SILAHKAN DILIHAT RPP KURIKULUM NASIONAL / K.13 DIBAWAH INI JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB. 085768843833 UNTUK KELAS LAIN JUGA TERSEDIA. TERIMA KASIH.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : VI/1
Tema/Sub Tema : Selamatkan
Makhluk Hidup / Tumbuhan Sumber Kehidupan
Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran : 1
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensai
Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai
sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi
makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
·
Menemukan
informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.
·
Menjelaskan
struktur teks investigasi.
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal, dan persen).
4.1 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator
·
Menentukan
hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
·
Menyelesaikan
soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi.
3.6 Mendeskripsikan
perkembangbiakan makhluk hidup.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk
tulisan.
Indikator
·
Menjelaskan
proses perkembangbiakan generative pada tumbuhan.
·
Melaporkan
perkembangbiakan generatif tanaman.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca teks investigasi, siswa mampu menjelaskan manfaat dan cara memperoleh
data dari teks investigasi dengan benar.
2.
Setelah
membaca teks investigasi, siswa mampu menjelaskan struktur teks investigasi
dengan benar.
3.
Setelah
mengamati bunga, siswa mampu menjelaskan stuktur bunga dan proses
perkembangbiakan generatif dengan benar.
4.
Setelah
mengamati bunga dan mencari informasi, siswa mampu menjelaskan jenis
perkembangbiakan generatif dengan benar.
5.
Dengan
mengerjakan soal cerita, siswa mampu menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada berbagai bentuk pecahan
menggunakan strategi yang tepat dengan teliti.
6.
Dengan
mengerjakan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada pecahan menggunakan
strategi yang tepat dengan teliti.
D.
Materi
Pembelajaran
- Membaca dan menemukan informasi.
- Menulis laporan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka.
- Mengamati perkembangbiakan tumbuhan.
- Mengerjakan soal cerita hitung campur pecahan.
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
v Metode :
Ceramah,
diskusi dan tanya jawab
v Pendekatan :
Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/
eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasi-kan)
v Model Pembelajaran : Discovery
Learning (DL)
F.
Media,
Alat dan Sumber Pelajaran
1.
Tanaman/foto
jagung.
2.
Gambar
seri proses penyerbukan.
3.
Satu jenis
tanaman yang merupakan bahan makanan.
4.
Kertas HVS
dan alat tulis.
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, menyapa dan mendata kehadiran siswa.
2.
Guru
menyampaikan tema yang akan dibahas
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa
diminta mengamati gambar yang terdapat pada buku.
2.
Siswa membuat 2 pertanyaan mengenai tanaman sebagai
sumber kehidupan berdasarkan gambar yang telah mereka amati.
3.
Secara berpasangan, siswa meminta temannya untuk saling
menjawab.
4.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, kemudian
menjawab pertanyaan yang terdapat di buku.
5.
Siswa menyampaikan
jawaban hasil diskusi di depan kelompok yang lain. Tumbuhan tidak hanya
dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber bahan makanan, tetapi juga
dimanfaatkan oleh hewan. Tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua
makhluk.
6.
Siswa
membaca teks singkat tentang kisah si Udin yang melakukan investigasi tentang
perkembangbiakan tanaman jagung, yaitu mewawancarai pamannya, mengamati
tanaman jagung, serta melakukan studi pustaka dengan mencari beragam gambar
tentang tanaman jagung.
7.
Siswa
membaca teks laporan investigasi yang dibuat Udin berdasarkan hasil
investigasi yang dilakukan tentang perkembangbiakan tanaman jagung.
8.
Berikan
pemahaman pada siswa bahwa laporan yang Udin hasilkan mengenai
perkembangbiakan jagung merupakan laporan investigasi. Isi dari laporan
investigasi berupa fakta, bukan rekaan. Untuk menghasilkan laporan ini, Udin
harus melakukan pengamatan di lokasi, melakukan wawancara, serta melengkapi
informasi dari berbagai sumber agar diperoleh data yang lengkap.
9.
Secara
berpasangan, siswa mencari informasi umum, fakta-fakta, dan kesimpulan dari
teks investigasi yang dibaca.
10. Siswa menyajikan hasil diskusi di depan
kelas.
11. Jawaban yang diharapkan dari hasil analisis
tentang bagian-bagian dari teks investigasi tentang perkembangbiakan tanaman
jagung.
12. Siswa mengamati gambar bagian-bagian
reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
13. Siswa mengamati proses perkembangbiakan
generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
14. Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna
15. Siswa mencari informasi dari berbagai sumber
mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
16. Siswa mendiskusikan hasilnya dengan
kelompoknya.
17. Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan
mengamati bagianbagiannya. Kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
18. Siswa membandingkan hasil gambarnya dengan
gambar teman yang lain untuk mencari persamaan dan perbedaannya.
19. Siswa mengamati gambar proses penyerbukan.
20. Siswa mencari informasi dari berbagai sumber
mengenai jenis penyerbukan.
21. Siswa menuliskan informasi mengenai
penyerbukan tersebut.
22. Siswa mengamati lingkungan di sekitarnya
untuk menemukan satu jenis tanaman dan cara penyerbukannya. Kemudian siswa
menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia. (Penilaian IPA)
23. Siswa mengerjakan soal cerita berdasarkan
bacaan.
24. Guru memastikan semua siswa mengerjakan
dengan teliti dan mandiri. Pastikan tidak ada siswa yang melihat hasil
hitungan teman yang lain.
25. Guru dapat melakukan penilaian sikap saat
siswa mengerjakan latihan dengan kriteria yang ditentukan, seperti tekun, teliti,
jujur, dan mandiri.
26. Guru membahas jawaban bersama siswa dan siswa
saling mengoreksi jawaban teman lainnya.
27. Siswa mengisi daftar periksa untuk mengetahui
tanggung jawab mereka terhadap tugas-tugas sekolah selama satu hari ini.
Ingatkan kepada siswa untuk menjawab dengan jujur.
28. Siswa diminta menuliskan kesimpulan sikap
mereka berdasarkan daftar periksa, dan menuliskan rencana selanjutnya untuk
memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab dengan lebih baik lagi.
29. Siswa mengamati jenis tumbuhan yang ada di rumah
dan menuliskan sebanyak mungkin manfaat tumbuhan tersebut bagi kehidupan.
30. Siswa menuliskan sikap tanggung jawab terhadap
tugas-tugas di rumah berdasarkan hasil diskusi bersama orang tua.
|
145 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar selama
sehari
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
|
15 menit
|
H.
Penilaian
Pembelajaran
1.
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Jujur
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Keterampilan
a.
Daftar
periksa penilaian Tugas Bahasa Indonesia, yaitu mengidentifikasi bagian-bagian
teks Investigasi.
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Informasi
Umum
|
Mampu
menemukan
informasi
umum secara
tepat, lengkap,
dan benar.
|
Informasi
umum yang
ditemukan
tepat, tetapi
kurang
lengkap.
|
Informasi
umum yang
ditemukan
kurang
tepat.
|
Informasi
umum yang
ditemukan
tidak tepat.
|
2.
|
Fakta-fakta
berdasarkan
data
|
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat.
|
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
3.
|
Kesimpulan
|
Mampu
menemukan
kesimpulan
secara tepat,
lengkap, dan
benar.
|
Kesimpulan
yang
ditemukan
cukup tepat,
tetapi kurang
lengkap.
|
Kesimpulan
yang
ditemukan
kurang
tepat.
|
Kesimpulan
yang
ditemukan
tidak tepat.
|
Catatan: Centang √ pada bagian yang
memenuhi kriteria
Penilaian: [total nilai : total
kolom] x 10
Contoh:
[9 : 12] x 10 = 0,75 x 10 = 7,5
b.
Penilaian
Tugas IPA, yaitu Pengamatan dan Analisis Proses Perkembangbiakan Generatif pada
Tumbuhan.
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Informasi
Umum
|
Mampu
menemukan
informasi
umum secara
tepat, lengkap,
dan benar.
|
Informasi
umum yang
ditemukan
tepat, tetapi
kurang
lengkap.
|
Informasi
umum yang
ditemukan
kurang
tepat.
|
Informasi
umum yang
ditemukan
tidak tepat.
|
2.
|
Fakta-fakta
berdasarkan
data
|
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat.
|
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
3.
|
Kesimpulan
|
Mampu
menemukan
kesimpulan
secara tepat,
lengkap, dan
benar.
|
Kesimpulan
yang
ditemukan
cukup tepat,
tetapi kurang
lengkap.
|
Kesimpulan
yang
ditemukan
kurang
tepat.
|
Kesimpulan
yang
ditemukan
tidak tepat.
|
c.
Tugas soal
cerita dan soal latihan pecahan diperiksa kebenarannya dan diberikan skor.
Catatan:
·
Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………..
·
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai
kompetensi yang ditetapkan.
·
Pengayaan
Memberikan kegiatan-kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Kepala
Sekolah
…………………………….
NIP. ………………………..
|
…….., ………………......20…
Guru
Kelas VI
…………………………….
NIP. ………………………..
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !