesar apapun. Diharapkan untuk sepenuhnya mengajari anak-anak
tentang kelebihan tersebut. Penting untuk memahami hubungan posisi dari bilangan
cacah besar berdasarkan uraian di atas. Bilangan yang lebih besar dari triliun • Secara kuantitatif memahami angka 1
Kuardriliun sabagai satuan waktu 1 detik. Memahami bahwa Sekitar 30 juta tahun yang lalu,
kita dapat melihat ke masa pra sejarah terkait seberapa lama waktu seperti di
bawah ini. <Contoh Rujukan> 100.000 tahun yang lalu >>> Di zaman
es, ketika ada mamut. 5 juta tahun yang lalu >>> Nenek
moyang umat manusia muncul. 38 juta tahun yang lalu >>> Mamalia
yang masih ada saat ini sebagian besar telah muncul. 65 juta tahun yang lalu >>> Dinosaurus
dan amon telah punah. • Mengetahui satuan nilai tempat yang lebih
besar dari triliun. Mengetahui adanya satuan nilai tempat yang
lebih besar dari triliun akan mengarahkan minat dan ketertarikan siswa
meskipun satuan tersebut tidak dipergunakan setiap hari. Mengapa menghitung 1 sampai 1 triliun memerlukan waktu
30 tahun? Jika kita menghitung satu per satu per detik, akan
memakan waktu sekitar 30 juta tahun untuk menghitung dari 1 hingga 1000 triliun. Kenapa
ya? 1 hari = 24 jam = (24 x 60) menit = (24x60x60)
detik = 86.400 detik 1 tahun = 365 hari = (365 x 86.400) detik = 31.536.000
detik 100 tahun = 3.153.600.000 detik 1.000 tahun = 10 dari 100 tahun=31.536.000.000
detik 100.000 tahun = 3.153.600.000.000 detik (3
trilliun 153 milliar 6 ratus juta detik) 10.000.000 tahun = 315.600.000.000.000 detik
(315 trilliun 600 milliar detik) 30.000.000 tahun = 946 triliun 8 milliar tahun) Jadi, seperti itu. Akan memakan waktu sekitar
30 juta tahun. Memikirkan rumus konversi hubungannya dengan detik
di atas, 32 juta tahun = 946.80 triliun + 63.72 triliun
= 1.009.152 triliun, yaitu sekitar 32 juta tahun, 1.009.152 triliun
detik, yang menjadi angka yang lebih mendekati. |
||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||
Penilaian Pertemuan Ke-4 Mari kita pikirkan tentang seberapa besar
bilangan yang ditunjukkan dan cara kerjanya. 1) Bilangan
hasil 6441 kumpulan 1 triliun dan ____ kumpulan 100 juta ditulis juga dengan 6.441.900.000.000.000 2) Bilangan jumlah dari 6 kumpulan 1
Kuardriliun, ___ kumpulan 100 triliun, ___ kumpulan 10 triliun, ___ kumpulan
1 triliun, dan ___ kumpulan 100 miliar. 3) Bilangan ___ kumpulan 100 juta. ·
4 di kiri ... Nilai tempat 100 triliunan 4 di kanan ...
Angka 4 kiri dengan nilai tempat 10 triliunan adalah 10 kalinya 4 sebelah
kanan. ·
Mekanisme tentang nilai tempat angka yang meningkat 10
kali lipat setiap kali posisi bergerak ke kiri. Rangkuman Pembelajaran Bilangan besar apa pun dapat ditulis
menggunakan angka berikut ini: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Angka-angka seperti
itu disebut dengan bilangan cacah. Pertemuan Ke-5 Ayo pikirkan 10 kali dan 100 kali lipat dari bilangan 3.256.900, dan 1/10
bagian dari 3.256.900. Pertemuan Ke-6 1) 50
juta, 100 juta Satu skala berbilai 10 juta 2) 100
juta, 1 miliar, 1 miliar 200 juta Satu skala bernilai 100 juta 3) 10 miliar
Satu skala bernilai 1 miliar 4) 10
miliar, 70 miliar, 100 miliar Satu skala bernilai 10 miliar 5) 700
miliar, 1 triliun Satu skala bernilai 100 miliar 6) Jumlah
skalanya? 20 skala besar satu skalanya? 100 juta 7) 110.950.000___111.095.000 213.610.000___203.161.000 Kesimpulan Saat menggambar garis bilangan, pertimbangkan ukuran
1 skala sesuai dengan angka yang ingin dinyatakan. |
||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||
Pengayaan §
Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata mengikuti pembelajaran
dengan pengayaan. Remedial § Diberikan kepada peserta didik yang
membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang
kepada siswa yang belum mecapai CP. |
||||||||
LAMPIRAN |
||||||||
A. LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK |
||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-4 Nama : ............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk! LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-5 Nama : ............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk! LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-6 Nama : ............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk!
|
||||||||
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
||||||||
· Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik
Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV – Vol 1, Penulis : Tim Gakko Tosho,
Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-540-1 · Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim Gakko Tosho, Penyadur :
Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-542-5 |
||||||||
C. GLOSARIUM |
||||||||
·
Bilangan cacah adalah bilangan yang terdiri dari bilangan asli dan bilangan nol (0).
Seperti : 1, 2, 3, 10, 100, dan lainnya. Bilangan positif yang termasuk
ratusan, ribuan, jutaan, hingga triliunan dengan jumlah yang tidak terbatas
adalah bilangan cacah besar. |
||||||||
D. DAFTAR PUSTAKA |
||||||||
Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN :
978-602-244-540-1, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah
Dasar Kelas IV – Vol 1 Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN :
978-602-244-542-5, Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1 |
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA
MATEMATIKA SD KELAS 4 (VOLUME 1)
INFORMASI
UMUM |
||||||||
A.
IDENTITAS
MODUL |
||||||||
Penyusun Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase / Kelas Unit 1 Subunit 3 Capaian Pembelajaran Fase B Sesuai domain Alokasi Waktu |
: : : : : : : : : : |
..................................... SD ............................... Tahun 2022 SD Matematika (Volume 1) B / 4 Bilangan Cacah Besar Perhitungan Bilangan
Bulat Besar Bilangan Pada akhir fase B,
peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai
tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan
komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan
masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik
dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah
sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan
faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan
dengan pembilang satu (misalnya, 3 x Pertemuan (setiap pertemuan 1
jam pelajaran) |
||||||
B. KOMPETENSI
AWAL |
||||||||
v
Dapat melakukan empat operasi aritmatika dari bilangan yang dinyatakan
dalam satuan nilai tempat ribuan, jutaan, miliaran, dan triliunan . v Memahami cara menjumlahkan,
mengurangi, mengalikan, dan membagi bilangan besar dan memahami arti dari
istilah "jumlah", "selisih", "hasil kali", dan
"hasil bagi". |
||||||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||
v Bernalar Kreatif |
||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||||||
v Sumber Belajar : (Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Belajar Bersama
Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim
Gakko Tosho dan Internet),
Lembar kerja peserta didik v Persiapan : Tabel notasi nilai tempat. v Persiapan : Tabel notasi nilai tempat, kartu dari 0 hingga 9 (Untuk guru dan
siswa) |
||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||
v Peserta didik reguler/tipikal:
umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. v Peserta didik dengan
pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin |
||||||||
F. MODEL PEMBELAJARAN |
||||||||
v Pembelajaran Tatap Muka |
||||||||
KOMPNEN INTI |
||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||
v Alur Tujuan Pembelajaran Unit : · Siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang
bagaimana bilangan cacah dinyatakan dalam notasi desimal. [A(1)] · Pelajari tentang satuan 100 juta dan triliun, dan
merangkum sistem notasi desimal. [A(1)] ·
Disebutkan
bahwa ketika menyatakan bilangan besar, pemisah dapat digunakan setiap tiga
digit. [3(1)] v Alur Tujuan Pembelajaran Subunit : · Dapat melakukan empat operasi aritmatika dari bilangan
yang dinyatakan dalam satuan nilai tempat ribuan, jutaan, miliaran, dan
triliunan . · Memahami cara menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, dan
membagi bilangan besar dan memahami arti dari istilah "jumlah", "selisih",
"hasil kali", dan "hasil bagi". v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-7 Sasaran Jam ke-enam ·
Memikirkan tentang cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian bilangan besar dalam satuan jutaan, miliar, dan triliun. ·
Mengetahui istilah dan arti dari "jumlah",
"selisih", "hasil kali", dan "hasil bagi". v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-7 ·
Memperdalam pemahaman tentang apa yang telah dipelajari. v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-8 ·
Mengkonfirmasi apa yang telah dipelajari. · Menggunakan apa yang telah
dipelajari untuk memecahkan masalah |
||||||||
B.
PEMAHAMAN
BERMAKNA |
||||||||
v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam cara menghitung
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan besar dalam
satuan jutaan, miliar, dan triliun. v Meningkatkan
kemampuan siswa dalam istilah dan arti dari "jumlah", "selisih",
"hasil kali", dan "hasil bagi". v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam memperdalam pemahaman
tentang apa yang telah dipelajari. v
Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengkonfirmasi apa
yang telah dipelajari. v Meningkatkan
kemampuan siswa dalam menggunakan apa yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah |
||||||||
C.
PERTANYAAN
PEMANTIK |
||||||||
v Bagaimana cara menentukan bilangan bulat Besar ? |
||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||
Pertemuan Ke-7 (Sasaran
Jam ke-enam) |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan membaca/ menulis/
mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh
dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi dan
motivasi. 4. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran Kegiatan Inti 1. Selesaikan soal secara bebas. §
Membandingkan kedua kalimat matematika, dan memahami perbedaannya. A. 1.200.000.000
+ 3.300.000.000 B. 1
miliar 200 juta + 3 miliar 300 juta §
Membuat siswa mengkonfirmasi perbedaan satuan nilai tempat (1 dan 100
juta), dan memahami bahwa dengan menyatakan 100 juta sebagai satuan nilai
tempat akan lebih mudah dipahami. 2. Menuliskan dua kalimat
matematika untuk mencari selisihnya, dan mencari jawabannya. §
Merumuskan dua kalimat matematika dari pembelajaran penyesuaian, lalu
menghitungnya. 3. Mengetahui istilah
"jumlah" dan "selisih". §
Memahami arti dari "jumlah" dan "selisih". §
Melihat kolom "ungkapan/istilah" dan biarkan siswa memahami
artinya dari sudut pandang etimologis. 4. Berlatihlah untuk menemukan
jumlah dan selisih. §
Buat siswa mencoba menggunakan istilah jumlah dan selisih sebanyak
mungkin untuk membiasakannya. 5. Baca kalimat pertanyaan dan
rumuskan kalimat matematikanya. Membandingkan
kedua rumus dan memahami perbedaannya. A.
650.000 x 12 B.
650 ribu x 12 §
Mendiskusikan apa yang disadari saat menghitung kedua rumus tersebut. 6. Mengetahui bahwa jawaban dari
operasi perkalian adalah "hasil kali". 7. Baca kalimat pertanyaan dan
rumuskan kalimat matematikanya. §
Membandingkan kedua rumus berikut dan memahami perbedaannya. A.
350.000 : 5 B.
350 ribu : 5 8. Mengetahui bahwa jawaban dari
operasi pembagian adalah "hasil bagi". §
Membiarkan mereka memahami artinya dari §
sudut pandang etimologis dengan melihat kolom §
"ungkapan/istilah". 9. Berlatihlah mencari hasil
kali dan hasil bagi. §
Mencoba untuk menggunakan istilah produk dan hasil bagi sebanyak
mungkin untuk membiasakannya. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
Pertemuan Ke-7 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti
tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi
dan motivasi. 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 1. Mengecek komposisi bilangan
dari bilangan cacah besar. §
Untuk anak-anak yang masih kesulitan, minta mereka menentukannya
berdasarkan tabel notasi nilai tempat. 2. Memeriksa cara membaca dan
menulis bilangan cacah besar. §
Memberitahu siswa bahwa di halaman dengan "simbol melihat
kembali" terdapat petunjuk. 3. Mengkonfirmasi empat operasi
aritmatika dalam satuan 10 ribu dan 100 juta. §
Mengkonfirmasi bahwa penghitungan menjadi lebih mudah jika berpikir
dalam satuan ribuan, jutaan, miliaran, dan triliunan. 4. Membuat berbagai bilangan
dengan menggunakan kartu dan periksa bagaimana membandingkan besaran bilangan
yang besar. §
Saat membandingkan besar kecil bilangan, pastikan siswa
membandingkannya secara berurutan dari nilai tempat teratas, karena jumlah
digit bilangan tersebut sama. §
Buat siswa berpikir tentang bagaimana sebaiknya membuat bilangan
terbesar dan bilangan terkecil. Apakah
Kamu Ingat? Biasakan
diri Anda dengan perhitungan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan tiga
digit. §
Diharapkan efek pembelajaran akan lebih efektif jika persoalan ① dan ② dilaksanakan dalam satu jam
pelajaran, ① sebagai pembelajaran di
rumah, dan ② sebagai pemecahan masalah
dalam format pelajaran. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
Pertemuan Ke-8 |
||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1. Peserta didik dan Guru
memulai dengan berdoa bersama. 2. Peserta didik disapa dan
melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru. 3. Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti
tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi
dan motivasi. 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 1) Memastikan mekanisme bilangan
cacah besar. §
Sarankan kepada anak-anak yang yang mengalami kesulitan untuk berpikir
dengan menggunakan tabel notasi nilai tempat. 2) Perdalam pemahaman tentang
cara membaca dan menulis bilangan besar. §
Mengetahui bahwa bilangan besar digunakan dalam berbagai situasi, sehingga
siswa dapat merasa dekat dengan bilangan-bilangan tersebut. §
Kontrol dengan ketat cara membaca bilangan dengan pemisah 3 digit dan
notasi nilai tempat. 3) Mampu menulis angka dengan
memperhatikan angka 0 yang bernilai kosong. §
Merangkum apa yang dipelajari dalam "bilangan cacah besar" di
buku catatan. §
Dalam matematika, ketika mempelajari satuan pembelajaran yang baru,
masalah sering kali diselesaikan dengan menggunakan hal-hal yang telah
dipelajari dan pengalaman yang ada. Oleh karena itu, adalah efektif untuk
merangkum hal-hal yang tercantum di sebelah kiri pada setiap unit ketika mempelajari
unit-unit baru yang berkaitan. 1. Membuat bilangan bulat 10
digit menggunakan 10 kartu dari 0 hingga 9. §
Disarankan untuk membuat angka 10 digit dengan menentukan tujuan
seperti angka terbesar atau angka terkecil. 2. Memikirkan tentang bilangan yang
dibuat oleh Chia, Kade, Dadang, dan Yosef. §
Memikirkan bilangan yang dibuat masing-masing berdasarkan balon
percakapan. §
Dapat mengetahu angka terbesar dan terkecil. Buat mereka mengerti bahwa
ide dasarnya tetap sama meskipun angkanya mendekati 5 miliar. §
Buat mereka memikirkan secara berurutan dengan baik tentang bilangan
yang dibuat Yosef. 3. Menentukan bilangan yang
memenuhi syarat dengan bilangan 10 digit. §
Mempertimbangkan bilangan yang memenuhi syarat A, B, C, dan D. Kegiatan Penutup 1. Siswa dapat menyimpulkan isi
materi pada pembelajaran hari ini. 2. Siswa mengkomunikasikan
kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini. 3. Siswa menerima apresiasi dan
motivasi dari guru. |
||||||||
E. REFERENSI |
||||||||
[Jumlah] dan [Selisih] Gunakan kolom "ungkapan" untuk
memahami arti dari istilah "jumlah" dan "selisih". Pada
saat itu, akan lebih mudah untuk memahami apakah artinya dipahami secara
visual dengan menggunakan diagram ruas garis atau sejenisnya. Pada diagram ruas garis, bagian yang diwakili
oleh "jumlah" dan "selisih" ditampilkan dengan jelas. Setelah arti dari istilah tersebut sudah
dipahami, diharapkan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Penting agar
anak-anak menggunakannya dengan antusias dan membiasakannya dalam pembelajaran
di masa depan. [Hasil Kali] dan [Hasil Bagi] "Hasil kali" adalah karakter bentukan
yang dibuat dengan menggabungkan. "Hasil kali" berarti beras dan
biji-bijian, dan "hasil kali" berarti mengumpulkan. Dengan kata lain, hasil kali mempunyai arti mengumpulkan
beras. Selain itu, "hasil kali" juga memiliki arti sebagai berikut. ① Menumpuk sebagaimana
adanya, menumpuk secara acak, menumpuk. ② Menyimpan, barang
yang ditumpuk, simpan. Dengan mengaitkan hal-hal tersebut dengan makna
perkalian, maka makna “hasil kali” akan menjadi lebih mudah dipahami. Selain itu "hasil bagi" memiliki arti
bisnis, orang yang berbisnis, mengetahui skala, dan mengetahui bagian luar
