ASSALAMU'ALAIKUM....
BERIKUT ADALAH CONTOH RPP K.13 REVISI 2016 UNTUK KELAS 1
APABILA ADA YANG MEMBUTUHKAN SILAHKAN HUB. 085768843833
BERIKUT CONTOHNYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : I/1
Tema/Sub Tema : Diriku / Aku dan Teman Baru
Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran : 1
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensai
Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang
di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata
bahasa daerah.
4.9 Menggunakan
kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan tulisan
Indikator:
3.9.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan
atau tulis dengan tepat
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan
atau tulis dengan tepat
PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami aturan yang
berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan
sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
Indikator:
3.2.4 Menggali informasi hal-
hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar
rumah
SBdP
Kompetensi Dasar
3.2
Memahami elemen musik melalui lagu
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan
warna suara manusia
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui lagu, siswa dapat
memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2.
Melalui permainan “Suara siapakah
itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
3.
Saat bernyanyi dan melakukan
permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4.
Setelah selesai bernyanyi dan
melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan
warna suara masing-masing teman.
5.
Dengan berbagi cerita, siswa dapat
memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi
slam pada orang tua saat ke luar rumah.
D.
Materi
Pembelajaran
· Teman Baru
· Mengenal warna suara teman baru
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v Metode :
Ceramah,
diskusi dan tanya jawab
v Pendekatan :
Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/
eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v Model Pembelajaran : Discovery
Learning (DL)
F.
Media,
Alat dan Sumber Pelajaran
·
Bola plastik atau bola dari kertas
bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
·
Alat musik (jika ada) untuk
mengiringi siswa bernyanyi.
·
Buku siswa.
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pembelajaran 1 di buku siswa
dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu
mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.
2.
Pada awal pelajaran, guru memberi
salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
3.
Guru menyapa beberapa siswa dan
menanyakan namanya.
4.
Guru lalu menanyakan, “Apakah
kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke
sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan
dengan orang tua?”
5.
Guru menerima jawaban siswa yang
beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil
mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
6.
Guru menyampaikan kepada siswa
pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok
berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Setelah itu, guru mengajak siswa
untuk saling berkenalan.
2.
Guru menunjukkan cara berkenalan.
(guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman
3)
3.
Kemudian siswa diajak untuk
saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan
aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk
atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan
tepat).
4.
Permainan dimulai dari guru
dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa
dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa
(melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
5.
Siswa yang menangkap lemparan
bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar
bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga
menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
6.
Demikian seterusnya hingga
seluruh siswa memperkenalkan diri.
7.
Setelah semua siswa
memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan
kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa
halaman 6.
8.
Siswa tetap berada pada posisi
lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil
menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa
tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk
pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya
sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
9.
Selain menigngat nama teman, saat
bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
10.
Kegiatan dilanjutkan dengan
meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada
siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan
teman-teman.
11.
Kegiatan berkenalan dengan
berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.
|
145 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Kegiatan ditutup dengan diskusi
pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang.
Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
2.
Setelah diskusi tentang
pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak
siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa
sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa
secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai.
3.
Guru memberi salam penutup. Siswa
boleh pulang.
4.
Guru meminta siswa untuk
berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
Pembelajaran
1.
Sikap
Observasi dan pencatatan
sikap siswa selama kegiatan
2.
Pengetahuan
Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas
(guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)
3.
Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian
Kriteria
|
Baik
sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Pendampingan 1
|
1. Kemampuan
memperkenalkan diri
|
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan
nama panggilan
|
Siswa mampu
menyebutkan nama panjang
|
Siswa hanya mampu menyebutkan nama
panggilan
|
Siswa belum mampu mem- perkenalkan diri
|
2. Kemampuan menjalankan
peraturan pada permainan
|
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai
dengan aturan
|
3. Kemampuan
melakukan gerakan melempar dan menangkap
|
Siswa mampu melempar dan menangkap bola
dengan akurat (tidak pernah meleset)
|
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi
1-2 kali meleset
|
Siswa
melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3
kali meleset
|
Siswa belum mampu melempar dan menangkap
bola
|
(Format penilaian bisa dilihat di teknik dan instrument penilaian yang terdapat pada bagian depan buku guru)
Catatan:
·
Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
·
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai
kompetensi yang ditetapkan.
·
Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Kepala
Sekolah
........................................
NIP.
................................
|
............., ………………......20…
Guru
Kelas I
................................
NIP.
...................................
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !