BAB I
PENDAHULUAN
Shalat
yang diwajibkan bagi tiap-tiap orang yang dewasa dan berakal ialah lima kali sehari semalam.
Mula-mula turunnya perintah wajib shalat itu ialah pada malam isra’, setahun
sebelum tahun Hijriah.hal itu akan dijelaskan satu persatu berikut ini.
Orang
yang bukan islam tidak diwjibkan shala,berarti ia tidak di tuntut untuk
mengerjakannya di dunia hingga ia masuk islam, karena meskipun dikerjakannya,
tetap tidak sah. Tetapi iaakan mendapat siksaan diakhirat karena tidak shalat.
BAB II
PEMBAHASAN
Asal
makna shalat secara epistimologi ialah
“do’a”, tetapi yang di maksud di sini ialah”ibadat yang tersusun dari beberapa perkataan dan
perbuatan yang di mulai dengan takbir,di
sudahi dengan salam, dan memenuhi beberapa syarat yang di tentukan”.
واقم
الصّلاة انّ الصّلاة تنهى عنِ الفحشاءوالمنكر _ سورةالعنكبوت
“dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat
itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar.”(Al-Ankabut)
Shalat
yang diwajibkan bagi tiap-tiap orang yang dewasa dan berakal ialah lima kali sehari semalam.
Mula-mula turunnya perintah wajib shalat itu ialah pada malam isra’, setahun
sebelum tahun Hijriah.hal itu akan dijelaskan satu persatu berikut ini.
Orang
yang bukan islam tidak diwjibkan shala,berarti ia tidak di tuntut untuk
mengerjakannya di dunia hingga ia masuk islam, karena meskipun dikerjakannya,
tetap tidak sah. Tetapi iaakan mendapat siksaan diakhirat karena tidak shalat.
Firman allah swt.
فى جنّت يتساءلون.عن المجرمين.ماسلككم
فىسقر.قالوالم نك من المصلّين.ولم نك نطعم المسكين. المدثر
“berada dalam surga, mereka tanya-menanya
tentang (keadaan orang-orang yang berdosa, ‘apakah yang memasukkan kamu ke
dalamsaqar (neraka)?mereka menjawab,’kami dahulu tidak termasuk orang-orangyang
mengerjakan shalat,dan kami tidak pula member makan orang
miskin’.”(Al-Muddassir;40-41)
Sabda Rosullullah Saw;
قل رسول الله صلى الله عليه وسلّم لف
طمة بنت ابى حبيس:ادااقبلت الحيضة فدعى الصّلاة.
رواه البخارى
Beliau
berkata kepada patimah binti abi hubaisy,”apabila datang haid, tinggalkanlah
shalat.”(Riwayat Bukhari)
Telah
diterangkan bahwa nifas ialah kotoran yang berkumpultertahan sewaktu perempuan
hamil.
Orang yang tidak berakal tidk
diwajibkan shalat.
Umur dewasa itu dapat di ketahui melalui salah satu tanda
berikut;
Sabda Rasulullah Saw;
رفع القلم عن ثلاث عن الصّبىّ حتّى يبلغ
وعن النّائم حتّى يستيقظ وعن المخنون حتّى يفيق.
رواه أبوداودوابن ماجه حديث صحيح
“yang terlepas dari hokum ada tiga macam;
(1) kanak-kanak hingga ia dewasa, (2) orang tidur hingga ia bangun, (3) orang
gila hingga ia sembuh.”(Riwayat Abu Dawud Dan Ibnu Majah.hadisini sahih)
Orangyang
belum menerima perintah tidak di tuntut dengan hukum.
Firman Allah Swt;
لئلاّيكون للنّا س على الله حجّة
بعدالرّسل. النساء
“agar tidak ada alasan bagi manusia
membantah allah sesudah di utus-Nya rasul-rasul.”(An-Nisa;165)
Melihat
atau mendengar menjadi syarat wajib mengerjakan shalat, walaupun pada suatu
waktu untuk kesempatan mempelajarihukum-hukum syara.orang yang buta dan tuli
sejak dilahirkan tidak dituntut dengan hukum karena tidak ada jalan baginya
untuk belajar hokum-hukum syara.
Maka
orang yang tidur tidak wajib shalat, begitu juga orang yang lupa.
Sabda Rasulullah Saw;
رفع القلم عن ثلاث عن الصّبىّ حتّى يبلغ
وعن النّائم حتّى يستيقظ وعن المجنون حتّى يفيق.
رواه أبوداودوابن ماجه
حديث صحيح
Artinya: “yang terlepas dari hukum adatiga
macam ;(1) kanak-kanak hingga ia dewasa ,(2) orang tidur hingga ia bangun,
(3)orang gila hingga ia sembuh.’’(Riwayat Abu Dawud Dan Ibnu Majah. Hadis ini
shahih).
Sabda Rasulallah Saw;
لايقبل الله صلاة احدكم ادااحدث حتّى
يتوضّأ. رواه البخارىومسلم
“allah
tidak menerima shalat seseorang diantara kamu apabila ia berhadas hingga ia
berwudhu.”(Riwayat Bukhari Dan Muslim)
Firman Allah Swt;
وان كنتم خنبافاطّهّروا. الما ئدة
“jika kamu junub,maka
mandilah.”(Al-Maida;6)
Firman allah swt;
وثيابك فطهّر. المد ثر
“dan beraihkanlah pakaian
mu.”(Al-Muddassir;4)
Najis
yang sedikit atau yang sukar memeliharanya (menjaganya)-seperti nanah bisul,
darah khitan,dan darah berpantikyang ada di tempatnya diberi keringanan untuk
di bawa shalat.
Aurat
di tutup dengan sesuatu yang dapat menghalangi terlihatnya warna kulit. Aurat
laki-laki antara pusat sampai lutut , aurat perempuan seluruh badannya
kecualimuka dan dua tapak tangan.
Firman Allah Swt;
يبني ادم خدوازينتكم عندكلّ مسجد. الاعراف
“hai anak adam, pakailah
pakaianmu yang indah di setiap(memasuki masjid.”(Al-A’raf;31)
Yang
di maksud “pakaian” dalam ayat ini ialah pakaian untuk shalat.
Di
antara syarat sah shalat ialah mengetahui bahwa waktu shalat sudah tiba.
Selama dalam shalat, wajib
menghadap ke kiblat.
Firman Allah Swt ;
فولّ وجهك شطرالمسجدالحرامروحيث ماكنتم
فولّواوجوهكم شطره. البقرة
“palingkanlah mukamu kea
rah masjidil haram. Dan di mana saja kamu berada,palingkanlah mukamu ke
arahnya.” (Al-Baqarah:144)
Arti niat ada dua;
Firman
Allah Swt;
وماامرواالاّليعبدواالله مخلصين له
الدّين. البينة ه
“padahal mereka tidak
disuruh kecuali supaya menyembah allah denga memurnikan ketaatan kepada-Nya
dalam (menjalankan) agama dengan lurus.” (Al-Baqarah ; 5).
Sabda
Rasul Saw;
انّماالاعمال باالنّيّات. رواه البخارى ومسلم
“ sesungguhnya segala
amal itu hendaklah dengan niat.” (Riwayat Bukhari Dan Muslim)
Sabda Rasululah Saw;
قل عمران بن حصبن كانت بىّ بواسيرفسألت
النّبىّ صلى الله عليه وسلّم عن الصّلاة فقال صل قائمافان
لم تستطع فعلى جنب. رواه البخاروزادالنسائ فان لم تستطع
فمستلقيالايكلّف الله نفساالاّوسعها
Amran
bin husband berkata,”saya ber penyakit bawasir, maka saya bertanya kepada nabi
Saw. Tentang shalat. Beliau berkata,’shalatlah sambil berdiri; kalau tidak
kuasa,shalatlah sambil duduk; kalau tidak kuasa duduk,shalat sambil
berbaring”(Riwayat Bukhari,Dan Nasai menambahkan,’’kalau juga tidak
kuasa,shalatlah sambil menelentang. Allah tidak memberati seorang melainkan
sekuasanya.”)
Sabda Rasulullah Saw;
مفتاح الصّلاة
الوضوءوتحريمحاالتّكبيروتحليلهاالتّسليم. رواهأبوداودوالترمدى
“kunci shalat itu
wudu,permulaannya takbir, dan penghabisannya salam.”(riwayat abu dawud dan
tirmizi)
Sabda Rasulullah Saw;
لاصلاةلمن لم يقرأبفاتحة الكتاب. رواه البخارى
“tiadalah shalat bagi
seseorang yang membaca surat
fatihah.” (Riwayat Bukhari)
لاتجزئ صلاة لمن لم يقرأبفتحة الكتاب. رواه الدارقطنى
“tidak
sah shalat bagi orang yang tidak membaca surat
fatihah.” (Riwayat Daruqutni)
Sabda Rasulullah Saw ;
ثمّ اركع حتّى تطمئنّ راكعا. رواه البخارىومسلم
“kemudian rukuklah engkau
hingga engkau diam sebentaruntuk rukuk.” (Riwayat Bukhari Dan Muslim)
Artinya
berdiri tegak kembali seperti posisi ketika membaca al-fatihah.
Sabda Rasulullah Saw;
ثم ارفع حتّى تعتدل قائما. رواه البخارىومسلم
“kemudian bangkitlah engkau
sehingga berdiri tegak untuk I’tidal.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Sabda Rasulullah Saw;
ثم اسجدحتّى تطمئنّ ساجداثمّ ارفع حتّى
تطمئنّ جالساثمّ اسجدحتّى تطمئنّ ساجدا. رواه البخارى ومسلم
“kemudian sujudlah engkau
hingga diam sebentar untuk sujud, kemudian bangkitlah engkau hingga diam untuk
duduk, kemudian sujudlah engkau hingga diam untuk sujud.”(Riwayat Bukhari Dan
Muslim)
Sabda Rasulullah Saw;
ثمّ اسجدحتّى تطمئنّ ساجداثمّ ارفع حتّى
تطمئنّ جالساثمّ اسجدحتّى تطمئنّ ساجدا. رواه البخرى ومسلم
“kemudian sujudlah engkau
hingga diam untuk sujud,kemudian bangkitlah engkau hingga diam untuk duduk,
kemudian sujudlah engkau hingga diam pula untuk sujud.”(Riwayat Bukhari Dan
Muslim)
Untuk
tasahud akhir, shalawat atas nabi Saw.dan atas keluarga beliau,keterangan yaitu
amal Rasulullah Saw. (beliau selalu duduk ketika membaca tasahud dan shalawat).
Sabda Rasulullah Saw;
عن ابن مسعودعن النّبّى صلّى الله عليه
وسلّم:اد تشهّدادكم فى الصّلاة فليقل: اللّهم صلّ....الخ. رواه البيهقى
والحاكم
“dari ibnu mas’ud dari nabi
saw., “apabila salah seorang di antara kamu telah membaca tasyahud dalam
shalat,hendaklah ia membaca allahumma salli….(shalawat)sampai akhir.” (Riwayat
Baihaqi Dan Hakim)
Sabda Rasulullah Saw;
تحريمهاالتّكبيروتحليلهاالتّسليم. رواه ابوداودوالترمذى
“permulaan shalat itu
takbir dan penghabisannya salam.” (Riwayat Abu Dawud Dan Tarmizi)
Artinya
meletakan tiap-tiap rukun pada tempatnya masing-masing menurut susunan yang
telah disebutkan di atas.
Sabda
Rasulullah Saw;
صلّواكمارأيتمونى اصلّى. رواه البخارى
“shalatlah kamu sebagaimana
kamu lihat saya shalat.”(Riwayat Bukhari)
Firman Allah Swt;
انّ
الصّلاوة كانت على المؤمنين كتبامّوقوتا. النساء
“sesungguhnya
shalat itu adalah kewajiban yang di tentukan waktunya atas orang-orang yang
beriman.” (An-Nisa;103)
Awal
waktunya adalah setelah tergelincir matahari dari pertengahan langit. Akhir
waktunya apabila baying-bayang sesuatu telah sama dengan panjangnya, selain dri
baying-bayang yang ketika matahari menonggak (tepat di atas ubun-ubun).
وقت الظّحراذازالت الشّمس مالم
يحظرالعصر.
رواه مسلم
“waktu lohor ialah apabila
tergelicir matahari kesebelah barat, selama belum dating waktu asar.”(Riwayat
Muslim)
Waktunya
mulai dari habisnya waktu lohor, bayang-bayang sesuatu lebih daripada
panjangnya selain dari bayang-bayang yang ketika matahari sedang menonggak,
sampai terbenamnya matahari.
وقت العصرمالم تغرب الشّمس. رواه مسلم
“asar waktunya sebelum terbenam
matahari.” (Riwayat Muslim)
waktunya dari terbenam matahari sampai
terbenam syafaq (teja) merah.
وقت المغرب مالم يغب الشّفق. رواه مسلم
“magrib waktunya sebslum
hilang syafaq.” (Riwayat Muslim).
Waktunya
mulai dari terbenam syafaq merah (sehabis waktu maghrib) sampai terbit fajar ke
dua.
ليس فى النّوم تفريط انّماالتّفريط على
من لم يصلّ الصّلاة حتّى يدخل وقت الاخرى. رواه مسلم
“tidur
itu tidak sia-sia, tetapi sesungguhnya yang sia- sia ialah orang yang tidak
shalat hingga masuk pula waktu shalatyang lain.”(Riwayat Muslim).
Waktunya mulai dari terbit fajar ke dua sampai terbit
matahari.
وقت صلاة الصّبح من طلوع الفجرمالم تطلع
الشّمس. رواه مسلم
“waktu
shalat subuh ialah dari terbit fajar selama belum terbit matahari.” (Riwayat
Muslim)
Sesungguhnya
yang lebih baik hendaklah shalat itu dikerjakan di awal waktunyadan haram
men-ta-khir-kan (melalaikan) shalat sampai habis waktunya; makruh tidur sesudah
masuk waktu shalat, sedangkan ia belum shalat.
Firman Allah Swt;
فويل
لّلمصلّين.الّدين هم عن صلاتهم ساهون. الماعون
“maka kecelakaanlahbagi orang-orang yang sholat,(yaitu)
orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (Al-Ma’un; 4-5)
Azan dan iqamah
Asal
makna azan ialah”memberitahukan”.yang di maksud disini adalah “memberitahukan
bahwa waktu shalat telah tiba dengan lafaz yamg ditentukan oleh syara”.
Azan
dimaksudkan untuk memberitahukan bahwa waktu shalat telah tiba dan menyerukan
untuk melakukan shalat berjamaah. Selain itu untuk mensyiar agama islamdi muka
umum.
Firman Allah Swt;
يايّهاالّدين امنوااذانودى للصّلوة من
يّوم الجمعة فاسعواالى دكرالله ودرواالبيع ذلكم خيرلّكم ان كنتم
تعلمون. سورة الجمعة
“hai orang-orang yang
beriman, apabila di seru untuk menunaikan ahalat pada hari jumat,maka
bersegeralah kamu kepada mengingat Allah (shalat) dan
tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu
mengetahui.” (Al-Jumu’ah;9)
Yaitu
memberitahukan kepada hadirin supaya siap berdiri untuk shalat, dengan lafaz
yang ditentukan oleh syara.
Azan
dan ikqamah hukumnya sunat menurut pendapatkebanyakan ulama.tetapi sebagian
ulama berpendapat bahwaazan dan iqamah itu adalah fardu kifayah karena keduanya
menjadi syiar islam.
Sabda
Rasulullah Saw;
عن مالك بن الحويرث ان النبى صلى الله
عليه وسلم قال اداحضرت الصلاة فليؤدن احدكم وليؤمكم
اكبركم. رواه البخارى ومسلم
Dari
Malik Bin Huwaris.sesungguhnya Rasulullah Saw. Telah bersabda,”apabila datang
waktu shalat, hendaklah azan salah seorang di antara kamu, dan hendaklah yang
tertua di antara kamu menjadi imam.” (Riwayat Bukhari Dan Muslim)
سمع الله لمن حمده
Apabila
dua orang shalat bersama-sama dan salah seorang di antara mereka mengikuti yang
lain, keduanya dinamakan shalat berjamaah.
Firman Allah Swt;
واداكنت
فيحم فاقمت لهم الصوة فلتقم طئفة منحم معك. انساء
“dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu),
lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah
segolongan dari mereka berdiri (shalat) bersamamu.” (An-Nisa; 102)
Sebagian
ulama mengatakan bahwa shalat berjamaah itu ialah fardu’ain (wajib ‘ain),
sebagian berpendapat bahwa shalat berjamaah itu fardu kifayah, dan sebagian
lagi berpendapat sunat muakkad (sunat istimewa).
Bagi
laki-laki shalat lima
waktu berjamaah di mesjid lebih baik dari pada shalat berjamaah di rumah
kecuali shalat sunat, maka di rumah lebih baik. Bagi perempuan, shalat di rumah
lebih baik karena hal itu lebih aman bagi mereka.
Sabda
Rasulullah Saw;
صلواايهاالناس
فى بيوتكم فن افضل الصلاةصلاة المرءفى بيته الاالمكتوبة. روهالبخارى وملم
“hai manusia shalatlah kamu di rumah kamu masing-masing.
Sesungguhnya sebaik-baik shalat ialah shalat seseorang di rumahnya,kecuali
shalat lima
waktu (maka di mesjid lebih baik).” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Syarat-Syarat Syah Mengikuti Imam.
Halangan Berjamaah
Boleh
meninggalkan shalat berjamaah karena beberapa halangan berikut;
BAB III
KESIMPULAN
Jadi
shalat bukanlah suatu perbuatan yang hanya sekedar pergerakan yang tidak ada
aturan nya dan tidak ada rukun dan syarat. Tidak akan syah shalat seseorang
apabila salah satu syarat dan rukun tidak terpenuhi,shalat bukanlah suatu
perbuatan yang sulit karna sesungguhnya allah tidak akan pernah memerintah kaum
nya tanpa sekemampuannya. Shalat juga memiliki banyak hikmah bagi tubuh sebagai
rileksasi,dan shalat berjamaah hikmahnya mempererat tali persaudaraan sesama
jamaah serta memperluas siar Islam.
DAFTAR
PUSTAKA