dan dalam. Selain hasil bagi, terdapat berbagai karakter yang
memiliki arti "mengukur", seperti "total", "pengukuran", "kuantitas",
"derajat", "kalkulasi", "angka",
"nama", "singkatan", tetapi untuk "Komersial" memiliki
arti "mengukur dengan membandingkan". Dengan mengaitkan hal-hal tersebut dengan arti pembagian,
maka arti 「“hasil bagi”」 akan menjadi lebih mudah
untuk dipahami. |
||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||
Penilaian Pertemuan Ke-6 Mari kita cari cara untuk menghitung angka
besar. 1. Kalau dibuat dengan menggunakan satuan nilai
tempat 100.000.000 (seratus jutaan) 2. Jawaban dari hasil penjumlahan jumlah Jawaban
dari hasil pengurangan selisih 3. Ada banyak 0 dan sepertinya bisa salah
hitung 4. Jawaban dari hasil perkalian hasil kali Jawaban dari hasil pembagian hasil bagi Kesimpulan Untuk kalkulasi bilangan cacah besar, akan
mudah jika dihitung dengan menggunakan satuan nilai tempat ribuan, jutaan,
miliaran, dan triliunan. 1. Tuliskan angka-angka berikut ini dalam
angka. ① Bilangan
lebih kecil 1 dari 1 triliun. [999 999 999 999] ② Bilangan
10 ribu kali lipat dari 50 ribu. [500 000 000] ③ Bilangan
10 ribu kali lipat dari 500 juta. [5 000 000 000 000] ④ Bilangan
yang lebih kecil 1 juta dari 400 juta. [399 000 000 000] ⑤ BIlangan
hasil jumlah dari 18 kumpulan dari 1 triliun, dan 704 kumpulan dari 100 juta.
[18 070 400 000 000] 2. Jika uang senilai 100 juta yen di jajar
berdampingan menggunakan lembar uang 10 ribu yen (lebar 16 cm), berapakah
panjangnya? Lalu, bagaimana jika di jajar berdampingan
menggunakan lebar 1000 yen? Berapa panjangnya? 100 juta yen adalah 10 ribu kalinya 10 ribu. 16cm×10000=160.000 cm =1600 m =1 km 600 m 100 juta yen adalah 100 ribu kalinya 1000 yen 15 cm×100.000=1.500.000cm =15000m =15km 1. Tuliskan bilangan yang diwakili oleh ↑ pada baris bilangan di
bawah ini. |
||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||
Pengayaan §
Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata mengikuti pembelajaran
dengan pengayaan. Remedial § Diberikan kepada peserta didik yang
membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang
kepada siswa yang belum mecapai CP. |
||||||||
LAMPIRAN |
||||||||
A. LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK |
||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-6 Nama : ............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk! LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-7 Nama : ............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk! LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) Ke-8 Nama : ............................................................................. Kelas :
............................................................................. Petunjuk!
|
||||||||
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
||||||||
· Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik
Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV – Vol 1, Penulis : Tim Gakko Tosho,
Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-540-1 · Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim Gakko Tosho, Penyadur :
Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-542-5 |
||||||||
C. GLOSARIUM |
||||||||
·
Bilangan cacah adalah bilangan yang terdiri dari
bilangan asli dan bilangan nol (0). Seperti : 1, 2, 3, 10, 100, dan lainnya.
Bilangan positif yang termasuk ratusan, ribuan, jutaan, hingga triliunan
dengan jumlah yang tidak terbatas adalah bilangan cacah besar. |
||||||||
D. DAFTAR PUSTAKA |
||||||||
Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN :
978-602-244-540-1, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah
Dasar Kelas IV – Vol 1 Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN :
978-602-244-542-5, Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1 |
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !